in , ,

Sungai Mudal, Pesona Wisata Air Kulon Progo yang Indahnya Bikin Melongo

Main Air Seru di Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Wisata alam selalu jadi primadona bagi hampir semua traveler Nusantara. Mulai dari air terjun, danau, hingga pantai. Namun bagaimana dengan sungai? Jangan anggap remeh dulu Teman Traveler, Jogja punya Sungai Mudal yang eksotis.

Baca juga : Masakan Khas Kebumen, Sekali Coba Langsung Ketagihan

Destinasi yang terletak di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo ini simpan banyak pesona menarik. Teman Traveler yang hobi menjelajah alam pasti bakal senang jalan-jalan di wisata Jogja satu ini. Yuk, simak ulasan selengkapnya.

Wisata Alam dengan Harga Terjangkau

Tangga sepanjang terasiring sungai (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Teman Traveler bisa mengendarai kendaraan pribadi atau travel untuk menuju Sungai Mudal. Sedikit catatan jika ingin berkunjung menumpang bus, carilah supir yang mahir karena kalian bakal melewati jalan dengan tanjakan dan turunan. Dalam perjalanan sekitar 60 menit dari pusat
kota Jogja, kalian sudah bisa menyapa indahnya tempat ini.

Destinasi Sungai Mudal buka tiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Harga tiketnya cukup terjangkau, sekitar Rp6.000 per orang. Sementara untuk biaya parkirnya masing-masing Rp2.000 dan Rp.5000, untuk motor dan mobil.

Dimanja Pemandangan Alami

Salah satu air terjun (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Pemandangan alami pepohonan dan gemericik air kerap jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Begitu pula dengan destinasi Sungai Mudal, yang punya panorama alami memanjakan.

Kawasan ini juga sediakan beberapa fasilitas penunjang seperti mushola, parkiran, kamar mandi, dan gazebo memadai. Bagi yang ingin sekedar buang air atau bersih diri, kamar mandi bisa digunakan tanpa biaya tambahan.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah kehadiran petugas jaga di tiap sisi kolam. Jika ada keluhan dari pengunjung, mereka akan dengan cepat melakukan penanganan. Teman Traveler juga bisa meminta bantuan mereka untuk mencari spot foto atau bahkan memotret

Asyiknya Bermain Arus Sungai

Arus sungai unik dan bersih (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Taman Sungai Mudal memiliki sungai dengan aliran syahdu, tidak terlalu deras dan aman. Hal ini dimanfaatkan pengelola untuk membuat kolam
berjajar ke atas, semacam terasiring. Tiap kolam berisi air jernih warna hijau tosca, bisa digunakan untuk berenang atau sekedar mandi.

Pengelola wisata sungai ini juga sediakan persewaan pelampung dan ban guna menunjang aktivitas pengunjung. Harga sewanya hanya Rp5.000, untuk penggunaan sepuasnya. Jika Teman Traveler tak bisa berenang, penting sekali menyewa alat ini. Apalagi untuk anak-anak.

Deretan tangga dari kayu warna cokelat menghiasi hampir seluruh area sungai. Sangat cocok diabadikan dalam bidikan lensa kamera. Di area tengah terdapat terdapat sebuah terjun mini dengan arus deras. Kawasan ini kerap jadi spot foto favorit para pengunjung.

Asyiknya Flying Fox dan Flying Bicycle

Berfoto di dekat jembatan (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Area taman di sekeliling sungai disulap pengelola sebagai wahana bermain. Terdapat bentang tali flying fox, wahana yang kerap jadi daya tarik bagi para pecandu wisata memacu adrenalin. Jika hanya sekedar senang berfoto, bisa coba flying bicycle yang lebih aman.

Selain dua wahana tersebut, di area taman ini juga terdapat sudut khusus untuk bersantai. Ada seperangkat meja kursi kayu yang cocok jadi tempat istirahat sambil bercengkrama bersama keluarga.

Ada Terapi Ikan Gratis

Jembatan kayu (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Kolam paling atas dari rangkaian terasiring di sungai ini sediakan fasilitas terapi ikan. Teman Traveler bisa nikmati fasilitas health tourism ini tanpa dipungut biaya tambahan. Di sekitar sini juga terdapat air terjun mini dengan bebatuan cantik di sekitarnya. Tentunya juga menarik dijadikan sebagai obyek foto-foto.

Menyediakan Area Kemping Sejuk

Spot di dekat sungai (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa lho, habiskan malam sembari kemping di sini. Cukup membawa peralatan sendiri dan meminta izin pada pengelola. Sementara di area taman, terdapat pendopo sederhana yang biasa digunakan untuk berbagai acara. Jika ingin memakai, kalian harus booking lebih dulu.

Oh ya Teman Traveler, pintu keluar Sungai Mudal berbeda dengan pintu masuknya lho. Hal ini jadi nilai tambah lantaran pegunjung bisa nikmati pemandangan dari sudut lain seiring perjalanan pulang. Kalian bakal melewati jalan setapak alami dan sebuah jembatan kayu kecil, sembari ditemani tiupan angin serta merdunya suara gesekan pepohonan.

Itulah pengalaman saya habiskan hari di wisata Sungai Mudal. Suasana alami dan asrinya benar-benar bikin betah. Jadi, jangan lupa mampir ke sini saat sedang liburan di Jogja ya. Next

ramadan
Natasha Pastry's Cakes

Natasha’s Pastry Cakes, Surga Dessert di Bilangan Jakarta Selatan

Tivoli di Denmark

Asyiknya Sambangi Deretan Wisata Kopenhagen Ikonik