in ,

Punya Julukan Taj Mahal Ipoh, Stasiun Kereta Api Unik di Perak Ini Megah Layaknya Istana

Stasiun kereta api unik di Perak, punya bangunan megah layaknya istana. Penasaran?

Stasiun kereta api Ipoh
Stasiun kereta api Ipoh

Menjadi negara bagian dari Malaysia, Perak memiliki keindahan tersembunyi yang banyak orang masih belum tau. Ipoh yang merupakan ibu kota dari Perak ini menjadi pintu gerbang untuk menuju ke Cameron Highland (resort dataran tinggi dengan pemandangan indah). Selain memamerkan keindahan alamnya, kota ini juga memiliki banyak bangunan unik dan bersejarah. Kalau sedang berwisata ke sini, jangan lupa mampir ke stasiun di Perak yang dijuluki sebagai Taj Mahal Ipoh. Penasaran semegah apa? Kulik lebih lanjut yuk!

Baca juga : Habiskan Akhir Pekan dengan Staycation di Hotel dekat Pantai Pangandaran

Dijuluki Sebagai Taj Mahal Ipoh

Dijuluki sebagai Taj Mahal Ipoh
Dijuluki sebagai Taj Mahal Ipoh via Instagram/sunnyside2go

Setiap kota dan negara memiliki keunikan masing-masing. Nah, salah satu keistimewaan dari kota ini adalah stasiun kereta apinya. Dijuluki sebagai Taj Mahal Ipoh, tempat ini memiliki arsitektur megah layaknya istana atau hotel. Bukan sembarang tempat, stasiun juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting untuk film Anna and the King yang dibintangi oleh Jodie Foster. Stasiun ini memiliki lahan parkir yang luas dan pekarangan taman yang sangat cantik juga terawat. Pantas saja stasiun ini layak untuk masuk ke dalamĀ listĀ tempat yang harus dikunjungi saat di Ipoh.

Spot Foto Instagenic

Spot foto Instagenic
Spot foto Instagenic via Instagram/sunnyside2go

Termasuk ke dalam bangunan bersejarah, stasiun kereta Ipoh ini memiliki bangunan dengan gaya yang kuno. Selain memiliki ukuran yang besar, bangunan dan dekorasi vintage ini dijadikan spot berfoto para pengunjung yang datang. Layaknya nostalgia, bangunan berwarna putih, jendela kayu, serta tiang-tiang bangunan seakan membawa pengunjung di masa lampau.

Lokasi Stasiun

Stasiun kereta api Ipoh
Stasiun kereta api Ipoh via Instagram/dji_sabahboy

Stasiun memiliki alamat lengkap di Jalan Panglima Bukit Gantang Wahab 30000, Ipoh, Perak, Malaysia. Dan menjadi stasiun kereta api utama bagi para warga atau pelancong. Ada banyak hal yang bisa Teman Traveler lakukan jika sampai di stasiun ini seperti berkunjung ke Ipoh Town Hall yang merupakan rancangan dari AB Hubback (arsitektur stasiun kereta api Ipoh), pemandian air panas, dan berburu kuliner halal Malaysia yang lezat.

Sempat Mangkrak

Masih beroperasi
Masih beroperasi via Instagram/liyu1974

Stasiun bersejarah satu ini telah berdiri sejak tahun 1935 silam. Dulu, stasiun Ipoh sempat ingin dijadikan sebagai rumah sakit sebelum abad ke 20. Namun di tahun 1917 yakni pada saat perang dunia I, pembangunannya sempat mangkrak dikarenakan material yang digunakan membutuhkan biaya besar. Stasiun masih beroperasi hingga kini dan menjadi salah satu destinasi dan akomodasi para wisatawan. Menarik banget kan!

Itu tadi informasi singkat mengenai stasiun kereta api atau kerap disapa Taj Mahal Ipoh. Jadi semakin tertarik untuk berkunjung ke negeri jiran? Next

ramadan
Bali Spirit Festival 2019

Bali Spirit Festival 2019, Buat Kamu yang Suka Yoga, Dance, dan Musik

Mitos lempar koin

Terlalu Percaya Mitos, Penerbangan Delay Beberapa Jam Usai Penumpang Lempar Koin ke Mesin Pesawat