in ,

Susur Goa dan Sungai, Aktivitas Seru di Bajulmati Malang

Susur Goa dan Sungai
Susur Goa dan Sungai

Bajulmati adalah sebuah dusun di Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang yang terkenal dengan keindahan pantainya. Pantai ini kerap kali menjadi bucket list bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pantai Malang Selatan. Namun, tak hanya itu, Bajulmati juga memiliki atraksi lain yang patut untuk dicoba.

Baca juga : Potongan Surga di Indonesia, Karampuang Island Namanya

Lokasi

Bajulmati berlokasi di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Jika berangkat dari Kota Malang, perlu sekitar 3 jam perjalanan untuk menempuh tempat ini. Cukup ambil rute melalui Turen menuju Sumbermanjing Wetan dan lurus ke arah Pantai Sendang Biru. Akses jalannya sudah beraspal sehingga mudah untuk ditempuh berbagai macam kendaraan darat mulai dari roda 2 hingga roda 4.

Susur Goa

Goa Coban Pelangi
Goa Coban Pelangi via IG @wongalaz

Susur goa dan sungai ini dikelola oleh LEPEN (Lembaga Sosial Pendidikan Harapan) Bajulmati. Akhir dari susur goa ini adalah Goa Coban Perawan / Goa Jenggot. Jarak yang ditempuh untuk mencapai puncak goa lumayan panjang, tapi akan terbayarkan dengan pemandangan yang memanjakan mata. Di puncak, terdapat lubang yang lumayan besar sehingga membuat cahaya matahari masuk. Cocok untuk spot foto, ala-ala mendapat siraman sinar matahari. Tak hanya itu, tetesan air dari stalaktit disertai suara-suara kelelawar semakin menambah suasana goa menjadi menakjubkan.

Susur Sungai

Susur Sungai Bajulmati
Susur Sungai Bajulmati via IG @wongalaz

Bagi yang suka bersantai, wajib mencoba atraksi yang satu ini. Dimulai dari hilir sungai Bajulmati ke hilir sungai Ungapan, susur sungai dapat dilakukan menggunakan perahu mesin maupun kano. Terdapat seorang guide yang akan menjelaskan beberapa spot menarik di sana. Sebelum mencapai finish dari kegiatan ini, wisatawan akan terpesona dengan landscape alam yang hijau dan menyegarkan mata disertai burung-burung yang asyik berkicau. Tak hanya itu, wisatawan akan diajak untuk melestarikan alam dengan cara menanam mangrove sebagai langkah untuk mencegah terjadinya abrasi. Menarik!

Harga dan Fasilitas

Susur Goa
Susur Goa via IG @jls_malang

Paket seharga Rp 75.000 ini menawarkan fasilitas yang lengkap, mulai dari perlengkapan pengaman, dokuentasi, konsumsi, transportasi di start dan finish, beserta guide untuk memandu selama aktivitas dilakukan.

Susur Sungai
Susur Sungai via IG @jls_malang

Untuk susur sungai, memang lebih mahal dari susur goa. Namun, fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap disertai kegiatan tambahan yaitu konservasi alam berupa penanaman bibit bakau.

Jadi, tunggu apa lagi? Daripada ke pantai-pantai mulu, mending cari keseruan lain di Malang Selatan. Bisa buat pengalaman, pun jadi stok foto buat diunggah ke sosial media. Next

ramadan

Adat Pernikahan Suku Sasak Lombok, ‘Kawin Lari’

Super Camp di Tawangmangu, Pemandangannya Mirip Swiss