in ,

Street Food Terlezat dari Seluruh Dunia Berkumpul, Mana Pilihan Anda?

fi
fi

Beberapa tahun terakhir, terjadi perubahan tren yang cukup signifikan dalam dunia kuliner. Kalau sebelumnya makanan ala restoran cepat saji jadi primadona, kini justru aneka street food murah meriah yang jadi pujaan.

Baca juga : Top 5 Restoran dan Bar “Tenggelam” di Bawah Samudera

Di Indonesia sendiri, sudah menjamur berbagai street food lezat dari berbagai belahan dunia. Nah, berikut ini daftar street food terlezat yang harus Anda coba minimal sekali sumur hidup!

1. Gordita, Meksiko

Gordita, Meksiko [image source]
Gordita, Meksiko [image source]
Gordita merupakan adonan tepung jagung yang dipipihkan dan dibentuk menyerupai kantong, kemudian digoreng hingga mengembang. Bagian tengah adonan yang kosong diisi dengan daging babi giling, chorizo, keju, serta potongan cabai. Terakhir, ditambahkan irisan lettuce dan siraman saus pedas yang menggoyang lidah.

2. Gelato, Italia

Gelato, Italia [image source]
Gelato, Italia [image source]
Pecinta hidangan manis tentu tak bisa menolak legitnya menu dessert asal Italia ini. Gelato merupakan egg custard beku yang diberi tambahan berbagai rasa, seperti cokelat, keju, hingga aneka buah. Gelato tradisional dari Italia dibuat dari campuran susu, telur, dan tepung jagung sehingga cukup rendah lemak.

3. Poutine, Kanada

Poutine, Kanada [image source]
Poutine, Kanada [image source]
Poutine adalah keripik kentang yang disiram kuah daging dan saus keju kental. Selain kuah daging, ada juga Poutine dengan kuah ayam maupun kuah ala vegetarian yang terbuat dari berbagai campuran sayur. Street food satu ini dicintai karena rasanya yang gurih dan bikin ketagihan.

4. Martabak, Malaysia dan Indonesia

Martabak, Malaysia dan Indonesia [image source]
Martabak, Malaysia dan Indonesia [image source]
Meski memiliki nama sama, martabak ala Malaysia berbeda dengan martabak yang biasa dijumpai di Indonesia. Di Malaysia, martabak dibuat lebih tipis dan renyah yang disantap dengan saus kari. Sementara martabak ala Indonesia lebih tebal dan dilengkapi dengan irisan daun bawang. Ada juga martabak manis yang adonannya mirip pancake dan diisi berbagai bahan legit seperti cokelat, keju, atau kacang.

5. Currywurst, Jerman

Currywurst, Jerman [image source]
Currywurst, Jerman [image source]
Jerman terkenal dengan aneka jenis sosis yang disebut dengan bratwurst. Tak heran jika street food khas negara ini juga terbuat dari sosis, yaitu currywurst. Seperti namanya, kudapan ini terbuat dari potongan sosis yang disiram saus kari tomat.

6. Takoyaki, Jepang

Takoyaki, Jepang [image source]
Takoyaki, Jepang [image source]
Camilan gurih khas Negeri Sakura ini terbuat dari adonan tepung yang diberi potongan gurita, kemudian dicetak dalam pan berbentuk bulat sebesar bola ping-pong. Setelah matang, takoyaki disiram dengan saus dan mayones, kemudian ditaburi bubuk rumput laut serta katsuobushi (bonito flakes).

7. Chivito al Pan, Uruguay

Chivito al Pan, Uruguay [image source]
Chivito al Pan, Uruguay [image source]
Uruguay ternyata punya sandwich khas yang terbuat dari roti panggang diolesi mayones, diisi dengan grilled steak, ham, bacon, telur, dan keju mozzarella. Beberapa iris lettuce dan tomat juga ditambahkan untuk memperkaya rasa. Di beberapa daerah, ada juga sandwich yang dilengkapi dengan acar, buah zaitun, dan jamur.

8. Kelelewe, Ghana               

Kelelewe, Ghana [image source]
Kelelewe, Ghana [image source]
Kalau Eropa dan Amerika akrab dengan French fries, negara di Amerika ini punya hidangan serupa yang terbuat dari plantain (tumbuhan menyerupai pisang tapi lebih keras dan memiliki rasa gurih). Plantain diiris memanjang kemudian dilapisi dengan garam lalu digoreng hingga renyah. Camilan ini biasanya disantap dengan bubuk cabai yang membuat rasanya makin istimewa.

9. YangrouChuan, Cina

YangrouChuan, Cina [image source]
YangrouChuan, Cina [image source]
Kudapan yang terbuat dari daging dengan bumbu jintan ini dijual hanya 1 Yuan per porsinya. Dibentuk menyerupai sate, yangrochuan dipanggang dengan olesan bumbu khusus yang menjadikannya cocok dijadikan kudapan sore hari sambil menikmati pemandangan Negeri Panda.

10. Pastel de Belém, Portugal

Pastel de Belém, Portugal [image source]
Pastel de Belém, Portugal [image source]
Pastel de Belém adalah tart mini dengan isian custard yang ditaburi bubuk kayu manis. Hidangan khas Portugal ini bisa ditemukan di toko bernama Antigua Confeitaria de Belém yang terletak di Lisbon.Dalam sehari, toko ini berhasil menjual hingga 19 ribu tart mini.

Bakal gagal diet ya, kalau street food di negara tujuan selezat ini! Selamat mencoba. Next

ramadan

5 Negara Selain Mesir yang Punya Piramida Super Bagus

Curug Penisihan, Air Terjun Dengan View Paling Ciamik di Kota Seribu Curug, Purbalingga