in ,

Kenali Tanda-Tanda Tsunami, Antisipasi Amukan Lautan Kala Liburan

Deretan Gejala Tsunami yang Perlu Teman Traveler Waspadai

Ilustrasi Tsunami
Ilustrasi Tsunami via Pixabay

Dahsyatnya tsunami Selat Sunda dan Lampung tentu masih begitu segar di ingatan rakyat Indonesia. Amukan gelombang laut datang tiba-tiba, merenggut ratusan nyawa dan timbulkan banyak kerugian lain. Namun meski hampir sulit diprediksi, sebenarnya ada beberapa tanda-tanda tsunami yang bisa dikenali.

Baca juga : Museum Kanker Surabaya, Wisata Edukasi yang Sayang untuk Dilewatkan

Memahami gejala tersebut bakal memperbesar peluang untuk menyelamatkan diri. Teman Traveler tentu wajib tahu, apalagi jika kalian sering berlibur tak jauh dari area perairan. Tanpa banyak kata lagi, berikut Travelingyuk berikan penjelasan terkait sederet tanda-tanda Tsunami.

1. Air Laut Surut

Ilustrasi air laut surut
Ilustrasi air laut surut via Pixabay

Tanda visual paling jelas terkait datangnya Tsunami adalah surutnya air laut. Beberapa saat menjelang amukan gelombang laut, permukaan air biasanya bakal surut dengan tidak wajar. Beberapa laporan menyebutkan hal ini menyebabkan hewan-hewan laut menggelepar tak berdaya, tak sempat menyelamatkan diri.

Jika Teman Traveler melihat fenomena seperti ini, sebaiknya segera menyelamatkan diri. Upayakan berada di tempat tinggi untuk menghindari amukan gelombang laut. Jangan ragu lakukan tindakan pencegahan, apalagi jika kalian tengah berada di daerah pesisir.

2. Gempa

Ilustrasi dampak gempa
Ilustrasi dampak gempa via Pixabay

Gempa dan Tsunami adalah dua fenomena alam yang punya keterkaitan erat. Gelombang dahsyat dari arah lautan tak jarang disusul dengan terjadinya gempa bumi. Namun hal ini kadang tidak terjadi dalam beberapa kasus khusus.

Tsunami yang terjadi di Selat Sunda dan Lampung tempo hari misalnya. Bencana memilukan tersebut sama sekali tidak diiringi fenomena gempa. Pihak terkait juga mengatakan fenomena alam yang terjadi pekan lalu tersebut tak ada kaitan langsung dengan meletusnya Anak Gunung Krakatau.

3. Suara Menggelegar

Ilustrasi lautan
Ilustrasi lautan via Pixabay

Tsunami bisa disebut sebagai salah satu cara alam untuk mempertontonkan kekuatannya. Tak hanya membantu kehidupan manusia, alam pun bisa menjelma menjadi mesin penghancur maha dahsyat. Kita sebagai penghuni bumi ini hanya bisa berharap hal tersebut tak sering terjadi.

Sebelum gelombang maha dahsyat Tsunami menghantam daratan, fenomena yang kerap dilaporkan terjadi adalah suara menggelegar. Gemuruh keras muncul dari arah lautan, seolah menjadi tanda peringatan. Teman Traveler wajib waspada jika mendengar suara semacam ini.

4. Gelombang Masif

Ilustrasi Gelombang Laut
Ilustrasi Gelombang Laut via Pixabay

Sebelum air bah mahadahsyat, Tsunami biasanya diawali dengan sederet gelombang-gelombang besar. Gulungan air laut ini biasanya terlihat masif dan tidak terputus. Bisa dibilang fenomena ini merupakan salah satu tanda paling jelas bakal terjadinya Tsunami.

Jika Teman Traveler mulai melihat gejala semacam ini, sebaiknya kalian menghindar dari daerah pesisir. Tinggalkan semua aktivitas dan berpindah ke tempat tinggi atau lokasi yang lebih aman.

5. Elektromagnet

Ilustrasi lampu
Ilustrasi lampu via Pixabay

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa lampu-lampu di sekitar tempat terjadinya tsunami bisa menyala sendiri, tanpa ada aliran listrik. Tapi tenang, fenomena ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan hal-hal mistis atau klenik. Sebaliknya, justru bisa dijelaskan secara ilmiah.

Gelombang Tsunami diyakini mampu menyebabkan gelombang elektromagnet. Gelombang tersebut bakal menyebar melalui udara dan bisa menyebabkan lampu berpijar terang. Faktor sama juga menyebabkan langit mendadak gelap dan diikuti angin besar.

Itulah sederet tanda-tanda tsunami yang perlu Teman Traveler ketahui. Tetap jaga kewaspadaan jika kalian tengah berlibur di daerah lautan atau perairan. Bagi keluarga korban Tsunami Selat Sunda dan Lampung, semoga diberi kekuatan menghadapi cobaan. Next

ramadan
Sate Kentang Cirebon

Yuk Simak Deretan Kuliner Cirebon Unik, Ada Kerupuk Melarat Sampai Sate Kentang

Alun-alun Cicendo Bandung yang Super Instagenic, Sambut Malam Tahun Baru di Sini Saja!