in , , , , ,

Tebing Breksi, Bekas Area Tambang yang Jadi Wisata Artistik di Yogyakarta

Tebing Breksi, Ukiran Terbaik Seniman Yogyakarta

Tebing Breksi Yogyakarta (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Tebing Breksi Yogyakarta (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Membahas keindahan panorama alam Indonesia memang seolah tak pernah ada habisnya. Apalagi membahas Kota Yogyakarta yang terkenal sebagai Kota Budaya, Kota Pelajar dan Kota Wisata ini. Setiap tahunnya terdapat destinasi wisata baru di kota ini. Salah satu wisata alam di Kota Yogyakarta yang menjadi primadona bagi wisatawan baik dari sekitaran Jogja seperti Klaten, Magelang, bahkan dari daerah sekitaran Ibu Kota Jakarta.

Baca juga : Bali dalam Jepretan Gustindra, Jadi Mirip Objek Wisata di Eropa!

Bila di Luar Negeri, ada Bastei rocks di Jerman, Grand Canyon di Amerika, maka di Indonesia juga punya tempat wisata yang tak kalah cantik seperti Danau Quarry di Bogor dan Brown Canyon nya Semarang dan Wisata Taman Tebing Breksi di Yogyakarta ini. Seperti apa? Yuk simak ulasan berikut?

Lokasi Wisata

Antrian Pengunjung Untuk Berfoto (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Antrian Pengunjung Untuk Berfoto (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Tebing Breksi merupakan wisata yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Lokasinya berada di sebelah Selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko.

Lokasi wisata Tebing Breksi tepatnya berada di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kurang lebih 20 km dari Pusat Kota Yogyakarta.

Pemandangan Yang Artistik (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Pemandangan yang Artistik (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Wisata ini berdekatan dengan Candi Ijo yang merupakan candi tertinggi di Yogyakarta, jadi kalau Teman Traveler main-main ke sini, bisa sekalian berwisata sejarah di Candi Ijo yang terkenal dengan spot sunset yang tak kalah keren ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Ukiran Wayang Pada Dinding Tebing Breksi (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Ukiran Wayang Pada Dinding Tebing Breksi (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Harga tiket masuk yang harus Teman Traveler bayarkan untuk menikmati keindahan yang disuguhkan oleh Tebing Breksi ini adalah Rp0 artinya tidak ada biaya tiket masuknya.

Pemandangan Dari Atas Tebing Breksi (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Pemandangan dari Atas Tebing Breksi (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Sebelum masuk area wisata, biasanya Teman Traveler akan ditawarkan untuk membayar uang retribusi seikhlasnya saja. Jadi, ketika berwisata di sini, Teman Traveler hanya perlu membayar uang parkir saja yaitu Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam operasional wisata ini adalah jam 05:00 WIB sampai dengan 18:00 WIB. Jadi, kalau datang ke sini pagi-pagi sekali, Teman Traveler bisa menanti panorama sunrise dan ketika berkesempatan berkunjung pada sore hari, Teman Traveler bisa menikmati panorama sunset juga.

Spot Foto Keren

Spot Foto Keren di Area Tebing Breksi (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Spot Foto Keren di Area Tebing Breksi (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Wisata Tebing Breksi ini memiliki dinding-dinding dan tebing yang diubah menjadi ukiran-ukiran yang sangat cantik. Sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung di sini untuk berfoto dan mengabadikan momen, karena banyak spot-spot foto keren di area tebing ini. Spot ini juga biasa dijadikan sebagai background pre wedding ataupun acara lainnya seperti pentas seni dan sebagainya.

Dulunya Area Tambang, Kini Jadi Artistik dan Menawan

Artistik dan Menawan (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Artistik dan Menawan (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Pada 30 Mei 2015, Sri Sultan Hamengkubuwono X telah meresmikan sebuah prasasti yang menyebutkan bahwa Taman Tebing Breksi adalah salah satu lokasi cagar budaya. Tebing ini pada awalnya adalah lokasi tambang batu breksi yang menjadi sumber pendapatan masyarakat sekitar. Namun siapa yang mengira jika kemudian tebing ini bertransformasi menjadi sebuah objek wisata Kota Yogyakarta yang banyak disukai oleh wisatawan khususnya orang-orang yang menyukai petualangan alam.

Bekas Area Tambang (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk
Bekas Area Tambang (c) Alviani Suwoko/Travelingyuk

Tebing Breksi sekarang telah menjadi sebuah wisata yang mempunyai nilai seni yang tinggi karena setiap batu dan dindingnya terdapat ukiran-ukiran tangan yang sangat cantik dan menawan. Ukiran-ukiran ini ditatah dengan manual menggunakan alat-alat yang sederhana oleh tangan-tangan lihai para seniman.

Bagaimana Teman Traveler, tertarik untuk mengunjungi wisata Taman Tebing Breksi yang ada di Kota Yogyakarta ini? Yuk segera agendakan! Next

ramadan
Museum Pangeran Diponegoro

Museum Monumen Pangeran Diponegoro, Jejak Perjuangan Masa Silam

Jogan, Perpaduan Eksotik Air Terjun di Pantai Selatan Yogyakarta