in , ,

7 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Souq Waqif, Pasar Tradisional Super Lengkap di Qatar

Souq Waqif jadi salah satu tempat wisata yang populer di Qatar. Tempat ini unik dan terkesan classy berada di antara gedung modern di sekitarnya. Tak hanya suasananya yang menyenangkan, tempat wisata berupa pasar ini juga mengandung nilai budaya dan sejarah.

Baca juga : 10 Bandara Tersibuk di Dunia

Suasana di Qatar (c) Helga Christina/Travelingyuk

Saat duduk di daerah Souq Waqif, kamu bakal merasa seakan ditarik ke masa abad 14 di Timur Tengah. Dengan unta berkeliaran, penuh pedagang, dan hanya ada padang pasir. Belum ada jalan beraspal dan gedung modern. Suasana inilah yang membuat banyak pengunjung merasa rindu akan pasar tradisional satu ini.

Souq Waqif berada di pusat kota Doha, ibu kota Qatar. Kamu tidak perlu takut tersesat di sini, karena hampir semua orang yang ada di Doha pasti tahu yang Souq Waqif. Lalu, apa aja sih aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini? Banyak sekali tentunya, yuk simak selengkapnya!

1. Nongkrong

Nongkrong santai atau berfoto ria di Souq Waqif (c) Helga Christina/Travelingyuk

Sekedar nongkrong di Souq Waqif saja sudah menyenangkan, bisa bersama teman atau sendiri pun tetap asyik. Kamu bisa melihat pemandangan dan euforia di sekitar sini. Kamu bisa duduk santai tanpa mengeluarkan uang sepeser pun di sini. Atau bisa menghilangkan dahaga sekaligus menghangatkan tubuh dengan membeli teh karak seharga 3 riyal.

2. Belanja

Banyak orang yang suka berbelanja, apalagi saat mendatangi suatu daerah yang bukan tempat asal mereka. Kamu bisa berbelanja apa saja di Souq Waqif, mulai harta karun kecil seperti barang-barang dari kulit, lampu-lampu antik, kerajinan tangan unik, perhiasan mutiara, perak, bahkan emas, juga aksesoris khas Timur Tengah.

Belanja barang antik dan oleh-oleh (c) Michele-Helga Christina/Travelingyuk

Ada pula foto-foto lama Qatar yang dilukis di kanvas. Buat kamu yang suka barang-barang antik dan etnik, di sinilah tempatnya. Kamu bisa membuat kalung yang bertuliskan namamu atau orang lain dalam kaligrafi arab. Bisa pesan dari bahan emas atau perak. Sangat cantik dan bisa dijadikan oleh-oleh unik.

Tempat belanja beragam barang via @misoo_87

Bahan baju pun juga dijual di Souq Waqif. Barang-barang yang dijual ada yang memiliki harga terjangkau, bahkan bisa menawar. Untuk kamu yang mencari oleh-oleh berupa makanan, bisa membeli kacang-kacangan, cokelat, permen, manisan, kurma, sampai sirup kurma.

3. Kulineran

Banyak pilihan tempat kuliner di Souq Waqif (c) (c) Michele-Helga Christina/Travelingyuk

Keliling pasar tradisional, kurang afdal kalau tidak kulineran. Kamu bisa mencoba berbagai menu makanan khas penduduk lokal. Seperti bubur hariz, sangat lezat dan murah. Porsinya bisa untuk 2 orang. Bukan hanya makanan khas Qatar, ada juga makanan Lebanon, Persia, Turki, India, hingga Malaysia. Kamu tinggal keliling dan melihat-lihat makanan apa yang ingin kamu coba. Tempat untuk makannya juga nyaman dan bersih. Walaupun padat pengunjung, tapi tetap selalu bersih.

4.  Pasar burung alias PET

Pasar burung (c) Michele-Helga Christina/Travelingyuk

Buat kamu yang suka dengan hewan, bisa melihat aneka satwa yang ada di sini. Banyak binatang yang dijual, terutama burung yang beraneka ragamnya. Kamu bisa sekedar melihat-lihat, sampai membeli dan membawanya pulang.

5.  Kandang kuda

Kandang kuda via @cousins_diary_life

Kuda menjadi salah satu hewan yang memainkan peran penting di dalam kehidupan sehari-hari di Qatar. Biasanya, bakal ada polisi yang berkuda dan mengelilingi Souq Waqif. Ini menjadi pertunjukan menarik bagi orang-orang yang ada di sana, tak jarang pula yang berfoto bersama dengan polisi yang tengah berkuda ini. Kamu juga bisa mengunjungi kandang kuda dengan gratis lho!

6.   Hotel

Keadaan Souq Waqif via @benznaps

Meski Doha dikenal sebagai rumah bagi hotel-hotel kelas dunia, Souq Waqif juga menyimpan hotel-hotel eksklusif yang tersebar di sini. Menggabungkan keanggunan, kesan berkelas, dan kenyamanan. Hotel-hotel seperti Arumaila, Al Jasra,Musheireb, Najd, Al Mirqab, Al Bidda, Al Najada, dan Al Jomrok berukuran kecil dan intim sambil mempertahankan standar mewah di Doha.

7.  Seni lokal

Tempat belanja banyak barang unik (c) Michele-Helga Christina/Travelingyuk

Lebih dari sekadar tempat untuk berbelanja dan kulineran, Souq Waqif juga menjadi tuan rumah sejumlah galeri seni dan ruang pameran. Kamu bisa menikmati seni lokal yang berada di sini.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat berada di Souq Waqif. Akan lebih menyenangkan berkunjung saat musim dingin agar bisa jalan-jalan tanpa merasa kepanasan. Bulan Desember hingga Maret bisa menjadi bulan yang cocok untuk berkunjung ke Qatar, khususnya Souq Waqif. Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Kenapa Orang Korea Harus Makan Tahu Setelah Keluar Penjara?

4 Ruang Terbuka Hijau di Blitar yang Cocok Buat Santai Bareng Keluarga