in , ,

Sejarah Wisata Kembang Jepun Surabaya

Wisata Kembang Jepun Surabaya
Wisata Kembang Jepun Surabaya

Sabtu kemarin tanggal 9 September 2022 pukul 18.00 WIB, kawasan wisata Kembang Jepun resmi dibuka kembali. Ada serangkaian acara yang dihadiri oleh warga Surabaya. Ada banyak yang berkumpul di sepanjang jalan.

Baca juga : Warung Wardani di Bali, Tawarkan Kuliner Pulau Dewata dengan Rasa Otentik

Wisata Kembang Jepun Surabaya
Wisata Kembang Jepun Surabaya via Instagram @dishubsurabaya

Mereka semua tidak hanya melihat hiburan, tapi juga menikmati kuliner yang enak-enak. Area Kya-Kya juga dihiasi lampion yang begitu indah. Bagi yang belum tahu, Kya-Kya memiliki sejarah panjang dan tetap leastari hingga saat ini. Berikut ini ulasan selengkapnya.

Kembang Jepun sudah dikenal sejak dahulu kala sebagai pusat perdagangan di Surabaya. Setelah melewati banyak hal, Kembang Jepun tetap ada hingga sekarang. Para pedagang pun juga mengenalnya dengan sebutan pusat grosir Central Business District I Surabaya.

Kya Kya Surabaya
Kya Kya Surabaya via Instagram @dishubsurabaya

Menurut catatatn area ini sudah ada sejak zaman kerajaan dulu. Dan memang sudah menjadi area berkumpulnya warga asing. Jadi yang tinggal di sini memiliki latar belakang yang beragam. Lokasinya yang dekat dengan area strategis, membuatnya jadi kawasan yang ramai sejak dulu.

Saat Belanda Berkuasa, Kembang Jepun berubah menjadi kawasan pecinan. Area yang terkenal dan posisinya berada di Selatan Kalimas. Di dekatnya juga ada Kampung Arab dan Kampung Melayu. Jalan Kembang Jepun dijadikan sebagai batas antara perkampungan tersebut dengan kawasan ‘eropa kecil’ Belanda di barat Kalimas.

Kya Kya Dibuka Kembali
Kya Kya Dibuka Kembali via Instagram @dishubsurabaya

Orang-orang Belanda juga menyebut Jalan Kembang jepun dengan Handelstraat. Kemudian diubah menjadi Kembang Jepun saat penjajah Jepang berkuasa di Surabaya. Salah satu tempat yang terkenal sejak dulu dan menjadi ikon adalah Restoran Kiet Wan Kie Next

ramadan

5 Hotel Berkonsep Rumah Pohon di Bali, Menghidupkan Kembali Kenangan Masa Kecil

7 Contekan Pose Foto Saat Liburan Ala Kim Go Eun Little Women