in , ,

Menikmati Kesegaran Kolam Reco Kembar Purwodadi Pasuruan

Reco Kembar
Reco Kembar

Tidak banyak yang tahu memang kalau di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Pasuruan terdapat sebuah kolam pemandian yang indah untuk kita jadikan jujukan wisata. Nama pemandian itu adalah Reco Kembar, tepat berada di Dusun Krajan Hutan Cowek, Purwodadi Kabupaten Pasuruan.

Baca juga : Bus Sapu Jagad Siap Isi Beberapa Halte saat Ganjil Genap Jakarta

Untuk menuju tempat ini tentu sangat mudah sekali, jika kita melewati jalan raya utama Surabaya-Malang, tepat di pertigaan Purwodadi setelah Kebun Raya Purwodadi kita belok ke kiri menuju jalanan arah ke Nongkojajar atau Gunung Bromo. Berjarak sekitar 4 km dari pertigaan jalan utama kita akan menemukan petunjuk arah ke lokasi pemandian Reco Kembar, tepatnya di kanan jalan.

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Untuk datang dan menikmati pemandian ini juga sangat terjangkau, kita hanya diharuskan membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah di hari biasa, dan 10 ribu rupiah di akhir pekan. Untuk parkir pun juga murah, 2 ribu untuk motor dan 5 ribu untuk mobil. Tapi sayang bus tidak bisa masuk ke area ini mengingat jalanan yang dilalui adalah jalanan kampung yang lumayan sempit.

1. Lokasi Berada Di Tengah Desa

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Keberadaan pemandian Reco Kembar ini memang benar-benar tersembunyi di dalam kawasan pedesaan dan persawahan warga, sehingga tidak heran kalau hanya sedikit yang mengetahui tempat ini. Tapi justru lokasi yang terpencil di tengah desa dan persawahan ini membuat pemandangan yang didapat dari pemandian ini sangat alami. Dari area dalam pemandian kita bisa langsung memandang persawahan dan perbukitan, mengingat lokasi ini juga mendekati arah penanjakan Bromo.

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Menikmati pemandangan sawah dengan terasiring yang indah menjadi pilihan lain yang bisa kita lakukan di tempat ini selain berenang. Hamparan sawah dengan pepohonan kelapa membuat pikiran kita tenang saat berwisata ke pemandian ini. Apalagi kalau kita datang di pagi hari, udara masih sangat segar dan terasa dingin. Berbeda kalau kita datang di siang hari, panasnya terik matahari akan sangat terasa.

2. Kolam Utama Yang Megah

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Pemandian Reco Kembar ini memang mempunya ciri khas unik, yaitu 2 buah batu besar yang menjulang di tengah kolam. Dua batu raksasa inilah yang disebut Reco Kembar. Batu ini memang sudah ada di lokasi ini sebelum dibangun pemandian, dan dibiarkan alami menghiasi lokasi wisata ini. Kalau dilihat-lihat justru dengan adanya batu besar ini membuat suasana kolam semakin indah dan berbeda dengan kebanyakan pemandian lainnya. Selain itu saat siang hari bisa kita gunakan untuk berteduh.

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Area kolam di pemandian Reco Kembar ini memang tidak terlalu besar, tapi cukup megah kalau dilihat. Terbagi menjadi 2 bagian kolam, pemandian ini mempunyai kedalaman yang lumayan dangkal di kedua sisi kolamnya. Bukan hal buruk tentunya, karena ini malah menjadikan kita leluasa bermain di seluruh area kolam tanpa kuatir tenggelam. Selain itu tentunya kita juga bisa berenang dengan aman.

3. Ada Kolam Khusus Anak-Anak

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Seperti umumnya sebuah pemandian umum, tempat wisata ini juga menyediakan kolam untuk anak-anak. Selain kolamnya yang memang sangat dangkal, luas kolam untuk anak-anak ini juga tidak seluas kolam utama di sebelahnya. Lokasi kolam renang khusus anak-anak ini tepat bersebelahan dengan kolam utama yang hanya dipisahkan dengan tembok keramik kolam, menjadikan kita juga bisa berenang di sisi kolam satunya sambil mengawasi anak-anak kita yang masih kecil bermain air di kolam pemandian.

4. Tersedia Banyak Tempat Duduk Dengan Payung Warna-Warni

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Daerah Kabupaten Pasuruan memang terkenal dengan cuaca yang sangat panas, sama halnya dengan di Pemandian Reco Kembar ini. Walaupun lokasinya sudah termasuk di dataran tinggi tapi cuaca saat siang hari di tempat ini sangat terik sekali. Untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan yang datang ke pemandian ini, pengelola menyediakan beberapa tempat duduk permanen dengan payung warna-warni yang indah dan membuat kita bisa duduk santai di tepi kolam tanpa kuatir kepanasan.

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Selain tersebar di pinggiran kolam, tempat duduk dengan payung warna-warni juga tersedia di tepian area wisata pemandian ini. Dan tempat duduk ini memiliki latar yang indah berupa persawahan dan juga perbukitan dengan pepohonan yang rimbun. Ini membuat kita bisa duduk bersantai bukan hanya untuk melihat suasana kolam renang, tapi juga bisa menikmati pemandangan persawahan dengan hembusan angin yang menghempas cuaca panas di tempat ini.

5. Duduk Santai Di Gubuk

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Pilihan lain untuk bersantai duduk di tepian kolam juga bisa kita lakukan dengan duduk di lokasi tempat duduk yang terbuat dari bambu dan beratapkan jerami. Suasana ini tentu sangat pas mengingat lokasi pemandian yang berada di tengah persawahan di sebuah desa. Dari sini kita bisa langsung mengawasi teman, saudara, atau anak-anak kita yang sedang berenang, karena lokasinya tepat di tepi kolam utama Reco Kembar.

6. Fasilitas Yang Lengkap

Reco Kembar Purwodadi (c) Welly/Travelingyuk

Walaupun dikatakan kurang terkenal dan belum terlalu banyak wisatawan yang datang, tapi tempat wisata ini menyediakan fasilitas yang lengkap, seperti tempat parkir yang luas, kolam dengan air jernih, tempat duduk bersantai yang melimpah, warung di ujung lokasi kolam renang, persewaan ban atau pelampung, dan juga beberapa kamar mandi dan kamar bilas yang berada di sisi kolam. Jadi tidak rugi kalau kita datang ke Pemandian Reco Kembar ini, selain murah tapi fasilitasnya juga lengkap. Next

ramadan
kereta api

Syarat Perjalanan Domestik Disaat PPKM Level 4

Mangrove Surabaya

Jalan-Jalan Sambil Belajar Di Hutan Mangrove Wonorejo