in ,

Sakura Surabaya Bermekaran, Kota Pahlawan Memesona bak Jepang

Indahnya Bunga Sakura Surabaya Bikin Heboh Media Sosial

Surabaya kian indah bagaikan di Jepang
Surabaya kian indah bagaikan di Jepang via Instagram.com/lolsylvanian9

Julukan Kota Bunga dan Kembang selama ini melekat pada Malang serta Bandung. Namun agaknya hal tersebut perlu sedikit direvisi. Surabaya belakangan menjelma indah bak Jepang, lantaran bunga ‘Sakura’ bermekaran di sudut-sudut Kota Pahlawan.

Baca juga : De Berran, Wisata Air Murah Meriah di Batu

Bunga-bunga indah tersebut membuat panorama metropolis Jawa Timur jadi kian sedap dipandang. Hanya dalam hitungan jam, pembicaraan soal indahnya Sakura Surabaya jadi hits di media sosial. Lantas sebenarnya apa yang terjadi? Yuk kita simak penjelasannya.

Sakura atau Tabebuya?

Indahnya Surabaya
Indahnya Surabaya via Instagram.com/lolsylvanian9

Bunga-bunga yang belakangan ini mekar di Surabaya belakangan banyak menarik perhatian warga lokal. Bentuknya yang mungil dan warna-warni membuat tak sedikit orang menyebutnya sebagai sakura. Padahal sejatinya kembang indah yang dimaksud bukan berasal dari Jepang.

Sebagaimana dilansir Kompas, bunga yang kini menambah indah jalanan Surabaya berjenis Tabebuya. Aslinya dari Brasil, namun Pemerintah Kota (pemkot) mendatangkannya dari Malang dan Kediri untuk dibudidayakan sejak 2010 silam. Bunga cantik ini bisa menghasilkan beragam variasi warna, mulai dari kuning, pink, putih, hingga ungu.

Hiasi Jalan Utama

Jalan utama Surabaya kian indah
Jalan utama Surabaya kian indah via Instagram.com/lolsylvanian9

Mekarnya Tabebuya tak pelak membuat beberapa sudut Surabaya kian elok. Warga Kota Pahlawan sepertinya bakal semakin betah tinggal di kota kebanggaan mereka. Apalagi si mungil cantik Tabebuya bisa dijumpai di jalan-jalan utama.

Sakura di Surabaya
Sakura di Surabaya (c) Travelingyuk/Deby Ibrahim

Teman Traveler yang berdomisili di Surabaya bisa melihat langsung kemolekan bunga-bunga tersebut di Jl Ahmad Yani, Darmo, maupun Raya Gubeng. Menurut pernyataan Pemkot, bibit Tabebuya juga sudah disebar di beberapa pelosok jalan lain.

Inisiatif Walikota

Bunga Tabebuya Ide Walikota Risma
Bunga Tabebuya Ide Walikota Risma via Instagram.com/lolsylvanian9

Lantas siapa jenius di balik budidaya Tabebuya di Surabaya? Well, jawabannya tak lain adalah Tri Rismaharini. Walikota yang akrab disapa Bu Risma tersebut bahkan kabarnya sudah memiliki gagasan keren ini sejak sebelum menjabat sebagai orang nomor satu Kota Pahlawan.

Selain menambah keindahan pemandangan kota, Tabebuya ternyata memiliki manfaat positif lain. Rimbunnya tanaman di kawasan padat diharapkan bisa menambah habitat alami untuk burung maupun satwa lainnya.

Viral di Media Sosial

Bunga Tabebuya mirip sakura
Bunga Tabebuya mirip sakura via Instagram.com/masih_sinta__wulan

Keindahan Tabebuya Surabaya dengan cepat jadi pembicaraan hangat di media sosial. Sebelumnya banyak warga Kota Pahlawan mengunggah foto-foto selfie mereka dengan latar belakang bunga. Gambar-gambar itu lantas diunggah ke dunia maya dan mengundang rasa penasaran para warganet.

Banyak yang memuji dan menyebut Surabaya kini tak ubahnya Jepang. Tak sedikit pula yang tertarik ingin datang ke Kota Pahlawan dan melihat keindahannya secara langsung.

Itulah penjelasan mengenai fenomena mekarnya Sakura Surabaya yang belakangan ini menghebohkan media sosial. Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang berniat untuk menyaksikan keelokannya? Next

ramadan
Kuliner Enrekang

Icip Yuk Kuliner Enrekang, Mulai dari Keju Asli Indonesia sampai Nasi dengan Harga Mahal

Kawasan Wisata Agro Pertanian Desa Besur, Wisata Baru Lamongan Penuh Edukasi