in , , ,

Resto Apung Kedisan Kintamani, Kuliner Diatas Danau Batur Inovasi Dari Pensiunan Seorang Hakim

Resto Apung Kedisan Kintamani Bali ini didirikan oleh seorang pensiunan hakim dengan inovasinya membuat resto ini jauh berbeda dari resto lainnya dan terkesan lebih unik, ditambah dengan panorama alam danau dan gunung Batur yang sangat indah

Resto Apung Kedisan Kintamani tepat berada diatas danau Batur dengan pemandangan gunung batur yang sangat indah
Resto Apung Kedisan Kintamani tepat berada diatas danau Batur dengan pemandangan gunung batur yang sangat indah

Bali merupakan salah satu destinasi yang digandrungi banyak traveler hingga belahan dunia. Tak heran banyak pelaku pariwisata kian mengembangkan bisnis seperti pasar lokal, penginapan, dan tentunya tidak kalah lainnya adalah kuliner dan resto. Bisniskuliner memang tidak ada matinya, apalagi terkesan unik dan artistik membuat pengunjung semakin betah hingga tenar dan viral di dunia sosial.

Baca juga : Segerin Panasnya Surabaya dengan Nyeruput 5 Es Dawet Ini

Resto Apung Kedisan Kintamani tepat berada diatas danau Batur dengan pemandangan gunung batur yang sangat indah
Resto Apung Kedisan Kintamani tepat berada diatas danau Batur dengan pemandangan gunung batur yang sangat indah. Foto via sikidang.com

Bila kamu berada di pulau Dewata dan sedang berlokasi di Kintamani Bali, jangan lupa untuk mencicipi menu spesial dan lokasi unik dari Resto Apung Kedisan Kintamani. Salah satu resto yang menawarkan pemandangan keindahan gunung Batur tepat disisi Barat Danau Batur. Rasanya angin sepoi siang hari memberikan kesejukan tiada tara. Apalagi kawasan Danau Batur ini termasuk area dataran tinggi sehingga menghasilkan udara yang cukup dingin ketika malam hari.

Panorama gunung Batur bila dilihat dari bawah lokasi danau Batur
Panorama gunung Batur bila dilihat dari bawah lokasi danau Batur. Foto via adobestock.com

Sesuai namanya, resto ini berada tepat mengapung diatas Danau Batur. Resto ini sangat cocok sebagai persinggahan makan siang selepas berkeliling menikmati sajian wisata alam kawasan Kintamani, seperti mendaki dan berburu sunrise di puncak gunung Batur, Bukit Trunyan dan Bukit Payang. Sejatinya kawasan Kintamani Danau Batur ini sangatlah memukau. Rasanya tak cukup bila menikmati kawasan Danau cantik ini hanya seharian.

Rasanya sedikit bergoyang bila gelombang air danau tertiup angin sedikit lebih kencang
Rasanya sedikit bergoyang bila gelombang air danau tertiup angin sedikit lebih kencang. Foto via helgachrist.com

Bila kamu memasuki area Resto Apung Kedisan Kintamani, kamu akan disambut dengan jembatan khas menuju resto ditengah danau. Jalanan ini menjadi penghubung menuju saung atau pondok-pondok resto. Jadi pengunjung tak perlu lagi memakai bantuan perahu untuk menuju pondok yang diinginkannya.

Awal Mula Hadirnya Resto Apung Kedisan Kintamani

Tempat makan unik ini didirikan berkat seorang pensiunan hakim bernama Wayan Rena yang berkelahiran tahun 1944 di Desa Kedisan Kabupaten Bangli. Wayan mulai berprestasi didunia pendidikan ketika ia merantau ke kota Malang untuk menempuh pendidikan hukum. Hingga melanjutkan ke jenjang doktor di Universitas Padjadjaran Bandung hingga sukses menjadi seorang hakim di Jakarta. Tak hanya bergelut didunia hukum, Wayan Rena juga pandai bergelut didunia bisnis. Berkat ibunya yang selalu memaksanya untuk menitih karir dengan berbisnis.

pendiri resto apung kedisan kintamani bali Wayan Rena
pendiri resto apung kedisan kintamani bali Wayan Rena. Foto via majalahbali.com

Wayan Rena beserta istrinya pandai melihat situasi lingkungan dimana ia mulai membuat resto unik diatas danau bertujuan untuk memberikan suasana berbeda dari resto pada umumnya. Sang istri juga pandai dalam mengolah berbagai masakan, pantas saja cita rasa masakan di resto ini sungguh memikat pengunjung. Hingga kini, resto ini selalu ramai pengunjung bahkan ketika akhir pekan banyak reservasi yang diminta oleh beberapa pelanggan.

