in , ,

KidZania Jakarta, Wahana Bermain dengan Konsep Edutainment Pertama di Asia Tenggara

Tidak hanya bermain, di KidZania Jakarta anak-anak bisa mencoba berbagai profesi layaknya orang dewasa.

KidZania Jakarta

Padatnya aktivitas dan pekerjaan kadang membuat lupa pada keluarga, sehingga family-time menjadi berkurang. Nah, buat kamu yang tinggal di Jakarta dan masih bingung mau menentukan liburan di mana, KidZania jawabannya.

Baca juga : Viral Sopir Bajaj Ini Percaya Diri Ngobrol Pakai Bahasa Inggris dengan Turis Asal Jerman

KidZania Jakarta adalah sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun. KidZania sendiri merupakan wahana bermain yang tersebar di 18 negara, termasuk salah satunya di Indonesia.

Taman edukasi dan juga tempat bermain yang menyenangkan

KidZania pertama berlokasi di Santa Fe, Mexico, dibangun pada tahun 1999. Pembangunan taman bermain ini terinspirasi dari semangat anak-anak untuk mencoba dan mengetahui berbagai hal yang ada di lingkungan sekitar mereka. Di KidZania, anak-anak bisa menciptakan sendiri dunia yang ideal bagi mereka. Di mana anak bebas melakukan segala sesuatu yang mereka inginkan.

Wisata edukasi anak Indonesia
KidZania Jakarta via Nia Manora

Mereka juga bisa menciptakan hal-hal yang baru dengan kekreatifan mereka. Di KidZania, anak akan belajar banyak hal, mulai dari memberi, peduli sesama, bekerja sama, membuat keputusan, bahkan bertanggung jawab terhadap hal yang mereka lakukan.

KidZania Jakarta dibangun menyerupai kota sungguhan

Seperti namanya, KidZania dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, hingga fasilitas kota. Seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik, dan masih banyak lagi.

KidZania Jakarta
Dokumen pribadi Indrajid N

Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya. KidZania Jakarta ini berlokasi di Pacific Place Mall lantai 6. Dalam satu shift, tempat bermain ini mempunyai kapasitas pengunjung maksimum 1.800 orang.

Mencoba berbagai macam profesi dan bermain peran

Tidak seperti taman bermain kebanyakan, di mana anak-anak hanya akan bermain saja, KidZania menawarkan hal yang berbeda. Di sini, anak-anak memiliki kesempatan untuk menjalankan peran orang dewasa sebagai petugas pemadam kebakaran, petugas polisi, reporter berita, pembuat roti, dan masih banyak lagi.

KidZania Jakarta
Dokumen pribadi Yohan D Setio

Bermain peran bukan hanya merupakan satu bagian signifikan dari esensi KidZania, tetapi merupakan sebuah aspirasi untuk membawanya ke tingkat paling tinggi. Bermain peran dan mencoba berbagai macam jenis profesi ini akan membantu anak melatih ketrampilan mereka di bidang sosial, komunikasi, bahasa, kognitif, dan fisik.

Jam operasional KidZania Jakarta

Jika kamu ingin berkunjung ke KidZania, tempat bermain ini buka dari Senin – Minggu dan di hari libur nasional, mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB. Ada berbagai jenis tiket yang bisa kamu pesan. Senin – Minggu & hari libur nasional, berikut daftarnya:

  • ONE DAY PASS Anak (4 – 16 tahun): Rp335.000
  • ONE DAY PASS Dewasa (17-59 tahun): Rp285.000
  • HALF DAY PASS Anak (4 – 16 tahun): Rp295.000
  • HALF DAY PASS Dewasa (17 -59 tahun): Rp235.000
Wisata edukasi anak Indonesia
Dokumen pribadi Budiman

Untuk anak di bawah usia 2 tahun, bisa masuk tanpa harus membayar tiket. Sedangkan anak di bawah usia 12 tahun, wajib didampingi oleh orang dewasa. Selain untuk bermain dan mencoba berbagai wahana yang ada di dalamnya, KidZania juga bisa dijadikan sebagai destinasi kunjungan sekolah, acara kantor, atau tempat untuk merayakan ulang tahun dan bisa memilih tema ulang tahun sesuai keinginan.

Di KidZania Jakarta, anak tak hanya menghabiskan waktu untuk bermain saja, tetapi juga mencoba hal-hal yang belum pernah mereka temukan seperti berbagai profesi unik dan menarik. Next

ramadan
Cafe iiBumi

Cafe iiBumi, Wisata Kuliner yang Suguhkan Pemandangan Alam dan Suasana Sejuk di Perbukitan

Keindahan sunset di Pantai Kesirat menjadikan pengunjung lebih memilih sore hari

Nikmati Sunset Memukau di Pantai Kesirat, Destinasi Ala Surga di Tanah Jogja