in

Ini Alasan Kenapa Harus Mencoba Steak Kobe saat datang ke Jepang

Kenikmatan daging steak Kobe yang terjamin sertifikat

Bagi pecinta makanan khususnya daging, wajib mencoba Steak Kobe saat datang ke Kobe Jepang. Namun jarang orang mau menyicip makanan ini karena harganya yang sangat tinggi, bahkan ada yang menjual Premium Kobe Beef sampai 60.000 yen. Inilah Alasan kenapa harus mencoba steak ini saat ke Kobe Jepang. Yuk simak perjalanan kuliner berikut.

Baca juga : Belanja Oleh-oleh Murah di Kuala Lumpur? Petaling Street Aja

1. Rasanya yang bikin speechless!

20181004_113230_hdr_ukI.jpg
Salah satu menu di Kobe Tanryu Sannomiya (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Kualitas memang tidak pernah bohong. Buat yang pernah mencicipi
daging ini, banyak yang memuji kelezatannya, seperti naik ke surga. Dagingnya sendiri tanpa saus sangatlah empuk dan buttery.

Dijamin aroma dan rasa gurih manisnya bisa tidak terlupakan dalam waktu lama. Pertama kali digigit, kamu langsung bisa merasakan juice daging yang menyebar dan tektur empuk sangat nikmat. Kamu juga bisa senyum dan memejamkan mata untuk menikmati momen tersebut.

2. Tidak Sembarang, Perlu Sertifikat Khusus & Syarat Ketat

20181004_111505_hdr_IHi.jpg
Daging steak bersertifikat (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Untuk disebut daging sapi Kobe bukanlah hal yang mudah. Daging berkualitas tinggi dan dikenal sebagai daging kelas atas Jepang harus mendapat sertifikat khusus dari Asosiasi Distribusi dan Pemasaran Daging Sapi Kobe.

Sertifikat bisa didapatkan kalau daging berasal dari peternakan Prefektuk Hyugo yang juga sudah disertifikasi. Tak hanya itu, daging juga harus dijaga kemurniannya selama tiga generasi turun temurun. Untuk rasio daging dan tulang juga diperhatikan.

Daging mendapat grade A kalau rasio daging & tulang 72% dan grade B kalau rasionya 69%. Beberapa restoran Kobe Beef juga menyediakan daging grade A5. Maka tak heran, daging ini dikenakan biaya yang sangat tinggi.

3. Diolah Oleh Chef Ahli

Salah satu chef sedang menyiapkan hidangan (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Perlu chef ahli untuk mengolah daging ini, paham bagaimana
menyimpan dan mengolah daging steak Kobe. Chef juga perlu mengerti teknik memotong dengan ketebalan yang tepat dan teknik membumbui agar rasa kemurnian daging tetap dapat dirasakan, tidak kalah dengan bumbu.

Sebelum makan daging, para chef juga akan menanyakan bagaimana tingkat kematangan daging yang disukai. Untuk masing-masing tingkatpun diperlukan waktu memanggang berbeda-beda. Tidak sabar mencoba?

4. Disajikan di Depan Mata & Intimate

Teppanyaki di Kobe Tanryu Sannomiya (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Meski di kota Kobe, menjamur restoran yang menjual beef. Tetapi
tidak semua restoran memiiki sertifikat resmi. Beberapa restoran resmi yang diakui kebanyakan berlokasi terpencil dan berukuran tidak besar.

Misalkan seperti Kobe Tanryu Sannomiya. Restoran ini hanya memiliki 8 bangku saja. Mereka langsung dilayani oleh chefnya. Setelah memilih menu, chef langsung menyajikannya di depan pengunjung dengan menggunakan teppanyaki atau pemanggang berpelat besi.

Tak hanya itu, terlebih dahulu kita diperlihatkan daging kobe yang segar sebelum diolah. Serunya bisa melihat keahlian chef langsung saat memasak steak Kobe!

5. Dari Sup Sampai Saus di Set Menu, Semua dari Kobe Beef

Salah satu menu salad (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Biasanya daging kobe disajikan dalam set menu yang berisi salad, nasi bahkan sampai menu seafood lainnya seperti abalone, oyster dll. Spesialnya, kita bisa makan menu lain yang juga terbuat dari daging Kobe.

Seperti halnya di Kobe Tanryu Sannomiya, kita bisa makan miso soup yang terdiri dari otot sapi daging dan sayuran sesuai musim. Tak hanya itu ada saus yang terbuat dari daging juga. Pendamping steak lain adalah bawang putih, garam himalaya dan wasabi.

6. Ada pilihan ekonomis

Kobe Tanryu Sannomiya (c) Amadea Novie/Travelingyuk

Banyak cara untuk mencoba daging kobe, misalkan restoran Kobe Tanryu Sannomiya ini, ia menawarkan harga ekonomis untuk set menu daging kobe. Kisaran harga 800 yen untuk lunch set menu dengan gratis nasi, salad dan ocha.

Ada juga restoran lain yang menyajikan daging kobe berbentuk sushi atau dengan porsi kecil misalkan 80 gram, 120, 180 dan 300 gram. Kalau mau mencoba saja bisa ambil porsi kecil. Jadi bisa lebih murah. Di luar restoran, kamu bisa mencoba burger dan kroket yang berisi olahan daging Kobe. Kamu bisa dapatkan di area China Town, Kobe.

Demikian beberapa alasan wajib Mencoba steak kobe, pengalaman sekali seumur hidup. Kalau sudah berencana ke Jepang, jangan lupa mampir ke Restoran Kobe Beef ya! Next

ramadan

5 Perasaan Negatif Yang Kerap Muncul Saat Traveling, Pernahkah Kamu Alami?

Traveling Bawa Kendaraan Sendiri? Ini Tips Parkir yang Aman