in

Rawa Gede Sukamakmur Bogor, Hamparan Danau di Tengah Pegunungan yang Asri

Situ Rawa Gede adalah destinasi yang cukup populer bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya. Tempatnya cukup indah berupa rawa yang membentuk danau dikelilingi pemandangan super keren. Rawa Gede memang sudah dikelola jadi tempat wisata sejak lama. warga setempat telah bekerja sama dengan pemerintah untuk mengelola berbagai fasilitas yang ada.

Baca juga : Grenen, Pantai Unik Di Antara Dua Laut

Pengembangan terus dilakukan secara keroyokan. Selain Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan, pengembangan itu pun digarap Dinas Kebudayaan dan Parawisata serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa setempat agar menjadi objek wisata bertaraf nasional.

Hijau dan Asri Taman di sekitar Telaga Rawa Gede via Instagram @astuti

Tujuannya agar lebih cepat rampung dan dapat menawarkan tempat rekreasi lengkap dengan harga murah-meriah. Mulai dari berlayar mengelilingi danau menggunakan perahu hingga berkemah dan berendam dan bermain dibawah air terjun kecil, semuanya bisa dilakukan di sini.

Situ Rawa Gede terletak tepat di balik perbukitan Puncak. Ketika sampai di sana, pengunjung akan langsung mendapat pemandangan indah dari danau dengan latar bukit, sawah, dan beberapa air terjun kecil di sana-sini. Nuansa natural alam mulai terasa dengan suara-suara alam memanjakan telinga. Kicauan burung, berbagai jenis serangga, dan embusan angin yang membuat dedaunan di pohon saling gemerisik.

Kesejukan udara di Telaga Rawa Gede via instagram @rizky_galabhi

Situs Rawa Gede berlokasi di Desa Sirna Jaya, Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Bogor. Dari Jakarta bisa dilalui dua jam melalui tol Jagorawi, keluar tol ambil arah Citeureup lalu ambil arah Sukamakmur. Setelah melewati kantor Kecamatan Sukamakmur, kamu tinggal mengikuti jalanan perbukitan hingga sampai di Telaga tersebut.

Dalam perjalanan, kamu bisa menikmati lanscape kota bogor dari atas bukit. Dan kehijauan terasering sawah yang membuat mu menyejukkan mata. Jangan khawatir akan jalur disana, meski berlika liku namun 90 persen jalanan sudah mulus alias sudah diaspal.

Tidaklah mahal untuk menikmati panorama Telaga Rawa Gede. Bermodalkan Rp. 5.000 untuk tiket masuk sekali kunjungan, kamu bisa berfoto dengan latar pegunungan diatas danau. Jika ingin berkeliling menikmati danau, kamu cukup menyewa perahu sebesar Rp. 10.000 per orang. Selagi menikmati kesejukan ditengah danau, kamu bisa memberi makan ika-ikan dengan umpan yang dijual penduduk sekitar seharga Rp. 3.000 hingga Rp. 5.000 per pack.

Persewaan Perahu di Telaga Rawa Gede hanya Rp. 10.000 per orang via travelspromo.com

Tak hanya hamparan danau, Telaga Rawa Gede juga memiliki hutan pinus yang rimbun. Kamu bisa menggunakan hammock bergantung diantara pohon-pohon pinus atau sekedar bersandar dibebatuan pinggir danau.

Bila dirasa kurang puas, kamu bisa berkemah disini. Tak terbayang berkemah dekat dengan sumber air jernih. Suasana alam yang asri dan sejuk membuat aktivitas berkemah bersama sahabat semakin menyenangkan.

Berkemah di dekat Danau Rawa Gede via piknikdong.com

Untuk berkemah disini, bawalah peralatan camping sendiri, karena tidak ada persewaan alat outdoor di lingkungan kampung Rawa Gede. Biaya berkamping di Rawa Gede cukuplah murah. Hanya Rp. 15.000 per tenda dan Rp. 7.000 per orang. Tetaplah menjaga kebersihan, agar Rawa Gede tetap menjadi nuansa alam yang bersih, asri dan natural. Next

ramadan

Gunung Bedes, Pesona Ketinggian di Ponorogo

Pacuan Kuda Bima

Aksi Joki Cilik di Tradisi Pacuan Kuda Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat