in ,

Tidak Menyangka Pacitan Punya Pantai Sekeren Ini Buat Snorkelingan!

Snorkeling di Watu Karung, @ardhaniaji

Hampir mustahil menemukan lokasi snorkeling di Pacitan, sebab kabupaten ini berada di pesisir selatan pulau Jawa yang artinya sebagian besar pantainya memiliki ombak yang ganas. Meski demikian Pacitan tidak nihil spot snorkeling atau sekedar berenang yang aman. Pantai Watu Karung contohnya, dengan mengetahui medan, traveler akan menemukan lokasi aman untuk bersenang-senang.

Baca juga : Giliyang, Pulau di Madura yang Bikin Orang Bisa Berumur Panjang

Inilah yang dilakukan Travelingyuk saat liburan ke Pantai Watu Karung di Pacitan. Karena ini bukan kali pertama ke pantai ini maka kami pun memutuskan untuk menjelajahi sisi lain pantai berpasir putih favorit turis asing untuk surfing tersebut. Tujuan kami adalah menyisir pantai di sisi barat.

Pantai Watu Karung di Sisi Barat, @ardhaniaji
Pantai Watu Karung di Sisi Barat, @ardhaniaji

Sedikit informasi bahwa Watu Karung adalah gabungan dari pantai-pantai yang dipisahkan oleh bukit. Sehingga dengan menaiki bukit-bukit di sekitar pantai traveler akan menemukan pantai lainnya. Pantai di sisi barat masih relatif sepi dari pada di pantai pasir putih sebagai spot utama. Traveler bisa mengikuti jalan aspal hingga ujung sebelum menemukan jalan rabat beton. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan pantai tersembunyi.

Pantai ini cukup aman dan nyaman untuk berenang, @ardhaniaji
Pantai ini cukup aman dan nyaman untuk berenang, @ardhaniaji

Pantai ini memiliki pasir yang putih dan bibir pantai yang cukup luas. Hanya saja di pojok sebelah timur terdapat karang besar yang menjadi penghalang ombak. Di bawah karang tersebut terdapat cerukan yang membentuk semacam kedung/kolam dengan ukuran kecil namun cukup lega jika digunakan untuk berenang 5-10 orang. Di kolam inilah kita bisa bermain-main air tanpa takut terseret ombak.

Snorkeling di Watu Karung, @ardhaniaji
Snorkeling di Watu Karung, @ardhaniaji

Kedalaman kolam ini sekitar leher orang dewasa sehingga cukup nyaman untuk snorkeling. Bagian bawahnya berupa pasir sedangkan di sekelilingnya terdapat banyak karang-karang. Kalau mau berenang ambil posisi di kolam dengan dasaran pasir, sedangkan kalau mau snorkeling melihat karang-karang, rumput laut dan ikan-ikan kecil berenanglah ke kawasan karang.

Yang perlu diperhatikan traveler saat berenang di tempat ini adalah kondisi pasang surut air laut. Meski cukup aman namun tempat ini menjadi sangat beresiko jika pasang besar terjadi. Arus air laut menjadi cukup kuat dan bisa menyeret tubuh ke tengah laut. Saat dirasa laut mulai pasang besar sebaiknya kalian hentikan bermain-main di sana.

Foto bawah air pun jadi kece, @ardhaniaji
Foto bawah air pun jadi kece, @ardhaniaji

Buat kamu yang penasaran, langsung saja rencanakan perjalananmu akhir pekan ini ke Watu Karung. Pantai ini bisa diakses dari pusat kota dengan kendaraan bermotor maupun mobil. Jaraknya sekitar 25 kilometer melewati jalur Pacitan-Solo hingga bertemu pertigaan mengarah ke desa Poko. Ikuti jalan tersebut, setelah itu akan banyak papan petunjuk yang mengarahkanmu ke Pantai Watu Karung. Jangan lupa untuk selalu hati-hati karena sekarang musim hujan. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

6 Pantai Dengan Landmark Paling Ikonik di Pacitan

9 Destinasi Wisata Populer di Dunia Ini Punya Tingkat Pembunuhan Tertinggi di Dunia!