in , , , , , ,

Begini Tips Rayakan Tahun Baru Di Singapura Lewat Batam!

Perayaan malam tahun baru di singapura
Perayaan malam tahun baru di singapura

Ada banyak cara berlibur demi rayakan malam tahun baru diberbagai tempat. Mungkin kamu merasa bosan ketika merayakan malam pergantian tahun baru ditempat asal. Jadi, ada baiknya kamu menikmati suasana berbeda di tempat baru. Misalnya Singapura, salah satu negara tetangga yang sangat dekat. Saking dekatnya, negara ini menjadi tujuan banyak traveler nusantara untuk berlibur tepat dimalam pergantian tahun baru.

Baca juga : Jelajah Wisata Alam di Tulungagung yang Menawan, Hati Senang Dompet Aman

Perayaan malam tahun baru di singapura
Perayaan malam tahun baru di singapura. Foto via youtube.com

Bagi warga Batam, Singapura layaknya tempat favorit untuk berlibur menikmati berbagai macam destinasi perkotaan yang paling dekat. Bahkan, kamu bisa melakukan perjalanan Pulang Pergi dalam satu hari yang sama. Kamu cukup menempuh perjalanan laut menggunakan kapal ferry. Dan cocok dijadikan destinasi ketika malam pergantian tahun baru.

Siapkan Data Roaming Untuk keperluan Komunikasi

Nah, sebelum menyeberang, pastikan kamu menyiapkan segala macam dokumen seperti KTP, Paspor, data akses internet, hingga perlengkapan traveling lainnya. Dan paling utama adalah uang saku. Sebelum sampai ke daratan Singapura, kamu wajib memastikan paket data roamingmu agar kebutuhan komunikasi tetap berjalan sempurna. Bila kamu terasa ribet untuk menggunakan data roaming internasional, kamu bisa menggunakan layanan wifi portable yang dapat kamu beli dijejeran kios terminal.

Wajib Mengajukan Administrasi Kedatangan di Singapore Arrival Card

Tak cukup disitu, kamu diwajibkan mengisi data administrasi kedatangan, biasa disebut dengan Singapore Arrival Card. Pastinya berkas ini sangat berbeda dengan visa, dan harus dilengkapi secara terpisah. Kamu dapat mengajukan SG Arrival Card ini minimal tiga hari sebelum kamu mendarat di negara Singapura. Jadi siapkan aplikasi MyICA melalui playstore.

SG Arrival Card salah satu data administrasi sebelum berkunjung ke singapura
SG Arrival Card salah satu data administrasi sebelum berkunjung ke singapura. Foto via ttrweekly.com

Kamu akan mengisi data diri, data paspor, tanggal kedatangan, durasi berada di Singapura, hingga hotel tempat menginap bilamana lebih dari satu malam dan satu kolom untuk bukti telah melakukan vaksinasi hingga vaksin booster.

Pelabuhan Batam Tempat Pemberangkatan Ferry Menuju Singapura

Nah, Traveler dapat berangkat ke Singapura melalui dua pelabuhan yang tersedia di Batam yaitu Pelabuhan Internasional Batam dan Pelabuhan Internasional Sekupang Batam. Kamu cukup menempuh waktu perjalanan sekitar 40 menit hingga satu jam perjalanan laut. Namun ada tambahan waktu hingga 30 menit untuk proses check-in, boarding dan proses pemeriksaan imigrasi.

Pelabuhan internasional Batam menjadi salah satu lalu lintas traveler berlibur ke Singapura
Pelabuhan internasional Batam menjadi salah satu lalu lintas traveler berlibur ke Singapura. Foto via bpbatam.com

Jika kamu berangkat melalui Pelabuhan Internasional Batam maka jarak tempuh sedikit lebih lama yaitu satu jam hingga satu jam 15 menit. Namun bila kamu berangkat dari pelabuhan Internasional Sekupang, maka durasi lebih pendek yaitu 40 menit. Pembelian tiket bisa melalui gerai operator ferry secara langsung atau via online. Kamu bisa melakukan check in minimal satu jam sebelum pemberangkatan.

Harga tiket ferry ini berkisar mulai dari Rp. 400.000 hingga Rp. 550.000 untuk sekali jalan. Namun harga akan lebih murah jika kamu membelinya secara pulang pergi. Nah, jangan lupa untuk menyiapkan berkas kelengkapan imigrasi, karena sebelum berangkat kamu akan melalui pos pengecekan paspor dan dokumen lainnya sebelum memasuki ferry. Next

ramadan
Malam pergantian tahun baru bersama keluarga dirumah

8 Inspirasi Kegiatan Malam Tahun Baru 2023 Dengan Keluarga di Rumah

Gaya unik dari mural khas kampung Kemlayan kota Solo

Ratusan Spot Unik Foto Mural di Solo Meriahkan Tahun Baru 2023