in , ,

Telaga Merdada, Pesona Wisata Tersembunyi di Dataran Tinggi Dieng

Menikmati Kesunyian Dalam Belaian Indah Telaga Merdada

Telaga Merdada
Telaga Merdada (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Dataran Tinggi Dieng sudah lama dikenal tawarkan panorama alam begitu indah. Berada di ketinggian 2.000 mdpl, suhu di sekitar sini luar biasa dingin, bisa mencapai 6 derajat celcius di malam hari. Terlepas dari itu, ada banyak wisata keren bisa Teman Traveler sambangi di sini. Salah satunya adalah Telaga Merdada yang tersembunyi.

Baca juga : Villa Instagenic di Batu Bergaya Skandinavia, Suasananya Bikin Enggan Beranjak!

Mudah Dijangkau

img_20190822_wa0062_GMR.jpg
Gapura dan bangunan ikonik (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Berada tak jauh dari pintu masuk Dieng, sekitar 3,7 km ke arah utara Teman Traveler akan temukan gapura petunjuk menuju Telaga Merdada. Jika tak ingin tersesat, kalian harus ikuti petunjuk dari Google Maps. Jangan ragu meski kalian bakal menemukan tanda verboden ketika melalui kawasan PLTU.

dscn9161_P9w.JPG
Telaga Merdada (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Begitu melintasi tanda tersebut, di puncak tanjakan Teman Traveler akan temukan menemukan beberapa fasilitas wisata. Hal ini menandakan kalian sudah sampai di lokasi Telaga Merdada.

Telaga Terbesar

dscn9171_R6W.JPG
Berfoto dengan latar belakang telaga (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Merdada merupakan telaga terbesar di dataran Dieng. Luasnya mencapai kurang lebih 15 hektar. Masih unggul dibanding Telaga Warna maupun Pengilon, dua destinasi favorit wisatawan sekitar Dieng.

Berada di kawasan PLTU membuat lokasi danau ini cukup terpencil dan relatif sepi. Teman Traveler akan menemukan lebih banyak wisatawan lokal ketimbang turis mancanegara. Sebagian besar berasal dari sekitaran Wonosobo dan jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Bahkan lebih banyak nampak para pekerja PLTU dan petani di sekitar sini.

Fasilitas Belum Optimal

Fasilitas di dekat telaga ini terbilang cukup lengkap. Teman Traveler bahkan akan menemukan bangunan ruko dan lahan parkir yang sudah dilapisi beton. Sayangnya, semuanya seolah terbengkalai karena kawasan sekitar telaga terkesan dibiarkan tanpa pengelolaan. Tidak ada tiket masuk, meski berdasarkan informasi warga lokal biasanya wisatawan harus membayar tarif sekitar Rp5.000 per orang.

Jembatan Ikonik

dscn9190_mVW.JPG
Jembatan ikonik di sekitar telaga (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Telaga luas dan ruas jalan besar menuju area tengah menjadi pemandangan paling khas di sini. Teman Traveler akan menemukan sebuah bangunan dan aula terbuka di ujung jembatan. Tempatnya sendiri tidak terlalu luas, namun kerap jadi tempat favorit pengunjung untuk berswafoto.

img_20190822_wa0073_Eap.jpg
Jembatan yang Instagenic (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Perbukitan di sekeliling danau membuat pemandangan sekitar sini terasa makin menyejukkan. Teman Traveler bakal disuguhi panorama perkebunan luas nan hijau, lengkap dengan hembusan angin dan sinar hangat mentari. Berada di sini, kalian dijamin bakal betah berlama-lama.

Itulah sedikit ulasan mengenai Telaga Merdada, sebuah wisata keren di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Panoramanya sungguh luar biasa apik dan tawarkan atmosfer tenang yang memanjakan. Bagaimana, adakah di antara Teman Traveler yang tertarik mampir ke sini? Next

ramadan
Taman Jinja Bali

Taman Jinja,Pesona Bali ala Negeri Sakura

Batu Angus Ternate

Wisata Batu Angus, Bukti Dahsyat Kekuatan Gamalama