in , , , ,

Sajian Panorama Sunrise Embung Bansari Temanggung Yang Menakjubkan

Siapa yang tidak pernah mendengar tentang Temanggung? Sekilas mengenai daerah ini, Temanggung terletak di Jawa Tengah dan terkenal dengan produksi tembakaunya. Tapi tentu tidak hanya itu, Temanggung yang memiliki udara sejuk ini juga asyik untuk dijadikan tempat wisata alam. Kamu dapat menemukan lembah, perbukitan dan gunung yang cantik di sini. Pemandangan ke Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing pun dapat dinikmati dengan leluasa. Sangat cocok untuk kamu yang ingin terhindar dari hiruk piruk perkotaan.

Baca juga : Segarnya Blumbang Macari, Wisata Air Gratis Batu

Embung Bansari dengan latar belakang Gunung Sumbing yang gagah. Foto via instagram @tahaleanoveri

Temanggung memang menyuguhkan berbagai wisata alam seperti perbukitan, air terjun hingga embung berlatar belakang gunung sindoro yang menakjubkan. Salah satunya adalah embung Bansari. Embung Bansari Temanggung menjadi destinasi baru yang sedang hits dikalangan travelers. Berada di lereng gunung sindoro, embung ini memiliki view yang cakep. Bahkan jika sedang cerah, kita bisa menyaksikan 9 gunung sekaligus. Salah satunya adalah gunung Sumbing yang terlihat gagah dan begitu dekat. Lanskap itulah yang mengundang banyak orang penasaran akan keberadaanya. Jika teman traveler adalah salah satunya, jangan sampai meninggalkan momen selfi dengan latar belakang gunung Sumbing.

Keindahan pagi hari saat sunrise berlangsung di Embung Bansari Temanggung. Foto via promotion-trafic.blogspot.com

Sejatinya embung Bansari adalah sebuah tempat untuk menampung air hujan. Jadi ketika musim kemarau tiba, para petani disana tidak lagi kesulitan untuk mencari air. Sebagian besar masyarakat di kaki gunung sindoro ini bermata pencaharian sebagia petani sayur. Kehadiran embung tersebut, tentu saja menjadi penolong petani agar sawahnya tidak kekeringan. Selain mengairi lahan, keindahan embung rupanya juga membuat banyak orang tertarik untuk berwisata. Kini embung Bansari sudah menjadi salah satu obyek wisata favorit di kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Gagahnya gunung Sumbing menghiasi latar belakang embung Bansari. Foto via dakatour.com

Lokasi embung bansari yang berada pada ketinggian sekitar 1300 mdpl, membuat udara disana sejuk bahkan cenderung dingin. Dari atas ketinggian ini, para pengunjung akan disuguhkan oleh lanksap pegunungan, persawahan, rumah warga, dan juga gemerlap lampu kota ketika hari berganti petang. Ketika cuaca sedang bagus bagusnya, kamu bisa menikmati view 9 gunung sekaligus. Kesembilan gunung tersebut antara lain, sumbing, sindoro, merapi, merbabu, ungaran, telomoyo, prau, andong dan juga gunung muria. Dan untuk kamu pemburu sunrise, embung Bansari sangat cocok sebagai tempat sajian matahari terbit.

Jika dari pusat kota temanggung kurang lebih berjarak 18 km dengan waktu tempuh 45 menit. Sedangkan jika dari kota parakan kurang lebih berjarak 8.5 meter dengan waktu tempuh 30 menit. Menariknya, belum diberlakukan tarif tiket untuk wisata mengingat embung tersebut baru selesai tahap pembangunan. Next

ramadan

Wisata Batu Kapal Piyungan, Destinasi Epik Dari Wonosari Yogyakarta

Arasatu Villas Kalimantan Timur, Villa Apung Mewah di Pulau Maratua