in , , ,

Nikmati Sunset Memukau di Pantai Kesirat, Destinasi Ala Surga di Tanah Jogja

Pantai Kesirat adalah salah satu pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta sebagai pantai yang terbaik untuk menikmati sajian sunset

Keindahan sunset di Pantai Kesirat menjadikan pengunjung lebih memilih sore hari
Keindahan sunset di Pantai Kesirat menjadikan pengunjung lebih memilih sore hari

Yogyakarta adalah salah satu kota dengan sajian wisata alam, budaya dan kuliner terbaik di nusantara. Bahkan banyak traveler yang merasa kangen untuk kembali menampakkan kaki di tanah Gudeg ini. Urusan wisata, memang sudah tidak diragukan lagi, ribuan destinasi bakal membuat traveler bingung untuk memilihnya. Apalagi geografis daerah Yogyakarta ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, pantas saja memiliki destinasi pantai yang super menakjubkan.

Baca juga : Lagi Hits, Foto di Hutan Bambu Surabaya

Pantai Kesirat salah satu pantai terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam
Pantai Kesirat salah satu pantai terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam. Foto via pantainesia.com

Langsung saja sebut Pantai Kesirat, dengan hamparan pasir yang bersih putih dan pastinya indah ditambah dengan deburan ombak besar selalu menyapa dan menghiasi bibir pantai. Pantai yang berlokasi di Desa Girikarto Kecamatan Panggang Kabupaten Gunung KIdul Yogyakarta ini hanya berjarak kurang lebih 45 kilometer dan cukup memakan waktu satu jam 15 menit saja dari pusat kota Yogyakarta.

Jalan menuju pantai Kesirat dengan setapak mendaki dan menuruni bukit karang
Jalan menuju pantai Kesirat dengan setapak mendaki dan menuruni bukit karang. Foto via nativeindonesia.com

Pantai Kesirat merupakan sebuah teluk yang dikelilingi bebatuan tebing curam dan langsung menjorok kelautan yang dalam. Terlihat memang sangat mengerikan dan berbahaya, namun keindahannya menjadikan banyak traveler mulai mendatangi pantai ini.

Awal Mula Nama Pantai Kesirat

Pantai ini bermula sebagai tempat favorit bagi para pemancing. Dimana karang-karang inilah sebagai tempat persembunyian ikan-ikan besar. Pantas saja banyak penduduk lokal yang menyempatkan diri memancing dan menikmati keindahan pantai secara gratis. Seiring berjalannya waktu, keindahan bebatuan karang Pantai Kesirat ini mulai dilirik banyak traveler.

Keindahan sunset di Pantai Kesirat menjadikan pengunjung lebih memilih sore hari
Keindahan sunset di Pantai Kesirat menjadikan pengunjung lebih memilih sore hari. Foto via promoliburan.com

Dari beberapa pecinta alam yang sengaja menampakkan kakinya diatas bebatuan karang dan mengunggah di media sosial membuat banyak kalangan lainnya penasaran dengan pantai tersebut. Hingga kini banyak traveler berdatangan ingin menikmati spot indah pantai Kesirat apalagi ketika sore hari tiba.

Ombak besar menghantam karang yang sangat menakjubkan
Ombak besar menghantam karang yang sangat menakjubkan. Foto via koperzone.com

Dulunya pantai ini juga dianggap sakral oleh penduduk setempat. Banyak acara upacara ngalap atau brubuh-brubuh menjadi tradisi unik warga sekitar sevara turun temurun. Meski belum dikelola oleh pemerintah setempat, namun pantai ini telah diolah oleh swadaya masyarakat setempat.

Takjubnya Keindahan Pantai Kesirat

Pantai Kesirat memang tersaji dari bebatuan tebing yang indah apalagi dibubuhi dengan tumbuhan hijau sebangsa rerumputan membuat tampian semakin teduh. Disekitar pantai terdapat beberapa pepohonan besar nan rindang. Uniknya pohon besar ini berada diatas tebing yang menjorok kelautan. Keberadaan inilah menjadi spot paling unik bila menyusuri pantai Kesirat.

Sunset memukau di pantai kesirat
Sunset memukau di pantai kesirat. Foto via yanacircle.com

Pantai Kesirat memiliki posisi yang cukup unik, langsung menghadap kearah Barat. Pantas saja menjadikan destinasi para muda mudi untuk menunggu waktu matahari terbenam. Sajian matahari terbenam inilah menambah suasana semakin menakjubkan. Pandangan indah ini tanpa terhalang oleh apapun sehingga menjadi salah satu destinasi berburu sunset terbaik di Yogyakarta.

Jam operasional dan Tiket masuk Pantai Kesirat

Pantai Kesirat difungsikan oleh penduduk sekitar, jadi dimungkinkan buka setiap hari selama 24 jam. Kadang bila eadaan sangat sepi maka, loket wisata tidak ada yang menjaganya. Namun bila dirasa ramai dan hari libur atau akhir pekan maka penduduk sekitar mulai menjaganya dengan tarif masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Untuk parkir motor dibebankan biaya Rp. 2.000 dan Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan roda empat.

Tim traveler mulai mendirikan tenda di pelataran Pantai Kesirat
Tim traveler mulai mendirikan tenda di pelataran Pantai Kesirat. Foto via wisatainfo.com

Bagi kamu yang ingin menikmati pantai ini lebih lama, dapat melakukan kemping atau bermalam dipesisir pantai dengan membuka tenda. Tetaplah memberikan info kepada petugas bila ingin menginap. Kamu akan dikenakan biaya Rp. 10.000 per orang dan parkir inap kendaraan dialihkena ke area rumah warga dengan biaya Rp. 10.000 per motor atau Rp. 20.000 per mobil. Next

ramadan
KidZania Jakarta

KidZania Jakarta, Wahana Bermain dengan Konsep Edutainment Pertama di Asia Tenggara

Vihara Avalokitesvara yang terletak di Kabupaten Pamekasan Madura

Nikmati Wisata Religi Vihara Avalokitesvara di Pulau Madura