in ,

Sop Kembang Waru, Kuliner Langka dan Hanya Ada di Jogja

Enak dan bikin badan hangat

sop kembang waru
sop kembang waru

Beberapa dari kalian mungkin jarang mendengar kuliner Sop Kembang Waru. Sop Kembang Waru merupakan kuliner jadul yang berasal dari Kota Gudeg. Meski sulit untuk menjumpai kuliner Jogja ini, namun masih bisa kok menemukannya. Simak yuk ulasan tentang makanan enak satu ini.

Baca juga : Mashita Mie Korea, Kuliner Kekinian yang Digemari Milenial Bojonegoro

Kuliner Langka Jogja

20190813_102525_01_v7z.jpeg
Kembang Waru (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Kuliner Jogja biasanya identik dengan gudeg, bakpia, atau sate klathak. Namun kamu harus tahu kalau Kembang Waru juga merupakan kuliner Jogja yang sudah ada sejak dahulu. Sop ini memang susah ditemukan karena biasanya hanya dihidangkan saat acara pernikahan saja.

20190813_100945_01_WUe.jpeg
Kuliner langka nan jadul (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Kehadiran sop ini semakin jarang ditemui karena didukung dengan adanya makanan ala cafe yang semakin berkembang. Bahkan sekarang sudah banyak anak muda yang tidak tahu apa itu Sop Kembang Waru.

Hanya Ada di Pasar Beringharjo

20190813_100509_01_3200x1804_QBF.jpeg
Lapak sederhana di tengah pasar (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Meski susah untuk ditemukan, namun kamu masih bisa menemukan kuliner ini di salah satu lapak Pasar Beringharjo yang bernama Berkah Mandiri. Para penjual pun mengakui kalau lapak ini merupakan satu-satunya yang menjual Sop Kembang Waru di Jogja.

Lokasi lapak ini berada di foodcourt lantai 2 sisi utara. Lapaknya pun terkesan sederhana karena tempatnya jauh dari kata mewah seperti di mall. Meski begitu tempatnya sangat nyaman untuk menikmati makanan khas Jogja ini. Jam bukanya mengikuti jam buka Pasar Beringharjo yakni pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Kembang Waru Sebagai Pemeran Utama

20190813_101005_01_3200x1800_Vkb.jpeg
Sop Kembang Waru (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Di sini kamu tak perlu menunggu lama karena sop sudah disajikan dan tinggal diracik saja dalam mangkok. Nantinya kamu akan menemukan aroma yang sedap saat sop ini sudah dihidangkan di meja.

Seporsinya terdiri dari aneka sayuran seperti wortel, kembang kol, kentang, daun loncang, kembang waru, dan kuah. Apalagi sop akan semakin nikmat jika ditaburi dengan bawang goreng.

20190813_102534_01_3200x1800_jxj.jpeg
Kembang waru sebelum disajikan (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Kembang waru memiliki bentuk menyerupai perpaduan rolade dan siomay. Dibentuk seperti bunga, isiannya berupa campuran daging dan tepung lalu dibungkus dengan telur dadar tipis seperti rolade. Beberapa orang pun menyebutnya sebagai siomay.

Dengan cara dikukus, kembang waru memiliki cita rasa yang unik dan menggoyang lidah. Rasanya yang gurih cocok dipadukan dengan kuah sop yang hangat.

Kuah Sop Kaya Rempah

20190813_101139_01_3200x1800_Jn4.jpeg
Nikmat disantap selagi panas (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Hal menarik yang membedakan sop ini dengan sop lainnya yaitu kuah. Kuah sop ini tidak berwarna bening melainkan agak berwarna cokelat keruh. Rasanya menyegarkan dengan cita rasa khas rempah. Sop Kembang Waru selalu disajikan panas sehingga saat menyantapnya badan juga menjadi hangat.

Jika ingin memperkaya rasa, kamu bisa menambahkan sambal, kecap, garam, dan lada. Jika ingin lebih kenyang bisa juga menyantap dengan nasi putih.

Harga Terjangkau

20190813_102709_01_3200x1800_EVM.jpeg
Banner lapak Berkah Mandiri (c) Annissa Saputri/Travelingyuk

Sop ini memiliki harga yang lumayan terjangkau. Cita rasa dan porsinya pun sebanding dengan harganya. Terlebih lagi kuliner ini termasuk langka dan sùsah dicari. Untuk bisa menikmati kelezatan sop ini, kamu cukup merogoh biaya sebesar Rp12 ribu per porsi. Namun itu belum termasuk nasi.

Itu dia ulasan menarik tentang Sop Kembang Waru yang enak dan hanya ada di Pasar Beringharjo. Jadi pastikan mampir ke sini ya saat keliling wisata Jogja. Selamat mencoba! Next

ramadan

Written by Annissa NCSaputri

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Sari-sari, Surganya Jajanan Pasar Terlengkap di Bandung

4 Wisata Alam Kabupaten Buol, Indahnya Enggak Ketulungan