in , ,

Sejarah Kranjska Gora, Kota Olahraga Musim Dingin

Pergi ke Negara Republik Slovenia menikmati alamnya yang indah dan wisata sejarah

Kranjska Gora adalah sebuah kota kecil namun indah di barat laut Slovenia. Dengan ketinggian 806 meter diatas permukaan laut, suhu di wilayah Kranjska Gora meskipun pada saat musim panas di Slovenia masih terbilang sejuk. Kota olahraga musim dingin ini juga menyimpan sejarah yang menarik untuk dikulik. Yuk ikuti perjalannya.

Baca juga : 4 Kuil di Asia Tenggara yang Dinobatkan Sebagai Situs Warisan UNESCO

Kota Olahraga Musim Dingin

Kranjska Gora sendiri dikenal sebagai kota olahraga musim dingin yang setiap tahunnya selalu menyelenggarakan event tahunan yaitu Piala Dunia Ski dan lompat ski, yang juga dikenal sebagai Piala Vitranc. 

Sebagai kota olahraga musim dingin, tidak mengherankan bahwa ski adalah salah satu hal yang menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang mengunjungi Kranjska Gora.   

20190716_140446_01_qLL.jpeg
Peta Kranjska Gora (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Sejarah Kranjska Gora

20190716_144401_02_Kvi.jpeg
Kapel Rusia di Kranjska Gora (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Selain memiliki alam yang menarik dan indah, sejarah Kranjska Gora sendiri memiliki kisah kelamnya dari masa lalu. Berawal dari kisah pada perang dunia pertama dan kematian dari para tahanan perang Russia sebanyak 110 orang tahanan yang dipekerjakan untuk membangun jalan Vrsic Pass dalam bencana longsor pada masa perang dunia pertama. 

Sehingga pada tahun 1916 tawanan perang dari Rusia yang selamat membangun sebuah kapel kayu yang didedikasikan kepada tahanan perang Rusia. Untuk mengenang para tawanan yang meninggal dalam bencana tersebut.

20190716_144320_01_yT1.jpeg
Kapel Rusia yang terbuat dari kayu (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Dan untuk memperingati teman-teman mereka yang terbunuh dalam longsoran salju saat membangun jalan diatas Pass Vrsic di daerah Kranjska Gora.  

20190803_121848_01_HFo.jpeg
Penjelasan mengenai tragedi bencana di Kranjska Gora (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Konstruksi kapel, awal penutup dan papan-papan kecil semua terbuat dari kayu. Interior dari kapel ini sederhana terlihat eksterior khas Rusia dan interior sederhana, menampilkan altar sangat menarik dengan iconostasis, lampu gantung dan kandil.

20190716_144208_01_H3I.jpeg

Pemakaman di kapel rusia Kranjska Gora (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Sedangkan di sebelah kapel dibuat sebuah makam batu yang berbentuk seperti piramida sebagai makam bersama dari tawanan perang Russia tersebut. Peringatan untuk mengenang peristiwa ini selalu dilakukan setiap tahun di kapel tersebut.

Selain itu di Kranjska Gora juga terdapat situs kuburan massal dari perang dunia ke 2 yang berisi 35 tentara jerman yang tewas pada tahun 1945. Jadi selain menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan, ternyata Kranjska Gora juga memiliki sisi kelam masa lalu.

Setelah masa perang dunia ke-2 selesai pada tahun 1949, 1962, 1964 dan 1965, di Kranjska Gora mulai dibangun fasilitas-fasilitas lift ski dan pendukung sektor pariwisata yang lain dan mulai membenahi diri untuk menjadi salah satu destinasi populer di Slovenia.  

Hal-hal yang bisa di lakukan di Kranjska Gora

20190716_151736_01_vzY.jpeg
Salah satu spot hiking di Kranjska Gora (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Disebut sebagai kota olahraga musim dingin di Slovenia, akan tetapi Kranjska Gora ini juga sangat cocok dikunjungi pada saat musim panas loh Teman Traveler. Aktifitas Outdoor bagi penggemar hiking juga sangat disarankan jika mengunjungi Kranjska Gora.

Dengan 100 kilometer jalur pendakian dari berbagai level tingkat kesulitan yang bisa dipilih oleh masing-masing pendaki berdasarkan kemampuannya. Misal jalur yang ramah keluarga yang cocok untuk anak-anak, atau jalur khusus untuk para pendaki yang memang mencari jalur pendakian yang menantang, khusus bagi pendaki yang berpengalaman.

Dari Kranjska Gora ini juga bisa mendaki ke kaki gunung Triglav setinggi 2.644 meter diatas permukaan laut yang merupakan gunung tertinggi di Slovenia dan juga gunung yang paling terkenal di Slovenia dijadikan lambang di bendera negara Slovenia. 

Dengan pemandangan gunung yang memukau, akses sangat mudah ke taman nasional Triglav dan kegiatan musim panas seperti hiking, camping, bersepeda gunung dan lain-lain. Kegiatan musim dingin seperti ski lintas alam, hiking di musim dingin dan lain-lain.

Kranjska Gora tetap menjadi tujuan populer yang di kunjungi sepanjang tahun di Slovenia.   

Untuk Menuju ke Kranjska Gora

20190716_151819_01_4C0.jpeg
Pemandangan di Kranjska Gora (c) Anggi Paramita/Travelingyuk

Menuju Kranjska Gora, ada bus yang beroperasi dari Ljubljana atau dari danau Bled ke Kranjska Gora 2 kali sehari. Bahkan pada saat musim panas, ada bus khusus menghubungkan dari kota Bovec-Vrsic Pass- Kranjska Gora.

Tapi saranku sih memang lebih baik menggunakan kendaraan pribadi dengan menyewa karena bisa lebih leluasa menyusuri jalanan Vrsic Pass dan bisa berhenti di lokasi yang menarik untuk di eksplore lebih lama.

Biasanya harga sewa untuk mobil per hari di Slovenia adalah sekitar 20 euro, dengan membooking secara online di situs-situs booking online, khusus persewaan mobil di Slovenia.

Akan tetapi Teman Traveler harus memiliki sim international dan telah terbiasa dengan setir mobil sebelah kiri, serta mengerti mengenai peraturan lalu lintas yang ada di Slovenia loh Teman Traveler.

Jadi siap untuk eksplore Slovenia terutama sejarah Kranjska Gora dan segala keindahan alamnya. Segera agendakan liburanmu ya. Next

ramadan

6 Spot Foto Solo yang Wajib Disambangi, Yuk Simak!

Taman Soekasada Ujung, Bangunan Megah Bergaya Eropa–Bali di Karangasem