in ,

Es Krim Petrus Si Kuliner Legendaris Andalan Kota Khatulistiwa, Pontianak

Es Krim Petrus atau Es Krim Angi yang Jadi Andalan Pontianak

Es Krim Petrus atau Es Krim Angi, Via Instagram febylous__
Es Krim Petrus atau Es Krim Angi, Via Instagram febylous__

Sebagai negara dengan iklim tropis, tidak heran jika Indonesia memiliki ragam minuman yang menyegarkan. Salah satu yang cukup banyak di berbagai tempat adalah es krim. Jika di Malang terdapat Toko Oen yang merupakan tempat legendaris untuk mencicipi es krim, di Pontianak juga mempunyai tempat yang serupa. Namanya adalah Es Krim Angi atau juga dikenal dengan Es Krim Petrus.

Baca juga : Wisata di Kawasan Gunung Galunggung Tasikmalaya, Ada Curug Berwarna-warni Menghibur Hati

Asal Usul Disebut Es Krim Petrus

Ditempatkan di kelapa muda, Via Instagram vivadarmaputri
Ditempatkan di kelapa muda, Via Instagram vivadarmaputri

Sebenarnya tempat santap es krim ini memiliki nama Es Krim Angi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun juga populer disebut sebagai Es Krim Petrus karena berlokasi di depan sekolah SMP-SMA Petrus. Lokasi lengkapnya berada di Jl. Karel Satsuit Tubun, No. 8, Akcaya, Pontianak Selatan, Pontinakan Kalimantan Barat. Untuk jam operasionalnya sendiri, buka mulai pukul 08:00 pagi hingga 17:00 sore.

Melegenda Sejak Tahun 1950-an

Segar-segar bikin kembali bertenaga, Via Instagram arumpianiss
Segar-segar bikin kembali bertenaga, Via Instagram arumpianiss

Es Krim Petrus ini ternyata sudah malang melintang dalam dunia es krim. Bagaimana tidak, lokasi ini sudah buka sejak tahun 1950-an. Para pelanggan menyebutkan jika rasa es krim-nya tidak berubah sejak pertama kali dijual. Dan hal itulah yang menjadi daya tarik para pengunjung untuk kembali lagi dan lagi. Satu hal lagi yang membuat banyak orang datang kembali untuk berkunjung. Cara penyajiannya dengan menggunakan kelapa muda juga menjadi daya tarik tersendiri.

Meleleh di mulut, Via Instagram hendrikrisantus
Meleleh di mulut, Via Instagram hendrikrisantus

Pertama dibuat sampai tahun 2000-an awal, es krim diletakkan pada gelas biasa. Namun selanjutnya memanfaatkan batok kelapa muda yang masih ada dagingnya. Jadi, tambahan kelapa muda ini juga menyumbang citarasa dari es krim-nya. Pilihan rasa es krim juga beragam, mulai dari durian, cempedak, stroberi, nangka, vanila, coklat, dan lain-lain. Plus, ada tambahan beberapa topping jika mau.

Bisa Jadi Oleh-oleh dari Pontianak

Siapa yang mau coba, Via Instagram karameliciouz
Siapa yang mau coba, Via Instagram karameliciouz

Jika kamu ingin membawa es krim dari Es Krim Petrus ini juga sangat bisa. Untuk yang dijadikan oleh-oleh, ada es krim porsi besar. Misalnya saja ada yang 1 liter. Takut meleleh? Tenang saja ya, es krim sudah dikemas dengan packaging yang sangat rapi ditambah dengan dry ice yang membuatnya bisa tahan sampai dengan 8 jam.

Ayo coba, Via Instagram puterinajuku
Ayo coba, Via Instagram puterinajuku

Es krim homemade yang memiliki banyak penggemar dan saat ini sudah dikelola oleh generasi ketiga. Jadi, jika sedang jelajah berbagai destinasi wisata di Kota Katulistiwa, Pontianak jangan lupa untuk mampir ke Es Krim Petrus ini ya. Bisa dicicipi secara langsung ataupun dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Next

ramadan
Mate Argentina

Para Penjelajah Rasa, Inilah Pesona Ragam Teh Dunia

Tokoh Indonesia Yang Dikenal Secara Internasional di Madame Tussauds