in , ,

Tips Sehat Saat Akhir Tahun, Liburan Pantang Kendur

Cara Sederhana Jaga Kesehatan Saat Libur Panjang Akhir Tahun

Ilustrasi istirahat saat liburan
Ilustrasi istirahat saat liburan via Unsplash

Liburan panjang sudah menanti nih Teman Traveler. Namun akhir tahun biasanya datang bertepatan dengan musim hujan dan bikin kondisi tubuh jadi tak karuan. Nah, agar semangat liburan tak mengendur, yuk simak rahasia sehat akhir tahun berikut ini.

Baca juga : Sisi Lain Tulungagung yang Indah dan Menawan di Pantai Sanggar

Persiapkan Alat Medis dan Obat

garo_uzunyan_4_npfikidgs_unsplash_n3n.jpg
Kotak medis darurat via Unsplash

Kotak medis atau pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) sering kali tidak diperhatikan. Untuk liburan panjang tahun ini, pastikan Teman Traveler tak lupa membawa obat-obatan dan berbagai alat medis yang mungkin dibutuhkan.

Isilah kotak medis tersebut dengan berbagai obat pereda nyeri dan penyakit ringan. Buat Teman Traveler yang menderita penyakit tertentu, jangan sampai lupa membawa obat pribadi agar liburan tak terganggu. 

Asuransikan Perjalanan

leio_mclaren_leiomclaren_fwdzyz0yc9g_unsplash_19j.jpg
Ilustrasi perjalan udara via Unsplash

Tentu tak ada orang yang ingin perjalanannya di luar kendali. Namun untuk berjaga-jaga, Teman Traveler bisa mendaftarkan diri ke asuransi perjalanan. Baik untuk traveling di dalam negeri maupun luar negeri, hal ini sangat penting. Pastikan asuransi yang kalian ikuti sudah menawarkan jaminan kesehatan ya.

Jangan Melewati Sarapan

heather_ford_teuvnoxogvo_unsplash_1o4.jpg
Ilustrasi sebelum sarapan via Unsplash

Jangan sampai lewatkan sarapan karena bangun kesiangan ya. Sarapan bisa dibilang sebagai ‘amunisi’ pertama untuk memulai hari. Jika Teman Traveler sedang menginap di hotel, manfaatkan fasilitas free breakfast untuk mengisi tenaga sebelum mulai jalan-jalan.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

hong_feng_u5auvrd_b5e_unsplash_nA3.jpg
Ilustrasi air mineral via Unsplash

Menjaga asupan cairan sangat penting untuk menjaga tubuh dari kemungkinan dehidrasi dan kelelahan, apalagi saat traveling. Banyak minum air putih juga akan membantu Teman Traveler tetap fokus. Jadi sembari jalan-jalan, jangan lupa untuk senantiasa mengonsumsi air mineral. Jika perlu, bawalah bekal air minum sendiri dalam tumbler.

Konsumsi Vitamin

pina_messina_tonlotwxxak_unsplash_hYK.jpg
Ilustrasi vitamin via Unsplash

Saat liburan Teman Traveler bakal lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan terkena cahaya matahari. Hal ini kerap membuat kondisi tubuh drop akibat kelelahan. Untuk mengatasinya, jangan lupa konsumsi vitamin tambahan, minimal tablet hisap yang mengandung Vitamin C.

Istirahat yang Cukup

gregory_pappas_ruc9hve_l_e_unsplash_ISA.jpg
Ilustrasi istirahat cukup via Unsplash

Jika ingin tetap sehat selama traveling, hindari pulang larut malam dan begadang. Pastikan tubuh tetap mendapat istirahat cukup. Hal ini penting sebab keesokan harinya Teman Traveler bakal kembali membutuhkan tenaga untuk menjelajahi tujuan lainnya.

Jangan sampai mengalami kelelahan akibat kurang istirahat. Ujung-ujungnya liburan bakal menjadi tak optimal. Menjelajah hal-hal yang belum diketahui boleh-boleh saja, namun harus cerdas merencanakan jam-jam kunjungan secara rinci.

Itulah sedikit tips sehat akhir tahun yang bisa Teman Traveler praktekkan. Jangan sampai kondisi tubuh yang kurang fit mengganggu rencana liburan kalian ya. Jadi, mau habiskan libur panjang di Bandung atau Surabaya nih? Next

ramadan

Lumens Kopi Masjid, Punya Aturan Dilarang Pacaran!

Menengok Bagian Dalam Candi Mendut yang Sakral nan Misterius