in

Melihat Ikan dan Karang Cantik di Spot Snorkeling Belitung

Snorkeling Belitung [image source]

Wisata Belitung kini mulai menunjukkan tajinya, populer sebagai destinasi dengan segala keindahan yang memanjakan mata serta memperkaya jiwa. Jangan ragu untuk datang ke sana, kamu akan disuguhi dengan pesona alam layaknya sebuah serpihan surga di pinggiran Nusantara. Sebagai daerah yang masuk dalam wilayah provinsi kepulauan, sektor bahari dan kehidupan bawah laut menjadi daya tarik utama yang diandalkan oleh Belitung untuk memuaskan hasrat para petualang pemburu keindahan.

Baca juga : Berburu Cinnamon Roll Khas Garut di Syakira Backery

Bukan hanya melihat, kamu juga bisa merasakannya langsung. Cobalah untuk snorkeling cantik di beberapa spot berikut ini. Mulai dari ikan-ikan berbagai ukuran hingga terumbu karang segala warna akan menyambutmu dan menyumbang kebahagiaan. Di mana saja lokasinya? Simak ulasan di bawah ini untuk informasi yang lebih lengkap.

1. Pulau Kepayang

Snorkeling Belitung [image source]
Belitung memiliki banyak wisata pantai yang tersebar di pulau-pulau kecil tak berpenghuni. Meski tidak terlalu luas, namun jarak dari satu pulau ke pulau lainnya yang cukup dekat membuat kegiatan island hopping jadi seru dilakukan. Sambil mengarungi lautan kamu bisa mampir di spot snorkeling seperti yang ada di dekat Pulau Kepayang. Hanya beberapa ratus meter dari tepian pantai kamu akan melihat ikan-ikan kecil yang Berenang melintasi karang-karang. Perlu kamu ketahui bahwa ombak di tempat ini terbilang tenang, jadi memang cocok untuk berenang atau diving sekalipun.

Snorkeling Belitung [image source]
Tempat yang dekat dengan Pulau Lengkuas ini terbagi menjadi Kepayang Besar dan Kepayang Kecil dengan lautan sebagai pemisah. Batu granit yang besar juga akan kamu temukan di tepiannya, menambah sisi menarik dari Pulau Kepayang. Jangan remehkan fasilitasnya, karena ternyata terdapat wahana outbond, tempat makan, hingga spot untuk beristirahat sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Lokasi : Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

2. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas image source]

Satu hal yang nggak boleh kamu lewatkan jika datang ke Belitung, apalagi untuk yang kali pertama adalah mengunjungi Pulau Lengkuas. Ketenarannya menyaingi lokasi keren seperti Tanjung Tinggi yang sempat dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Untuk sampai di tempat ini kamu bisa berangkat dari pelabuhan di Pulau Belitung, melintasi lautan yang airnya jernih dengan menyewa perahu milik nelayan setempat. Bisa juga dengan bergabung bersama penyedia layanan tour ke Belitung, kamu sudah tinggal berangkat saja, bahkan disediakan juga peralatan untuk snorkeling.

Pulau Lengkuas [image source]
Perairan di sekitar Pulau Lengkuas menyimpan biota laut beragam jenis. Bisanya spot paling bagus ada di sisi kanan pulau tersebut. Untuk memancing ikan datang, kamu bisa memberi potongan roti dari atas kapal. Puas snorkeling, kamu bisa melihat mercusuar kuno yang dulunya dibangun oleh Belanda. Para pengunjung diperbolehkan untuk naik ke atas, jadi kamu bisa melihat penampakan Belitung dari ketinggian, menarik sekali bukan?

Lokasi : Sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

3. Pulau Burung

Pulau Burung [image source]
Jika dilihat di peta, Pulau Burung berada di sisi utara Belitung. Bisa ditempuh dari desa nelayan Tanjung Binga. Jika dihubungkan dengan namanya, palu ini memang tak jauh-jauh dari burung. Lebih tepatnya karam ada tumpukan batu granit berukuran besar yang menyerupai burung sedang mengerami telur. Ada juga sebagian masyarakat yang memberi nama Pulau Garuda.

Pulau Burung [image source]
Wisata pantai di sini bisa dibilang sangat juara, namun pesona baharinya juga tidak kalah. Nelayan setempat pasti tahu betul di mana spot-spot terbaik untuk mengintip para ikan dan golongannya. Puas-puaskan aktivitas snorkelingmu hingga menjelang senja. Kamu bisa sekalian melihat sunset cantik dari tempat ini.

Lokasi : Lepas Pantai Tanjung Binga,Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

4. Tanjung Tinggi

Spot Snorkeling Belitung [image source]
Pantai Tanjung Tinggi sudah seperti ikon wisata yang jadi andalan di Belitung. Di tempat inilah batu-batu granit besar menjadi pemisah antara pantai dan daratan. Air laut yang jernih menggenang terombang-ambing di sela-selanya. Jika disaksikan dari jauh, membentuk sebuah gradasi warna yang elok.

Spot Snorkeling Belitung [image source]
Luas pantai ini sekitar 80 hektar dan hampir di semua lokasinya menyuguhkan pemandangan yang menawan. Baik daratan dengan pohon-pohon hijau atau lautan yang menyimpan hewan-hewan serta terumbu karang. Aktivitas snorkeling diperbolehkan, namun ada satu hal yang perlu kamu waspadai yaitu serangan ubur-ubur.

Lokasi : Keciput, Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

5. Pulau Batu Berlayar

Batu Berlayar [image source]
Jika Pulau Burung mendapat julukan berdasarkan batu granit yang bentuknya seperti memiliki paruh dan kepala burung, begitu juga dengan Pulau Batu Berlayar. Ada deretan batu granit besar yang menyerupai layar perahu. Spot di depan batu ini serum dijadikan sebagai lokasi foto dengan pemandangan instagram-able.

Spot snorkeling Belitung [image source]
Sepertinya segala sesuatu tentang pulau ini keren-keren, bahkan dengan duduk saja menikmati ombak dan angin laut kamu sudah bisa bahagia. Apalagi dengan menyelami lautan dengan memanfaatkan peralatan snorkeling atau diving. Buktikan dengan mata kepalamu sindiri bahwa lautan Belitung memang juara.

Lokasi : Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung

Itulah beberapa spot snorkeling yang menambak keeksotisan wisata Belitung. Jadi semakin yakin untuk segera liburan ke sana bukan? Kenapa tidak liburan mendatang saja? Next

ramadan

10 Angkringan di Jogja yang Enaknya Ngangenin

Kamu Bisa Berenang Bareng Ubur-Ubur Hingga Hiu di 9 Lokasi Ini