in

Sayur Lilin, Kuliner Khas Maluku Utara dengan Tekstur yang Begitu Lembut

Sayur lilin adalah kuliner khas Maluku Utara dengan bentuk mirip lilin dan tekstur lembut berbutir seperti telur ikan. Punya cita rasa khas yang nikmat.

Sayur lilin

Apa yang ada di dalam pikiran Teman Traveler saat mendengar kata ‘sayur lilin’? Apakah olahan masakan yang terbuat dari lilin? Tentu bukan ya! Makanan adalah kuliner khas Maluku Utara.

Baca juga : Julukan Populer Indonesia oleh Pemuda Milenial

Perlu diketahu bahwa sayur lilin bukanlah olahan makanan yang dibentuk seperti lilin. Namanya memang unik dan membuat penasaran. Daripada penasaran, lebih baik simak ulasan ini sampai habis ya!

Sayur Lilin Jadi Kuliner Khas Maluku Utara

Sayur lilin adalah tumbuhan sejenis tebu-tebuan. Disebut begitu karena memang bentuknya seperti lilin saat daun yang melapisinya dikupas. Tumbuhannya mirip dengan tebu, tapi tentu berbeda. Kalau tebu, mengandung air yang manis, sedangkan tumbuhan yang satu ini tidak.

Sayur lilin
Foto via Instagram

Makanan ini juga disebut dengan terubuk atau tebu telur. Disebut telur, karena bagian yang dimakan memiliki tekstur seperti telur ikan. Begitu lembut dengan butiran kecil. Terubuk begitu mudah ditemukan di Maluku Utara, bahkan dibudidayakan oleh masyarakat.

Dijadikan Berbagai Olahan

Kuliner ini bisa dijadikan berbagai olahan masakan. Mulai dari direbus, dipanggang, atau digoreng. Sama seperti tebu, tumbuhan yang satu ini juga bisa dikonsumsi langsung lho. Kalau tebu diisap air manisnya, kalau makanan satu ini dikupas daunnya kemudian dikonsumsi.

Sayur lilin
Foto via Instagram

Jika digoreng, seringnya dibalut tepung dan telur seperti tempura. Tak jarang masyarakat setempat memasak sayur lilin dengan santan berbumbu kuning. Rasanya tentu begitu nikmat, gurih yang berasal dari santannya. Biasanya, jika diolah dengan bumbu kuning akan disajikan bersama papeda.

Punya Manfaat Baik untuk Tubuh

Karena begitu rapuh, saat dijual daun yang membungkus tidak dibuka. Bahkan, tidak perlu dicuci setelah daun dikupas karena bisa hancur. Agar tak mudah hancur, biasanya akan dibakar dulu bersama daunnya sebelum diolah. Selain bisa tidak mudah hancur, juga menghasilkan harum yang khas juga cita rasa nikmat.

Foto via Instagram

Bukan saja enak, kuliner ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Dipercaya bisa mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem imun tubuh, meringankan gejala depresi, meningkatkan fungsi otak, hingga meningkatkan nafsu makan.

Olahan sayur lilin banyak ditemukan dijual di pasar. Kamu bisa langsung menyerbu dan mencicipi kuliner khas ini saat berada di Maluku Utara. Next

ramadan
Danau Poso

Danau Poso, Danau Rasa Pantai di Sulawesi Tengah

Tulang Ikan Kepala Udang

Orang Ini Bayar Rp 2,3 Juta Cuma Buat Makan Tulang Ikan dan Kepala Udang