in , , , , ,

Ratusan Spot Unik Foto Mural di Solo Meriahkan Tahun Baru 2023

Gaya unik dari mural khas kampung Kemlayan kota Solo
Gaya unik dari mural khas kampung Kemlayan kota Solo

Liburan identik dengan berfoto-foto, agar kenangan tetap tersimpan dalam memori album. Hal ini bisa kamu lakukan ketika berkunjung ke kota Solo. Apalagi semarak tahun baru 2023 menjadi momen tepat untuk berlibur. Di kota budaya satu ini menyuguhkan berbagai macam spot mural yang cocok untuk kamu jadikan latar belakang foto. Hadirnya berbagai mural unik ini semakin membuat indah suasana lanscape bantaran sungai Bengawan Solo.

Baca juga : Pilihan Wisata Susur Sungai di Indonesia, Tawarkan Serunya Jelajah Perairan di Negeri Sendiri

Mural terpapang indah diberbagai koridor kota Solo sambut Tahun Baru 2023
Mural terpapang indah diberbagai koridor kota Solo sambut Tahun Baru 2023. Foto via kompasiana.com

Ratusan spot keren ini dapat kamu temukan di Koridor Gatsu, Jalan Gatot Subroto, Koridor Ngarsopuro depan Pura Mangkunegaran Solo, dan Gang Kampung Kemlayan serta Timuran. Mural ini digambar dari gabungan Soloissolo, Pengelola Kegiatan yang berkaitan seni mural kawasan Koridor Gatsu dan Ngarsopuro Solo. Program ini juga didukung penuh oleh Kementerian PUPR bagian dari pedestrian serta revitalisasi kawasan koridor Gatoto Subroto dan Ngarsopuro.

Pengerjaan berlangsung selama kurang lebih empat bulan sejak 1 September 2022. Mural ini diciptakan lebih dari 40 kelompok muralis hingga tercipta ratusan mural berbagai tema dan gaya yang unik. Nah, penasaran kan, berikut spot-spot mural yang dapat kamu nikmati di kota Solo.

Mural di Koridor Gatot Subroto

Zona galeri kawasan Koridor Gatot Subroto ini terpampang sepanjang pertokoan hingga 50 rolling door toko. Mural ini bentuk karya seni nan unik dengan lampu sorot sehingga menambah keindahan dari karya mural ketika malam hari.

Spot mural terpampang dipertokoan Gatot Subroto kota Solo
Spot mural terpampang dipertokoan Gatot Subroto kota Solo. Foto via localguideconnect.com

Disini kamu dapat menikmati beragam jenis mural seperti style modern kontemporer, graffiti, pop art hingga etnik dan kartun. Kamu juga mendapati jenis pewayangan, publik figur, karikatur, tokoh kota Solo dengan berbagai tema dan cerita. Banyak muda-mudi ini mulai berdatangan menikmati sajian mural ketika malam hari atau setelah toko tutup.

Sajian Mural di Koridor Ngarsopuro

Sajian Mural di Koridor Ngarsopuro
Sajian Mural di Koridor Ngarsopuro dengan tema batik bollard. Foto via asedino.com

Mural di kawasan koridor Ngarsopuro kota Solo ini memadati tembok-tembok hingga berbagai plat besi hingga membentuk aneka ragam jenis dan style yang unik. Ada juga mural tercipta dimedia pembatas trotoar dengan bentuk unik yaitu batik bollard. Tak hanya batik khas Solo, namun batik nusantara dan ornamen etnik lainnya dapat kamu temukan diberbagai titik kawasan Ngarsopuro.

Mural di Gang Kampung Kemlayan

Mural ini sengaja ciptakan di gang-gang perkampungan seperti kampung Kemlayan. Ragam gaya dan style dari mural ini disesuaikan dengan karakter kampung. Jadi banyak visualisasi mural yang memajang karya seni khas dari muda-mudi kampung Kemlayan akan berbeda antara gang satu dengan gang lainnya.

Sejumlah mural dengan berbagai tema unik disepanjang kampung Kemlayan
Sejumlah mural dengan berbagai tema unik disepanjang kampung Kemlayan. Foto via twitter.com

Ketika kamu melewati Kampung Kemlayan sisi timur tersedia mural dengan gaya abstrak, pop art dan berbagai jenis kartunal yang unik mendisplay sepanjang lorong masuk kampung Kemlayan sisi Timur. Bila kamu melewati kampung Kemlayan sisi tengah pas di pintu masuk Gang Empu Sedah menampilkan mural dengan gaya interaktif dengan kombinasi instalasi, cocok untuk lokasi selfie.

Revitalisasi kawasan Gatsu Solo dengan sajian mural yang indah dengan pencahayaan yang unik
Revitalisasi kawasan Gatsu Solo dengan sajian mural yang indah dengan pencahayaan yang unik. Foto via akuntable.id

Gang kampung Kemlayan sisi tengah ini juga terdapat rumah-rumah kuno sehingga sangat cocok dijadikan kawasan heritage dengan suasana yang klasik. Nah, untuk kamu yang ingin menikmati mural dengan tema musik kamu bisa memasuki Gang Bedoyo. Disini kamu bisa menikamti mural dari figur Gesang dengan ukuran raksasa. Bila ingin suasana floral kamu bisa memasuki Gang Empu Gandring. Jika kamu ingin menikmati suasana mural dengan kaya akan aneka ragam kuliner Solo bisa melihatnya ketika memasuki Gang Empu Barada.

Gaya unik dari mural khas kampung Kemlayan kota Solo
Gaya unik dari mural khas kampung Kemlayan kota Solo. Foto via mettanews.id

Bagi kamu penikmat mural jenis grafiti, cobalah untuk mendekat di Gang Soloissolo yang berlokasi di Lmapu Merah Sarpon sisi Koridor Gatot Subroto. Mural ini akan terpampang hingga memasuki gang kecil seperti lorong. Keunikan ini lantaran gaya mural layaknya di kota Melbourne yang populer.

Mural di Kawasan Kampung Timuran Pasar Triwindu

Mural dengan tema kartunal dan floral yang unik menjadi pilihan banyak muda mudi untuk berselfie
Mural dengan tema kartunal dan floral yang unik menjadi pilihan banyak muda mudi untuk berselfie. Foto via ceritanengflora.com

Sisi lain mural bisa kamu temukan lagi di Kampung Timuran, area depan Pasar Triwindu. Kamu akan menikmati sajian mural disepanjang gang hingga 500 meter. Tema yang diusung adalah tampilan dari berbagai budaya khas Solo, beberapa dolanan anak tradisional hingga tema interaktif tersedia disepanjang jalananan kampung. Menariknya, mural ini diciptakan menyertakan publik. Jadi, jangan lewatkan untuk menikmati kawasan satu ini ya! Next

ramadan
Perayaan malam tahun baru di singapura

Begini Tips Rayakan Tahun Baru Di Singapura Lewat Batam!

indahnya pantai tempat berenang para pengunjung di Pulau Kelor

Liburan Sekaligus Mengenang Sejarah Kelam Pulau Kelor