in , , , , ,

Sirtwo Island Bandung, Pulau Bebatuan Purba Nan Unik di Tengah Waduk

Bandung, salah satu kota di Jawa Barat yang menyimpan pesona alam pegunungan yang begitu mempesona. Keindahan kota ini memang tidak perlu diragukan lagi. Selain banyaknya tempat keren yang dijadikan destinasi wisata, Bandung pun memiliki banyak sumber daya alam yang menyimpan berbagai potensi sejarah. Sebelumnya di temukan beberapa kerangka fosil di duga manusia purba di Gua Pawon dan Geopark di Stone Gard. Namun siapa sangka baru-baru ini tak terlalu jauh dari kedua lokasi tersebut ditemukan tempat yang menyimpan potensi alam bernama Sirtwo Island.

Baca juga : Menjejaki Pulau-Pulau Terluar di Indonesia yang Indahnya Selalu Dilirik Traveler Dunia

Bebatuan terukhir dengan sempurna oleh alam di waduk Saguling. Foto via brisik.id

Kawasan tepat di perairan Saguling, tepatnya di Kampung Suramanggala Desa Baranangsiang, Kecamatan Cipongkor Bandung Barat. Dulunya dikenal sebagai penambang pasir dan sejak tahun 2015 kegiatan penambang pasir itu dihentikan. Sirto Island memang sebuah pulau yang muncul ketika a waduk mengalami penyurutan. Melihat pulau unik tersebut menjadi spot menarik dan berakhir dijadikan tempat wisata dadakan.

Bebatuan purba akan nampak saat musim kemarau dan waduk mengalami penyurutan air. Foto via kabarjabar.com

Terdapat beberapa titik spot menarik yang ditawarkan di Kawasan Pulau Sirtwo island jika air tengah surut, seperti Monumen Sirtwo yang diibaratkan sebagai seorang wanita yang sedang diperebutkan oleh dua orang pria, Lorong Angklung yang akan mengeluarkan suara seperti angklung saat pengunjung melintasinya, Lorong Tengkoroak yang memiliki Lorong-lorong penghubung seperti tengkorak, Taman Batu dan Rumah Flinstoneā€™s.

Namun saat musim hujan kemungkinan beberapa titik ini akan kembali tertutup oleh air, maka jika ingin berkunjung ke lokasi ini disarankan datang saat musim kemarau. Karena sebelumnya ditemukan kerangka hewan purba seperti gajah purba, maka kawasan pulau ini dijadikan Geopark Rajamandala yang nantinya tidak hanya menjadi Kawasan wisata namun juga menjadi tempat edukasi sejarah peninggalan purba di Bandung Barat.

terukir seperti gua. Fot via ayobandung.com

Tiket masuk ke lokasi wisata ini memang masih gratis. Hanya saja teman traveler yang ingin mengunjungi tempat ini harus menyewa perahu yang disediakan pengelola dengan tarif Rp. 250.000 untuk 10 orang dengan fasilitas penunjang seperti guide yang akan menjelaskan dan menemani selama perjalanan wisata. Next

ramadan

Melihat Bendungan Ladongi Yang Baru Diresmikan Oleh Presiden Jokowi

Potret Senja Nan Memukau Di Waduk Pusong Lhokseumawe