in ,

Rica Rica Ular, Menu Masakan Ekstrim Dari Kalimantan Barat

Ular merupakan salah satu hewan jenis reptil yang berbahaya akan bisa dan lilitannya. Namun kata berbahaya itu tidaklah mempan bagi warga dibeberapa daerah di Indonesia. Mereka kadang menyantapnya dan dijadikan makana sehari hari. Kegiatan tak lazim ini mudah kamu dapatkan didaerah Kalimantan Barat. Justru banyak ibu ibu yang mengolah atau memasak daging ular dengan berbagai macam jenis masakan salah satunya bumbu rica rica.

Baca juga : Mangut Lele Bu Is, Rasa Otentik yang Legendaris

Rica rica ular dengan bumbu khas nusantara. Foto via ngalam.com

Bagi masyarakat lainnya di Pulau Jawa, melihat ular saja sudah bikin merinding dan ketakutan. Tampilan dan lidahnya yang siap mematok ini selalu terlihat seram dengan kulit bersisik bikin siapapun ogah menyentuhnya, apalagi memakan dagingnya. Namun banyak warga Kalimantan dengan lihainya mencincang daging ular ini dengan bumbu yang mereka sukai.

Banyak ibu ibu ini biasanya mendapatkan daging ular dari perburuan disemak semak sekitar sungai dihutan, hingga persawaan kelapa sawit yang dekat dengan aliran sungai. Biasanya para ibu ibu ini juga mendapatkan daging ular di pasar terdekat. Keren nih, penjual menjajakan daging ular yang mengerikan.

daging ular yang sudah dipotong potong. Foto via orami.com

Sebelum mereka memasak dengan baluran bumbu khas rempahnya, daging ini disayat dan dibersihkan tengahnya dari kotoran dan usus ular. Jika sudah bersih maka dapat memisahkan antara kulit sisik dan dagingnya. daging ular dipotong potong sesuai selera dan mulai direbus dengan air hingga mendidih. Rebusan ini bertujuan untuk membuat daging lebih lembut saat dimakan.

Bumbu yang dicampurkan pun mulai dari bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, cabe, dan bumbu rempah pilihan lainnya. Semua bumbu dihaluskan lalu ditumis hingga matang dan beraroma harum yang khas masakan nusantara. Jangan lupa untuk menambahkan daun kemangi agar lebih nikmat.

campuran bumbu dapur atau rempah rempah khas nusantara. Foto via wikimedia.com

Jika bumbu sudah masak dan siap untuk memasukkan daging ular yang sudah dipotong dadu atau sesuai selera. Kebanyakan dari warga Kalimantan ini menambahkan santan kelapa agar rasa lebih gurih dan nikmat. Kamu bisa menunggu masakan ini hingga kuah lebih kental dan bisa disantap dengan nasi yang masih panas. Rasa yang nikmat bakal kamu dapatkan ketika menyantap daging ular yang lumer dengan bumbu yang khas.

Bagi teman traveler yang penasaran akan masakan ular, dapat memasak dengan carqa lain seperti di goreng tepung, atau dilalap dengan sambal. Kebanyakan para penikmat daging ular ini mengatakan bahwa daging ular memiliki tekstur hampir sama dengan daging ayam namun lebih kenyal akan seratnya. Biasa para pemburu ular untuk masakan ini berjenis ular sawah. Selain rasanya enak, daging ular ini disantap sebagai obat untuk penyakit kulit. Next

ramadan

Suku Sasak, Kearifan Lokal Budaya Lombok Paling Kental

Sop Buntut Sapi Ma’Emun Bogor, Dagingnya Bisa Digigit Tanpa Perlawanan