in , , ,

Terbongkar Sudah, Inilah 6 Cara Hilangkan ‘Telinga Meletup’ Saat Naik Pesawat

Tips Hilangkan Sensasi Sakit Telinga saat Naik Pesawat

Ilustrasi telinga sakit di tengah penerbangan via Readers Digest

Pernah naik pesawat atau bahkan sudah bolak-balik melakukan perjalanan udara? Maka pasti Anda tahu apa yang dimaksud dengan sensasi ‘telinga meletup’. Telinga mendadak terasa aneh dan pendengaran seolah berkurang. Hal ini biasanya terjadi sesaat setelah pesawat lepas landas. Sakit telinga di pesawat dikenal dengan istilah Aeroplane Air dan terjadi karena perbedaan tekanan udara di ketinggian berbeda.

Baca juga : Bikin Buka Kian Berselera, 7 Kuliner Ramadan Khas Aceh

Begitu pesawat hendak mengundara atau mendarat, tekanan udara di sekitar Anda akan berubah. Telinga akan coba menyesuaikan dan inilah yang kemudian menimbulkan sensasi tak nyaman. Lantas adakah cara untuk meminimalisir atau bahkan menghilangkan sensasi tersebut? Tak perlu khawatir, berikut TravelingYuk punya enam cara ampuh untuk mengatasinya.

1. Bangun sejam sebelum pesawat lepas landas

Penumpang sedang tidur di dalam pesawat via Instagram Apusrelax

Usahakan dalam kondisi sadar setidaknya satu jam sebelum lepas landas. Hal ini akan memberikan kesempatan pada telinga untuk menyesuaikan diri dengan perubahan tekanan udara di sekitar. Selain itu, berada dalam posisi bangun juga akan bisa membuatmu dapat melakukan trik-trik berikutnya.

2. Gunakan headphone model over-ear

Gunakan headphone untuk mengurangi sakit telinga via Instagram Juntostarc

Mendengarkan musik sembari berada di penerbangan memang cukup ambuh dalam membunuh kebosanan. Namun di sisi lain, menggunakan earphone dengan model in-ear justru bisa mencegah telinga menyesuaikan diri dengan tekanan udara di sekitar pesawat. Telinga memiliki semacam lapisan lilin untuk mencegah kita mengalami sensasi kurang nyaman akibat perbedaan tekanan. Menggunakan earphone dengan model in-ear akan mengganggu proses pembentukan lapisan lilin tersebut.

3. Lakukan gerakan mengunyah

Ilustrasi mengunyah permen karet via Instagram barbabietolah_da_zucchero

Mengunyah dan menggerakkan rahang secara konstan bisa membantu menghilangkan sensasi tak nyaman di telinga. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet misalnya. Bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan buah hati, biarkan mereka minum sebelum pesawat lepas landas atau mendarat. Gunakan botol yang memiliki sedotan atau botol air untuk olahraga guna mencegah cairan tak mudah tumpah.

4. Mengulum permen

Ilustrasi permen warna-warni via Instagram Ohnuts

Makan permen memang tidak terlalu direkomendasikan bagi mereka yang masih berusia balita. Namun untuk mengurangi sensasi tidak nyaman pada telinga, mengulum permen merupakan salah satu trik paling efektif. Pasalnya, gerakan menguap, menelan, dan mengunyah sangat berguna dalam melepaskan udara yang terperangkap dalam telinga.

5. Meniup

Perbedaan tekanan bisa menimbulkan sakit di telinga via Instagram Spacetigersberlin

Tutuplah kedua lubang hidung dengan jari-jari Anda, dan lakukan gerakan meniup hingga merasa ada letupan udara yang keluar dari kedua telinga. Lakukan dengan perlahan, namun jangan diteruskan jika mulai terjadi rasa sakit.

6. Jaga kondisi badan

Ilustrasi seorang penumpang kelelahan menunggu di Bandara via Instagram Prodeepta.das

Sangat tidak disarankan untuk melakukan perjalanan udara jika kamu sedang mengalami infeksi di bagian telinga, hidung, atau sinus. Melakukan gerakan menelan dalam kondisi tersebut justru bisa menyebabkan rasa sakit atau bahkan pendarahan di bagian telinga. Jika memang terpaksa harus naik pesawat, cobalah untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Mintalah dosis obat yang mengandung dekongestan untuk mengurangi rasa sakit di bagian telinga.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk menghilangkan sensasi ‘telinga meletup’ ketika sedang menumpang pesawat terbang. Adakah di antara kalian yang punya tips ampuh lain untuk mengatasi ini? Silahkan share di kolom komentar. Next

ramadan

Banten Dilanda Gempa Terus-terusan, Bagaimana Nasib Pariwisatanya?

Wedang Cor Mbak As

Wedang Cor Mbah As, Kuliner Unik yang Hanya Ada di Jember