in ,

Telaga Bodas, Inikah Saudara Kembar Kawah Putih Ciwidey?

Telaga Bodas [image source]

Yuk main dan menyingkap pesona objek wisata Garut yang menawan! Kegiatan ini pas banget untuk membangkitkan semangatmu kembali. Dengan melihat-lihat kecantikan alam terutama di Garut, maka kamu akan lebih bersyukur bisa tinggal dikelilingi oleh pemandangan yang menakjubkan.

Baca juga : Taman Prestasi Surabaya, Liburan Gratis dengan Suasana Super Nyaman

Satu kata untuk menggambarkan keindahan alam kabupaten Garut: Luar Biasa! Kabupaten ini tidak hanya dianugerahi bentang alam yang mirip dengan Swiss yang membuatnya dijuluki Swiss van Java namun juga dilengkapi dengan puluhan air terjun cantik yang bikin mata terpana. Belum cukup itu semua kini muncul satu destinasi anyar bernama Telaga Bodas.

Telaga Bodas [image source]
Telaga Bodas merupakan destinasi wisata yang lagi hits di Garut karena mempunyai pemandangan yang indah berupa kawah belerang berwarna putih kehijauan. Hal ini mengingatkan banyak traveler akan keberadaan Kawah Putih Ciwidey di Bandung yang punya karakteristik serupa. Bisa jadi Telaga Bodas adalah saudara kembar dari Kawah Putih Ciwidey.

telaga bodas dengan air panas alami
telaga bodas dengan air panas alami [via]
Di dalam kawah utamanya, suhu air berkisar antara 85-95 derajat celcius yang artinya sangat berbahaya untuk digunakan mandi. Tapi di sekitar Telaga Bodas dibangun kolam pemandian khusus yang cukup aman digunakan berendam bagi pengunjung yang datang. Apalagi kandungan belerang di dalam air dipercaya bisa menyembuhkan banyak penyakit kulit dan juga rematik.

Telaga Bodas terletak di ketinggian sekitar 1512 mdpl. Jika melihatnya di dalam peta telaga ini berada di perbatasan antara kabupaten Garut dan Tasikmalaya, lebih tepatnya di wilayah administratif desa Sukamenak, kecamatan Wanaraja, kabupaten Garut, provinsi Jawa Barat. Traveler akan dihadapkan pada perjalanan panjang saat berkunjung ke Telaga Bodas namun jangan khawatir karena sepanjang perjalanan akan banyak pemandangan keren yang membuatmu tak akan bosan.

Telaganya Luas dan Asri
Telaganya Luas dan Asri [via]
Untuk memasuki kawasan wisata Telaga Bodas setiap pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp. 5 ribu. Setelah memarkir kendaraan barulah pengunjung melanjutkan perjalanan sekira 200 meter menuju ke kawasan kawah. Sekitar 15 menit berjalan kaki akan terlihat hamparan luas kawah putih yang luas dengan kepulan asap yang makin membuat suasana terasa dramatis.

bahkan bisa dibilang mirip dengan danau di selandia baru
bahkan bisa dibilang mirip dengan danau di selandia baru [via]
Siapkan kamera dan abadikan gambar kawah yang dikepung perbukitan dan gunung di sekelilingnya. Di sekitar kawah telah diberi batas aman pengunjung mendekati kawah, seperti diketahui suhu air Telaga Bodas mendekati mendidih yang sangat berbahaya. Adapun rute yang bisa dilalui untuk menuju ke Telaga Bodas antara lain dari Tol Cileunyi Garut – Wanaraja atau Limbangan – Cibatu – Wanaraja.

Informasi Lokasi

Nama: Kawah Talaga Bodas

Alamat: Sukamenak, Wanaraja, Garut, Jawa Barat 44183, Indonesia

Itulah beberapa ulasan tentang Telaga Bodas, salah satu tempat wisata Garut yang keren. Segera luangkan waktumu untuk membuktikan keindahannya dengan mata kepala sendiri. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

11 Destinasi Wisata Kabupaten Ciamis dan Sekitarnya yang Dijamin Bakal Bikin Traveler Makin Eksis

Mendengar Nyanyian Alam Lewat Gemercik Air Curug Cimahi