in ,

Telaga Nilem, Umbul Ponggok a la Kuningan

Visibilitas Telaga Nilem Juara, via instagram

Spot snorkeling di air tawar paling terkenal saat ini adalah Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah. Namun siapa sangka jika kabupaten Kuningan juga memiliki pesaingnya berupa Telaga Nilem, airnya jernih, alam bawah airnya persis seperti di laut. Bakal keren jika traveler abadikan dengan kamera underwater!

Baca juga : Viral! Ramainya Jalur Pendakian Gunung bak Pasar yang Pindah

Telaga Nilem di Kabupaten Kuningan tengah menjadi buah bibir traveler. Kolam alami yang tidak terlalu besar ini mempunyai air yang sangat jernih hingga dasar telaga terlihat sangat jelas dengan mata kepala telanjang. Inilah keunikan pertama yang dimiliki telaga di kaki Gunung Ciremai dimana biasanya sebening-beningnya air telaga tidak sampai sebening Telaga Nilem.

Telaga Nilem, via instagram
Telaga Nilem, via instagram

Keunikan kedua terletak pada aktivitas traveler yang datang. Mereka tidak sekedar mandi di kolam namun ada yang menyelam dan snorkelingan. Wajar memang mengingat dasar telaga yang bisa dilihat dengan jelas membuat banyak traveler tahu jika pemandangan bawah airnya sangat keren dengan formasi batuan sebagai terumbu karangnya dan tanaman air layaknya rumput laut.

http://websta.me/p/1190927391717891860_1771337086

Visibilitas Telaga Nilem Juara, via instagram
Visibilitas Telaga Nilem Juara, via instagram

Hanya satu hal yang membedakan Telaga Nilem dengan Umbul Ponggok di Klaten yaitu tidak adanya motor, TV serta properti lain di dalam kolam. Tanaman air dan juga bebatuan yang khas adalah pengganti yang sepadan jika traveler butuh background foto yang kece. Foto di dalam telaga ini terlihat lebih alami dan bisa mengecoh banyak orang karena hasilnya yang sangat mirip dengan snorkelingan di laut.

Telaga Nilem memiliki 2 kolam yang berbeda kedalaman. Satu kolam dengan kondisi dangkal dengan kedalaman maksimal 2 meter dan kolam satunya punya kedalaman hingga 5 meter. Datang ke telaga ini paling bagus sebelum dan setelah pukul dua belas siang saat matahari dalam posisi condong. Saat itu pencahayaan ke dalam kolam akan maksimal dan terlihat keren jika di foto.

Berenang di Telaga Nilem, via instagram
Berenang di Telaga Nilem, via instagram

Lokasi telaga ini berada di Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Letaknya tidak jauh dari Telaga Remis yang cukup terkenal di kabupaten ini. Keduanya berada pada jalur yang sama dan juga sama-sama berada di kaki Gunung Ciremai yang memiliki udara sejuk dan lingkungan asri. Satu lagi tempat wisata ini belum cukup ramai jadi kalian bisa puas kalau mau berenang, menyelam, snorkelingan atau selfie-selfian. Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Wisata Anti Mainstream di Kota Batu, Mendaki Gunung Panderman Men!

Wisata Kabupaten Gunungkidul Yang Mempesona