in , , ,

Tantangan Pendaki Menuju Puncak Gunung Batu Sukamakmur Bogor

Para penggiat adrenalin dengan nuansa alam yang indah memang tak asing lagi dengan Gunung Batu Sukamakmur. Tantangan demi tantangan memang menjadi makanan utama saat mendaki ke gunung tersebut. Gunung yang berlokasi di kawasan Sukamakmur, Jonggol, Kabupaten Bogor ini menjadi destinasi wisata alam dengan pemandangan menawan. Dan sudah tak asing lagi bagi para penggila traveling.

Baca juga : 5 Destinasi Wisata Saat Mudik ke Kebumen

Gunung Batu Jonggol atau Sukamakmur dengan jalur yang ekstim. Foto via getlost.id

Gunung Batu Sukamakmur sendiri sebenarnya hanyalah bukit dengan ketinggian 875 meter diatas permukaan laut. Dengan pintu pendakian dimulai pada ketinggian 200 mdpl, jadi total ketinggian 1.075 mdpl. Untuk sampai ke puncak gunung tersebut biasanya pendaki hanya menghabiskan waktu sekitar 2 jam saja.

Walaupun ketinggiannya tak seberapa, namun bukan berarti menjelajahi Gunung Batu Sukamakmur ini tanpa risiko. Gunung ini terkenal menantang karena jalur pendakiannya yang terjal dan menanjak. Semakin mendekati puncak, jalur pendakian semakin ekstrim dengan trek nyaris 90 derajat dan pijakan kaki yang semakin terjal dan sempit. Tetaplah waspada pada pijakan kaki saat menuju puncak. Bebatuan yang menjadi pijakan kaki kerap kali tak menacap dengan sempurna, sehingga mudah lepas dan membuat pendaki tergelincir.

Pesona Batu Sukamakmur yang menakjubkan. Foto via idntimes.com

Selain itu belum ada pengaman di sisi sebelah kiri dan kanan yang langsung berhadapan dengan jurang yang dalam. Hanya ada bantuan seutas tali untuk memanjat, jadi harap berhati-hati dan tetap fokus saat perjalanan berlangsung. Belum selesai disitu, untuk kamu yang ingin berkemah di gunung batu sukamakmur ini harap menjaga barang bawaan karena banyak ditemui kera yang sering mengambil bahan makanan yang dibawa pendaki.

Trej terjal dan hanya bantuan seutas tali menuju puncak Batu Sukamakmur atau Jonggol. Foto via youtube.com

Untuk mendaki Gunung Batu Sukamakmur, kalian cukup merogoh kocek Rp 15.000 per orang. Untuk mendaki sampai puncak dikenakan biaya tambahan Rp 5.000 per orang. Untuk parkir kendaraan dikenakan biaya Rp 15.000. Dan para pendaki yang ingin camping atau berkemah di Gunung tersebut juga disediakan area perkemahan yang berada di area yang cukup lapang dan rindang. Untuk mendirikan tenda dikenakan biaya tambahan Rp 5.000.

Next

ramadan

Sensasi Berkemah di Bibir Pantai Pangasan Yang Menjakjubkan

fi villa di lembang bandung

Villa di Lembang Bandung, Cocok Untuk Keluarga Besar Mulai Rp 1,5 Jutaan