Cantiknya Resto Apung Kedisan Kintamani

Resto Apung Kedisan Kintamani ini memiliki 5 saung atau pondok diatas danau. Dengan beralas kayu dan dinding juga terbuat dari kayu menjadikan suasana khas pedesaan sangat terasa. Meski kamu berada diarea outdoor namun tetap terasa sejuk lantaran kawasan ini merupakan dataran tinggi. Beberapa meja dan kursi tertata rapih diarea outdoor sehingga kamu dapat menikmati makanan sembari melihat panorama pegunungan mengelilingi danau ini.

Gurame bakar bumbu rujak menjadi sajian nikmat di Resto Apung Kedisan Kintamani
Gurame bakar bumbu rujak menjadi sajian nikmat di Resto Apung Kedisan Kintamani. Foto via blog.tokowahab.com

Mengapungnya resto ini berkat dari ratusan tong-tong yang menopang pondok resto. Bila mana hembusan angin sedikit kencang membuat air danau tampak bergelombang rasanya pondok juga ikut bergoyang-goyang. Bila sudah berada di resto apung ini rasanya tidak ingin segera meninggalkan resto. Suguhan pemandangan sore hari disekitar danau semakin cantik. Siluet gunung Batur akan terlihat sempurna bila kamu menikmatinya hingga matahari benar-benar tenggelam.

Bila ingin berlama-lama disekitaran danau Batur, kamu dapat menyewa beberapa penginapan dan bungalow yang ada disekitar danau. Harganyapun sangat ramah dikantong. Mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 2.000.000 sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan.

Tawarkan Berbagai Menu Lezat

Nah, apa saja sih menu yang ditawarkan di Resto Apung Kedisan Kintamani ini? Tak jauh dari menu khas nusantara yang menyuguhkan berbagai ikan bakar dengan sambal pelengkap yang nikmat. Menu lainnya yang super nikmat adalah seafood seperti kepiting bumbu padang, udang bumbu balado dan sejis seafood lainnya. Tak hanya itu, berbagai sayuran tumis seperti kangkung, touge, pokcai, capcay dan sebagainya siap memberikan sajian makan siang mu lebih terasa nikmat.

menu seafood menjadi pilihan terbanyak bagi pengunjung resto Apung Kedisan Kintamani Bali
menu seafood menjadi pilihan terbanyak bagi pengunjung resto Apung Kedisan Kintamani Bali. Foto via harianresep.blogspot.com

Resto ini memiliki menu spesial adalah kepiting bumbu padang. Dipadukan dengan tumis kangkung dan tumis touge membuat makan siangmu lebih semangat. Bumbu yang digunakan juga dari rempah-rempah khas Bali, sehingga cita rasanya sangat pekat. Meski berada diarea pegunungan, banyak traveler yang memesan minuman berupa kelapa muda. Rasa segar yang nikmat apalagi ditambah dengan susu kental manis. Sekali teguk, sembari tertiup angin sepoi-sepoi danau, rasanya sangat menenangkan jiwa.

Alamat dan Jam Operasional

Suasana cantik sore hari di Resto Apung Kedisan Kintamani
Suasana cantik sore hari di Resto Apung Kedisan Kintamani. Foto via flokq,com

Resto Apung Kedisan Kintamani berlokasi di Jalan Kedisan Danau Batur, Kintamani, Kabupaten Bangli Bali Utara. Bila kamu dari lokasi Kuta, dapat ditempuh perjalanan hingga 2 jam, meski sedikit lebih lama namun suasana perjalanan menuju danau Batur membuat lelah dan jenuh hilang seketika dengan panorama indahnya pegunungan kawasan Kintamani. Resto ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WITA. Next

ramadan
Konyar Hill Blitar

Konyar Hill Blitar, Menikmati Pemandangan 360 Derajat dan 8 Arah Mata Angin

Wisata Eksotis Argentina

3 Destinasi Wisata yang Begitu Eksotis di Argentina