in , , , , , ,

Serunya Berkelana dengan Kapal di Siring Kota Banjarmasin

Serunya Menukmati Keindahan Sungai di Atas Kapal sambil Menyaksikan Sunset yang Indah

Sunset Siring (c) Agung Rahmat Fauzi/Travelingyuk

Siring merupakan salah satu tempat bersantai yang favorit di Kota Banjarmasin, berada di pinggiran Sungai Martapura. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang ramai di datangi oleh warga maupun wisatawan baik di area darat maupun di area air atau sungainya dengan perahu atau kapal. Yuk simak ulasannya.

Baca juga : Sempol Ayam, Jajanan Pinggir Jalan yang Digandrungi Remaja Masa Kini!

1. Bagian Ujung Taman

Taman Siring (c) Agung Rahmat Fauzi/Travelingyuk

Berjalan di sepanjang taman ini sangat menyejukkan ditambah dengan angin yang sepoi-sepoi dan juga terdapat beberapa spot yang jalanan berbatu yang menonjol sehingga dapat memijat kaki ketika berbajalan di sepanjangan Taman Siring ini. Mulai dari bagian ujungnya terdapat patung bekantan, lapangan basket, pasar terapung siring, hingga menara pandang siring. Banyak perahu yang hilir mudik melawati kawasan sini.

2. Menara Pandang Siring

Work Space Menara Pandang (c) Agung Rahmat Fauzi/Travelingyuk

Menara Pandang Siring bisa dimasuki hingga ke bagian atas bangunan, dimana Teman Traveler bisa menikmati angin dan melihat pemandangan Kota Banjarmasin dari ketinggian. Teman Traveler bisa masuk melalui pintu bawah yang ada petugas penjaganya, kemudian menuliskan data diri di buku dan Teman Traveler boleh naik hingga ke bagian atas. Terdapat juga ruang publik yaitu Banjarmasin Plaza Smart City di lantai 3 yang bisa Teman Traveler dikunjungi di dalam bangunan ini. Merupakan working pace multi fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk diskusi, pelatihan atau lomba. Tersedia juga sejumlah komputer dan tempat duduk.

Selain menara pandang siring, terdapat Pasar Terapung Tendean. Tapi biasanya masyarakat berjualan di pagi hari. Pasar ini lebih mudah diakses dan di jangkau oleh wisatawan daripada Pasar Terapung lainnya dikarenakan lokasinya berada di tengah Kota Banjarmasin. Selain konsep pasar yang unik, penjual berperahu tersebut menjual beragam makanan mulai dari buah-buahan hingga kue-kue khas banjar. Selain pasar terapung di sini juga ada warung terapung yang menjual makanan khas banjar seperti soto banjar, lontong, laksa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Patung Bekantan

Paung Bekantan (c) Agung Rahmat Fauzi/Travelingyuk

Sebelah jembatan terdapat patung bekantan yaitu patung kera berkulit coklat, putih dan berhidung mancung. Tinggi sekitar 6,5 meter dengan pose patung sedang duduk, menggaruk kepala dan tangan satunya memegang serenteng buah rambai. Patung ini menjadi icon Kota Banjarmasin. Di saat tertentu, patung bisa mengucurkan air mirip seperti Patung Merlion di Singapore.

3. Angkutan Wisata

Kapal Penumpang (c) Agung Rahmat Fauzi/Travelingyuk

Dekat patung, terdapat kumpulan kapal-kapal penumpang yang disediakan untuk wisatawan yang ingin bertamasya keliling sungai. Terdapat dua dermaga kapal yaitu ada yang dekat Menara Siring Pandang dan ada juga yang di dekat Patung Bekantan.

4. Tiket ke Kampung Hijau Rp10.000

Tiket Angkutan Wisata (c) Agung Rahmat Fauzi/Travelingyuk

Terdapat loket untuk membeli tiket dengan harga bervariasi tergantung pilihan destinasi yang ingin dituju. Jika Teman Traveler ingin carter 1 kapal penuh, tentunya akan lebih mahal harganya. Tiket menuju kampung hijau hanya Rp10.000. Jika melakukan perjalanan di waktu sore, Teman Traveler akan melihat sunset. Ketika menelusuri sungai yang panjang, Teman Traveler akan melihat keunikan hidup masyarakat pinggir sungai yang melakukan aktivitas sehari-hari seperti mandi dan mencuci. Hampir tiap masing-masing rumah punya kamar mandi terapung di atas sungai. Menelusuri sungai saat sore disejukkan dengan udara yang sepoi-sepoi sambil melihat sunset menjadi pemandangan indah Banjarmasin Next

ramadan

4D3N Puas Jalan-Jalan Murah ala Backpacker di Makassar

Kuak Rahasia Tersembunyi Majapahit di Museum Trowulan