in , , ,

Terbang Bersama Piaraan? Intip Dulu Syarat Dibeberapa Maskapai Nusantara

Terbang bersama hewan peliharaan didalam pesawat
Terbang bersama hewan peliharaan didalam pesawat

Bagi kamu yang ingin liburan tetap bersama dengan hewan peliharaan. Jangan khawatir, pesawat tidak hanya membawamu dan barang bawaan seperti biasanya, namun juga dapat mengangkut hewan piaraan. Hingga kini, masih banyak traveler yang tidak mengetahui peraturan membawa hewan ke pesawat. Alhasil mereka lebih sering menitipkan ke saudara ataupun membayar orang untuk merawat hewan piaraan ketika berlibur.

Baca juga : Masjid Transparan Mirip Penjara Guantanamo, Tempat Ibadah Artistik Karya Seniman Arab Saudi

Terbang bersama hewan peliharaan didalam pesawat
Terbang bersama hewan peliharaan didalam pesawat. Foto via liputan6.com

Nah, untuk kamu yang tidak ingin dipisahkan dengan hewan piaraan ketika berlibur kamu tetap bisa membawanya didalam pesawat dengan berbagai ketentuan yang berlaku. Berikut ketentuan dibeberapa maskapai Indonesia untuk penumpang yang membawa hewan peliharaan.

Garuda Indonesia

Pengangkutan hewan peliharaan didalam bagasi pesawat Garuda Indonesia
Pengangkutan hewan peliharaan didalam bagasi pesawat Garuda Indonesia. Foto via cnnindonesia.com

Garuda Indonesia menyediakan tempat khusus untuk hewan peliharaanmu. Namun ada ketuntuan yang harus kamu taati seperti:

  1. Peliharaan tersebut adalah hewan mamalia yang akan diangkut dalam bagasi pesawat. Jadi tidak bisa kamu bawa kedalam kabin pesawat ya!
  2. Hanya dapat dilakukan dalam penerbangan domestik yang tidak melebihi dua jam perjalanan. Serta tidak dalam perjalanan pesawat kecil seperti ATR.
  3. Jangan memilih penerbangan transit ketika ingin membawa hewan peliharaan.
  4. Garuda Indonesia akan menolak ketika kamu membawa hewan langka. Kamu hanya diperbolehkan membawa hewan seperti anjing, kucing, kelinci, angsa, marmut, dan sejenisnya didalam sebuah ruangan khusus.
  5. Segera check in dua jam sebelum pemberangkatan dan laporkan kepada maskapai jika kamu membawa hewan peliharaan.
  6. Kamu tetap harus menyediakan kandang untuk tempat hewan peliharaanmu. Dan pastikan sangkar hewan terbuat anti bocor dan memiliki kunci gembok yang aman.
  7. Maksimal berat hewan termasuk kandang adalah 32 kilogram. Jika melebihi kapasitas maka kamu dikenakan biaya tambahan sebagai kargo.
  8. Bagi hewan pemandu para disabilitas, diperbolehkan diangkut dan bebas biaya.
  9. Hewan peliharaan yang kamu bawa wajib disertakan dengan sertifikat peliharaan, sertifikat kesehatan dari akntor kesehatan pelabuhan dan karantina, dan dokumen bagasi.

Nah, penasaran kan dengan biaya pengangkutan hewan perliharan? Biaya kelebihan bagasi akan dikenakan biaya minimal 5 kilogram. sebagai contoh, ksetentuan maksimal bagai untuk hewan peliharaan adalah 32 kilogram. Jika ternyata beban hewan dan sangkar terukur 34 kilogram, maka tambahan biaya terhitung 5 kilogram.

Lion Air

pengangkutan hewan peliharaan didalam bagasi pesawat
pengangkutan hewan peliharaan didalam bagasi pesawat. Foto via rustur.ru

Selain Garuda Indonesia, Lion Air juga menyediakan pengangkutan hewan peliharaan bersama dengan penumpang. Namun ketentuan yang ditetapkan tidak jauh berbeda dengan Garuda Indonesia. Yuk simak syarat dan ketentuannya.

  1. Pengangkutan hewan dapat diterima dalam perjalan domestik, namun tetap memperbolehkan perjalan transit dengan syarat dalam maskapai yang sama.
  2. Menyertakan surat karantina asli bebas penyakit maksimal 3 hari sejak tanggal diterbitkan.
  3. Biaya pengangkutan hewan peliharaan tidak termasuk bebas dalam tiket penumpang, melainkan kamu akan dikenakan biaya kargo tersendiri dengan hitungan harga minimal per 5 kilogram.
  4. Hewan tetap didalam kandang yang terbuat dari plastik atau kayu anti bocor dengan pintu yang terkunci rapat bila perlu tergembok.
  5. Lion Air tidak akan menerima pengangkutan hewan dengan status dilindungi atau terancam punah.

Citilink

Untuk kamu yang memilih penerbangan menggunakan maskapai Citilink, mohon bersabar karena maskapai tersebut tidak menyediakan pengangkutan hewan peliharaan bersamaan dengan penumpang. Namun, kamu tetap bisa menerbangkan hewan peliharaanmu menggunakan kargo Citilink. Jadi tidak dalam satu pesawat ya Teman Traveler! Next

ramadan
Jet pribadi kelas eksekutif milik Emirates menjadi salah satu fasilitas Safari termahal didunia

Safari Seharga 2,5 Miliar, Diklaim Menjadi Petualang Termahal di Dunia

NBP ATM

Heboh, Pakistan Miliki ATM Tertinggi di Dunia, Tepat Diketinggian 4.693 MDPL