in , , , , ,

Suguhan Sunset Indah yang Berbeda di Rumah Jomblo Banjarbaru

Berwisata ke Rumah Jomblo Bareng Pasangan

tentang_rumah_jomblo_banjarbaru_arifharianto_mrD.jpg
Rumah Jomblo Banjarbaru (c) Rahman Arif Harianto/Travelingyuk

Tidak bisa dipungkiri Indonesia memiliki destinasi wisata yang beragam. Besarnya wilayah Indonesia dengan kondisi yang berbeda-beda, membuat setiap destinasi wisata di berbagai daerah menjadi unik, autentik, dan tentunya menarik untuk di kunjungi satu persatu.

Baca juga : Pesona Pantai Wohkudu, Surga Tersembunyi di Jogja

Setiap berkunjung ke suatu tempat, seperti ada yang kurang jika tidak berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang lagi trending di kota tersebut. Provinsi Kalimantan Selatan, tepatnya di Kota Banjarbaru terdapat destinasi populer yang diberi nama Rumah Jomblo.

keindahana_sunset_di_rumah_jomblo_banjarbaru_oyP.jpg
Pemandangan Indah (c) Rahman Arif Harianto/Travelingyuk

Autentiknya destinasi wisata selfi dengan latar sebuah rumah kayu, dan sunsetnya yang menawan. Destinasi wisata ini juga sempat masuk ke jajaran destinasi wisata aneh pada salah satu stasiun televisi tanah air. Sederhana memang, tapi beberapa foto di instagram dengan tagar #rumahjomblo membuat destinasi ini menarik untuk dikunjungi.

Perjalanan Ke Rumah Jomblo

perjalanan_dari_martapura_ke_rumah_jomblo_banjarbaru_arifharianto_sSx.png
Perjalanan dari Martapura ke Rumah Jomblo Banjarbaru via Google Maps

Perjalanan dimulai dari Kota Martapura yang tidak jauh dari Kota Banjarbaru. Perjalanan dari Martapura menuju ke Rumah Jomblo memakan waktu sekitar 25-30 menit tergantung dari kondisi jalur yang Teman Traveler lewati.

Sekitar pukul 15.00 WIT berangkat berkunjung ke lokasi. Kondisi di sekitar lokasi yang di tafsir tidak memiliki tempat untuk berteduh dari teriknya matahari dan suhu panas Provinsi Kalimantan membuat Teman Traveler setidaknya memilih waktu sore untuk ke destinasi wisata ikonik tersebut.

Selain hal tersebut, Teman Traveler juga bisa melihat langsung warna sunset yang “katanya” berbeda dari tempat lainnya. Sampai di lokasi agak lambat dari prediksi awal yang memakan waktu sekitar 30 menit. Begitu sampai di sekitar destinasi, Teman Traveler akan langsung melihat dari kejauhan keberadaan rumah jomblo tersebut.

Sekilas tentang Rumah Jomblo

sunset_rumah_jomblo_banjarbaru_ekF.jpg
Tentang Rumah Jomblo Banjarbaru Kalimantan Selatan (c) Rahman Arif Harianto/Travelingyuk

Rumah Jomblo ini merupakan rumah kayu yang berada di atas bukit kapur sendirian. Bertempat di Gunung Kupang, Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, rumah ini sebenarnya berada di kawasan perumahan. Bernama jomblo, karena banyak rumah di bawah bukit tersebut, tapi hanya rumah ini yang ada di bukitnya. 

Developer perumahan disekitar lokasi memang sengaja membiarkan bangunan ini begitu saja. Rumah tersebut tetap berdiri di tanah milik pengembang. Alasannya tidak lain dan tidak bukan agar rumah tersebut bisa menjadi ikonik Kota Banjarbaru.

sunset_di_rumah_jomblo_banjarbaru_Y88.jpg
Kembali Matahari Keperaduan (c) Rahman Arif Harianto/Travelingyuk

Beberapa waktu lalu atau tepatnya tahun 2018, rumah ini sempat porak poranda akibat angin kencang yang terjadi di sekitar lokasi. Tidak berselang lama, rumah tersebut dibangun kemabali karena ramainya tagar #riprumahjomblo. Kini Teman Traveler tetap bisa menikmati sunset nan indah di Rumah Jomblo tersebut.

Setelah menunggu sekitar 2 jam lamanya atau sekitar pukul 17.00 WIT barulah Teman Traveler bisa melihat kilauan senja orange ke merah-merahan yang indah. Jika Teman Traveler datang saat musim hujan, pemandangan yang memanjakan ini bisa jadi tidak bisa dinikmati.

Indahnya Sunset di Rumah Jomblo

sunset_di_rumah_jomblo_banjarbaru_bersamamu_bA2.jpg
Sunset di Rumah Jomblo (c) Rahman Arif Harianto/Travelingyuk

Saran bagi Teman Traveler yang akan berkunjung ke wisata ini, datanglah ke rumah jomblo pada waktu sore hari. Hal tersebut dikarenakan tidak terdapat fasilitas pendukung dan juga tempat berteduh. Teman Traveler akan merasa tidak nyaman ketika berkunjung di siang hari. Tertarik mengabadikan momen di rumah jomblo ini? Next

ramadan

Pesona Bawah Tanah Gua Postonja Slovenia yang Buat Mata Terkagum-kagum

Shabu Hachi, All You Can Eat Shabu dan Yakiniku yang Lezat di Bogor