in , , , ,

Spot Keren Perpustakaan Jakarta TIM Cikini, Liburan Tetap Produktif!

Desain interior yang memukau di Perpustakaan Jakarta TIM Cikini
Desain interior yang memukau di Perpustakaan Jakarta TIM Cikini

Kali ini Jakarta memiliki spot unik dan keren untuk mengisi waktu liburanmu, Yaitu Perpustakaan Jakarta TIM yang berlokasi di Cikini. Liburan dengan nuansa alam pastinya dipengaruhi oleh cuaca, bila cuaca sedang tidak baik-baik saja, cobalah untuk habiskan waktu liburan mu di Perpustakaan keren ini. Selain menambah wawasan, pastinya liburan terasa lebih produktif dong!

Baca juga : Makan Nasi Padang Cara Modern? Cuma Ada di Aroma Padang

Desain interior yang memukau di Perpustakaan Jakarta TIM Cikini
Desain interior yang memukau di Perpustakaan Jakarta TIM Cikini. Foto via detik.com

Koleksi buku di Perpustakaan ini sangat beragam, dari ratusan ribu koleksi hingga arsip sangat pas untuk memenuhi kebutuhan para pelajar, pekerja atau hanya sekedar mencari wawasan dan bacaan. Perpustakaan TIM Cikini ini berlokasi di Taman Ismail Marzuki Jakarta pusat yang dibuka untuk umum sejak 8 Juli 2022. Karena sangat terbatas, pastinya kamu harus reservasi terlebih dahulu karena setiap harinya tersedia kuota yang terbatas.

Berbagai jenis tempat baca yang unik dan instagramabel
Berbagai jenis tempat baca yang unik dan instagramabel. Foto via liputan6.com

Karena tergolong perpustakaan baru, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu informasi agar menjadi keanggotaan melalui online sehingga tidak terasa sulit ketika ingin segera berkunjung ke perpustakaan tersebut.

Berikut Daftar Menjadi Anggota Perpustakaan Jakarta TIM Cikini

Nah, sebelum menikmati beragam jenis koleksi buku, ada baiknya kamu mendaftarkan diri menjadi anggota atau member. Pastinya kamu harus menyiapkan kartu identitas diri, seperti KTP untuk warga DKI Jakarta. Bagi kamu warga luar Jakarta wajib memiliki KITAS, atau surat keterangan domisili, surat keterangan bersekolah di Jakarta.

Ragam koleksi dan rak buku tertata dengan cantik
Ragam koleksi dan rak buku tertata dengan cantik. Foto via manualjakarta.com

Bila kartu data diri sudah terpenuhi, kamu dapat mengunjungi halaman perpustakaan.jakarta.go.id. Ikuti petunjuk sesuai laman yang tersedia dan isi berdasarkan data diri yang benar. Setelah itu coba cek di aplikasi Jaklitera yang dapat kamu unduh di Playstore.

Begini Ketika Berkunjung Ke Perpustakaan Jakarta TIM Cikini

Bila kamu sudah terdaftar menjadi keanggotaan perpustakaan, cobalah untuk reservasi terlebih dahulu yang tersedia di aplikasi Jaklitera. Silahkan isi jadwal kunjungan hingga kamu mendapatkan kode QR yang dipergunakan untuk check-in.

Jam Operasional Perpustakaan Jakarta TIM Cikini

Nah, jam operasional harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Perpustakaan Jakarta TIM Cikini. Rasanya tidak mungkin jika berkunjung ke perpustakaan hanya satu jam saja. Terlebih kuota pengunjung yang dibatasi hanya 300 orang saja per hari, jadi cobalah menentukan jadwal kunjungan yang dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Bangunan perpustakaan terlihat dari luar kawasan Taman Ismail Marzuki Jakarta
Bangunan perpustakaan terlihat dari luar kawasan Taman Ismail Marzuki Jakarta. Foto via manualjakarta.com

Nah, untuk liburan akhir tahun memiliki jam operasional yang berubah setiap waktu, kamu bisa mencari informasi yang akurat di berbagai akun resmi dari Perpustakaan Jakarta TIM Cikini.

Berbagai Koleksi dan Fasilitas Keren di Perpustakaan Jakarta TIM Cikini

Bagungan yang diresmikan beberapa bulan lalu ini terlihat sangat indah. konsep yang diusung berpadu klasik industrial dimana mendominasi warna kayu sehingga beton akan terlihat lebih hangat. Perpustakaan ini memiliki tiga lantai yang dirancang dari arsitek ternama Andra Matin. Didalamnya terdapat lebih dari 100.000 buku dari berbagai genre dan arsip keren.

Interior keren dengan nuansa warka coklat pohon menjadi kesan yang hangat
Interior keren dengan nuansa warka coklat pohon menjadi kesan yang hangat. Foto via cxomedia.com

Kamu akan menemukan berbagai buku sastra, budaya, seni, fiksi, sejarah, agama, ekonomi, humor, arsitektur, kedokteran, kuliner, pelajaran sekolah, biografi, komik, dan berbagai koleksi anak-anak. Selain itu fasilitas yang disuguhkan sangat mewah, kamu dapat menggunakan ruang baca terbuka, ruang baca pribadi, ruang diskusi, ruang siaran, dan tersedia ruang bermain untuk anak-anak yang tetap dilengkapi sarana edukasi yang modern.

Rak buku dengan pencahayaan yang klasik dan menenangkan
Rak buku dengan pencahayaan yang klasik dan menenangkan. Foto via parapuan.com

Koleksi keren lainnya di Perpustakaan TIM Cikini ini adalah ruang inklusif untuk pengunjung tunanetra yang ingin mengoleksi huruf braile. Selain itu tersedia buku harian, kliping majalah, dan berbagai karya sastra kritikus sastra Indonesia. Ada juga puisi tulisan tangan Chairil Anwar, juga tersedia berbagai salinan buku dari aslinya yang dirilis sejak tahun 1800-an. Next

ramadan
Keindahan alam kepulauan Seribu dengan nuansa tropis yang memukau

Liburan Seru Bernuansa Alam di Jakarta, Ini Daftarnya!

Kucing emas langka ditemukan di Solok

Hewan Langka Kucing Emas Ditemukan di Solok, Sayang Akhirnya Harus Mati