in , ,

Ranca Upas, Kemping Ditemani Sunrise Magis Berselimut Kabut

Melepas Kerinduan Bercengkrama dengan Alam di Ranca Upas

Kemping di Ranca Upas
Kemping di Ranca Upas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika Teman Traveler menyukai aktivitas outdoor, kemping di Kampung Cai Ranca Upas bisa jadi pilihan tepat untuk habiskan pekan. Rasakan serunya lewatkan hari dengan sensasi menyatu dengan alam di Ciwidey, Bandung Selatan. Seperti apa serunya? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Sate Gebug di Malang yang Melegenda, Manjakan Penikmat Kuliner Selama Hampir 1 Abad

Lahan Kemping Sangat Luas

Area kemping sangat luas (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Berjarak kurang lebih 50 kilometer dari pusat Bandung, Kampung Cai Ranca Upas menawarkan camping ground cukup luas, konon menapai 215 hektar. Selain bumi perkemahan, kawasannya juga terdiri dari area hutan lindung dan penangkaran rusa.

Bebas pilih lokasi mendirikan tenda (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Area berkemahnya sendiri dibagi menjadi beberapa blok, boleh juga disewa untuk kegiatan outing atau sejenisnya. Namun jika Teman Traveler datang dengan rombongan kecil, kalian bebas memilih lokasi mendirikan tenda.

Sunrise Berselimut Kabut

Pagi berselimut kabut tipis (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bagi yang sudah pernah kemping di Ranca Upas, pasti setuju kalau salah satu hal yang bikin rindu adalah sunrise berselimut kabut. Berada di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut, pagi di sekitar sini terasa magis. Sejauh mata memandang, setiap sudut tampak dibalut kabut tipis. Begitu mentari terbit, suasana yang tercipta jadi makin dramatis.

Fasilitas Cukup Lengkap

Menu mewah saat kemping (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Kemping memang bakal lebih seru jika Teman Traveler memasak sendiri. Namun jika tak ingin ribet, di sekitar sini sudah ada banyak warung. Fasilitas ini tentu sangat membantu, terutama buat kalian yang memilih kemping praktis tanpa harus direpotkan urusan memasak.

Bangunan musala (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Selain warung, fasilitas toilet dan musala dengan kondisi sangat baik juga sudah tersedia di Ranca Upas. Bagi para Teman Traveler muslim, tak perlu khawatir sulit menjalankan ibadah lantaran musalanya cukup luas dan bersih.

Tersedia Kolam Air Panas Alami

Kolam renang di samping lahan berkemah ini memberi kesempatan bagi Teman Traveler yang ingin merasakan sendiri sensasi air panas Ciwidey. Tempatnya dibagi dua, khusus anak-anak dan kolam dengan waterboom. Untuk bermain di sini, kalian cukup merogoh kocek Rp15.000 per orang.

Danau Ranca Upas

Jika Teman Traveler ingin menikmati suasana indah tanpa perlu berbasah ria, langsung saja mampir ke danau di area kemping. Letaknya persis di samping kolam air panas. Di sini kalian bisa sewa kano untuk berkeliling maupun sekedar menikmati pemandangan dari tepian.

Penangkaran Rusa

Magnet lain dari Kampung Cai Ranca Upas adalah keberadaan penangkaran rusa. Untuk mengunjungi kawasan ini, Teman Traveler tidak perlu membayar tiket masuk. Namun jika ingin mencoba memberi makan rusa, kalian perlu membeli wortel yang sudah disediakan pengelola seharga Rp10.000. Sekedar informasi, pengunjung dilarang membawa pakan dari luar.

Dekat dengan Obyek Wisata Lain

Kawah Putih (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Bonus lain yang bisa Teman Traveler dapat ketika berkemah di sini adalah bisa sekalian mampir ke sejumlah obyek wisata lain. Banyak tempat menarik yang lokasinya sangat dekat dengan Ranca Upas. Sebut saja Kawah Putih, perkebunan teh Rancabali, dan Situ Patenggang.

Situ Patenggang dari kejauhan (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Jika waktu Teman Traveler longgar, sempatkan berkunjung ke deretan objek wisata tersebut. Semuanya merupakan destinasi wisata ikonik Bandung Raya yang wajib masuk dalam itinerary.

Tiket Masuk

Dikelilingi pohon pinus (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Merasakan serunya kemping di Ranca Upas, Teman Traveler hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang. Sementara untuk tiket kemping-nya dihargai Rp10.000 per orang per malam. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, wajib membayar Rp3.000 (roda dua) atau Rp10.000 (roda empat).

Tenda kapasitas empat orang (c) Intan Deviana/Travelingyuk

Oh ya, Ranca Upas juga sediakan jasa penyewaan peralatan kemping lho. Teman Traveler bisa pinjam dari tenda kapasitas empat orang (Rp300.000), 20 orang (Rp650.000), sleeping bag (Rp30.000), matras (Rp20.000), petromak (Rp60.000), serta membeli kayu bakar (Rp15.000).

Semua yang Teman Traveler butuhkan untuk mengobati rindu pada alam sudah tersedia di Kampung Cai Ranca Upas. Jadi tunggu apalagi, segara agendakan kemping ceria di sini akhir pekan nanti. Jangan lupa berkunjung jika sedang menjelajah wisata Bandung ya. Next

ramadan
Pantai Inaoe

Pantai Pulau Rote, Pesona Cantik di Batas Selatan Nusantara

Traveling ke Pulau Sumba? Datangi Semua Tempat Wisata ini