in , , , ,

Saloka Theme Park Semarang, Wisata Baru dan Terbesar di Jawa Tengah

wisata tematik terbesar di Jawa Tengah berada di Kota Semarang

Saloka Theme Park Semarang, Wisata Baru dan Terbesar di Jawa Tengah
Saloka Theme Park Semarang, Wisata Baru dan Terbesar di Jawa Tengah

Jawa Tengah tidak hanya mempunyai wisata sejarah yang dikenal banyak orang. Ada juga wisata tematik yang patut dicoba bernama Saloka Theme Park yang baru saja resmi dibuka 15 Desember 2018 lalu di Semarang. Nama Saloka diambil dari legenda lokal Baru Klinthing (seekor naga hijau yang bisa berbicara) anak dari Nyai Salokantara. Kisah ini menjadi legenda terbentuknya Rawa Pening. Taman rekreasi dengan maskot naga hijau ini diklaim sebagai yang terbesar di Jawa Tengah.

Baca juga : Hidangan Daging Domba Nikmat di Garut, Enaknya Bikin Terkejut

Wahana di Saloka Theme Park

Cakrawala Ferris Wheel via travelpromo

Di tanah seluas kurang lebih 18 hektar tersebut, dibangun 4 zona tematik. Mulai dari Zona Pesisir, Zona Balantar, Zona Sagara Prada dan Zona Ararya. Semuany didukung dengan lebih dari 24 wahana rekreasi untuk segala usia.

Saloka Theme Park via detikTravel

Di dalam Saloka Theme Park terdapat beberapa wahana menarik yang wajib dicoba, salah satunya adalah Cakrawala Ferris Wheel. Bianglala ini merupakan yang tertinggi di Jawa Tengah. Teman Traveler bahka bisa menikmati keindahan Rawa Pening dari ketinggian 33 meter saat menaikinya.

Rollercoaster Lika-liku via Nirmalamedia

Atraksi selanjutnya yang cukup menguji nyali Teman Traveler adalah rollercoaster dengan nama Lika-liku. Wahana favorit wisatawan ini memiliki panjang rel sekitar 500 meter dengan ketinggian 4 meter.

Ekowisata Angon-angon via travelpromo

Selain spot yang ekstrim dan tinggi, juga terdapat taman holtikutura. Namanya diambil dari bahasa Jawa Angon-angon yang artinya memelihara. Di sini Teman Traveler dapat menikmati suasana budi daya tanaman dan juga berinteraksi dengan hewan peliharaan seperti kelinci, kambing dan lainnya.

Wahana Edukasi Lumbung Ilmu Gallileo

Lumbung Ilmu Gallileo via Saloka Park

Menariknya tempat wisata keluarga ini adalah adanya sarana pembelajaran atau wahana edukasi Lumbung Ilmu Gallileo. Dalam wahana unggulan ini Teman Traveler dapat menggali ilmu mengenai sains, kehidupan jaman purba, flora-fauna hingga antariksa.

Didukung dengan alat peraga seperti patung dinosaurus, atap dan lantai yang dibuat seperti sedang di luar angkasa, suasana dalam Lumbung Ilmu Gallileo ini terasa menyenangkan.

Performance Malam di Saloka Theme Park

Pertunjukan Air Mancur via Galeri Wisata

Rasanya tidak cukup jika hanya menyajikan wahana ekstrim, edukasi maupun holtikutura, di tempat wisata keluarga baru ini juga menyajikan performance air mancur yang menari-nari yang menjadi penutup keseruan di Saloka Theme Park ini.

Tarian air mancur yang biasa disebut Jogetan ini berada di sekitaran kapal Jenju, dimulai pukul 2 siang sampai 6 sore. Jika weekend, Teman Traveler menikmati pertunjukan Baru Klinthing yang merupakan atraksi animasi laser satu-satunya di Indonesia.

Teman Traveler dapat berkunjung dan menikmati semua wahana di Saloka Theme Park ini hanya dengan mengeluarkan biaya 120 ribu rupiah untuk weekday dan 150 ribu untuk weekend. Buka mulai pukul 10 pagi sampai pukul 7 malam. Next

ramadan
Pertunjukan Topeng Malangan

Mengenal Topeng Malangan, Warisan Budaya Indah Kota Bunga

Itik Salai Masthar, Kuliner Khas Malaysia yang Rasanya Maknyuss!