in , ,

Wisata ke Stadion San Siro, Sisi Lain Keindahan Milan

Melongok Budaya Sepakbola Italia di Stadion San Siro

Stadion San Siro Milan
Stadion San Siro Milan

Bagi para penggemar sepakbola, Milan memiliki sisi keindahan lain. Selain bangunan kuno bersejarah dan pusat mode, berkunjung ke tempat yang berhubungan dengan olahraga si kulit bundar tentu jadi keharusan. Tempat yang dimaksud tak lain adalah Stadion San Siro.

Baca juga : Oko Oko Japanese Restaurant, Rasa Otentik Negeri Sakura di Pulau Dewata

San Siro sendiri adalah markas dari dua klub sepakbola besar Italia, AC Milan dan Inter Milan. Selain digunakan untuk memainkan berbagai pertandingan seru, stadion terbesar ke-10 ini juga dijadikan sebagai destinasi wisata. Yuk, simak pengalaman saya kala mampir ke sana beberapa saat lalu.

Berangkat Menuju Stadion

Bagian dalam stadion (c) Helga Christina/Travelingyuk

Stadion San Siro berada sekitar 6 km dari pusat kota Milan. Teman Traveler bisa menggunakan berbagai macam transportasi untuk bisa sampai ke sini. Kala itu kami menumpang kereta alias metro line.

Teman Traveler tinggal ambil jalur M5 lalu berhenti di San Siro Stadio. Bisa juga menggunakan metro line M1 dan berhenti di Piazzale Lotto. Dari sana kalian tinggal berjalan kaki sebentar untuk sampai di sekitar kompleks stadion.

Mural di jalan menuju stadion (c) Helga Christina/Travelingyuk

Jika ingin naik bus, Teman Traveler bisa menggunakan bus nomor 49, 78, 64, 80, dan 98. Sementara untuk trem kalian bisa ambil line 16. Tinggal pilih mana moda transportasi yang menurut kalian paling efisien.

Sepanjang jalan ke arah San Siro, Teman Traveler akan menemukan deretan dinding berhiaskan mural. Desainnya beragam dan unik, namun kebanyakan bertema sepakbola. Kalian juga akan menemukan deretan lapak pedagang menawarkan pernak-pernik klub sepakbola.

Mengunjungi Kompleks Stadion

Gerbang masuk menuju area dalam stadion (c) Helga Christina/Travelingyuk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, stadion ini merupakan kandang bagi klub AC Milan dan Inter Milan. Beberapa event penting berskala Internasional juga kerap diadakan di sini. Namun seiring perkembangan pariwisata di Milan, arena olahraga yang juga merupakan simbol kota ini dibuka untuk wisatawan.

Teman Traveler bisa berjalan-jalan di San Siro Museum dan mengikuti paket tur. Dengan mengikuti paket tersebut, kalian akan mendapat akses ke tempat yang tidak bisa dimasuki sembarangan. Mulai dari ruang ganti hingga lorong menuju lapangan yang biasa dilalui para pemain.

Panorama di dalam stadion (c) Helga Christina/Travelingyuk

Kunjungan ke museum dan pendaftaran paket tur dibuka setiap hari, mulai jam 09.30 hingga jam 18.00. Kadang jadwalnya bisa berubah, tergantung jam dimulainya pertandingan pada hari itu. Sementara untuk tiket masuknya dihargai 15 euro untuk dewasa dan bisa dibeli di Gate 8.

Sejarah Sepakbola di San Siro Museum

Tulisan tanda masuk di Museum San Siro (c) Helga Christina/Travelingyuk

San Siro Museum ini adalah museum pertama di Italia yang berada di dalam kompleks stadion. Teman Traveler bisa belajar banyak mengenai sejarah klub Inter Milan dan AC Milan.

Jersey dan memorabilia sepakbola (c) Helga Christina/Travelingyuk

Beragam koleksi memorabilia dipajang rapi di sini. Mulai dari jersey bersejarah, piala penghargaan, hingga deretan sepatu yang pernah digunakan para bintang sepakbola legendaris. Bagi para penggemar sepakbola, mengunjungi tempat ini tentu bakal memberikan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri.

Deretan koleksi piala (c) Helga Christina/Travelingyuk

Toko Cenderamata Resmi

Jersey yang pernah dikenakan pemain (c) Helga Christina/Travelingyuk

Setelah beres mengunjungi museum, yang tidak boleh dilewatkan bagi para penggemar sepakbola tentu saja adalah mampir ke toko cenderamata resmi. Di sini Teman Traveler bisa menemukan jersey dan berbagai asesoris resmi klub AC Milan dan Inter Milan. Bisa kalian beli untuk menambah koleksi maupun sebagai oleh-oleh sanak famili di rumah.

Toko cenderamata resmi di kompleks San Siro (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bagaimana, menarik bukan wisata ke Stadion San Siro? Sepakbola sendiri sudah menjadi budaya bagi warga Italia, termasuk Milan. Oleh karena itu, tak ada salahnya Teman Traveler berkunjung ke sini jika suatu saat berkesempatan mampir ke Kota Mode. Apalagi jika kalian adalah penggemar sepakbola, wajib hukumnya! Next

ramadan

Written by Helga Christina

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Sigiriya Sri Lanka Berbentuk Singa

Berkunjung ke Sigiriya Sri Lanka, Bekas Kompleks Istana dan Biara Kuno yang Berbentuk Singa

Lumpia Sami Jaya

Lumpia Sami Jaya di Jogja, Street Food Legendaris Tapi Antreannya Seakan Tak Habis-habis