in ,

10 Tempat Buka Puasa Bersama di Pacitan yang Paling Populer

Bulan puasa umumnya dimanfaatkan untuk mempererat tali silaturahim. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan acara buka bersama (bukber) dengan keluarga maupun dengan teman-teman yang telah berpisah lama. Tradisi ini juga dilakukan oleh warga Pacitan, mulai pertengahan Ramadan hingga menjelang lebaran rumah-rumah makan selalu dipenuhi pembeli yang sedang mengadakan acara bukber.

Baca juga : Cicipi Soto AHRI, Kuliner Garut yang Istimewa

Bukber ini kebanyakan dilakukan oleh anak-anak muda untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman seangkatan semasa sekolah. Satu orang bisa melakukan bukber hingga beberapa kali dengan catatan bukber dengan teman semasa SD, SMP, SMA hingga teman kuliah. Sepuluh tempat ini adalah lokasi paling populer yang biasa digunakan untuk bukber warga Pacitan yang bisa kalian gunakan sebagai referensi jika mau mengadakan bukber di kota kecil ini.

1. Mekar Jaya Seafood

Mekar Jaya Seafood adalah restoran yang menyajikan menu-menu utama ikan laut. Lokasinya berada di Jalan Letjend. Suprapto atau tepat berada di seberang jalan Kantor Kecamatan Pacitan sekitar 3 kilometer sebelah barat alun-alun kota. Restoran ini cukup luas yang terdiri dari dua lantai dan sanggup menampung banyak tamu.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BGREoROC73P/?tagged=mekarjayaseafood hidecaption=true width=640]

Pilihan makan pun bisa disesuaikan mau menggunakan meja atau cara lesehan. Bagi warga Pacitan rumah makan ini tergolong salah satu yang mewah sehingga tidak semua anak muda mengadakan acara buber di restoran ini. Umumnya mereka yang telah bekerja dan memiliki penghasilan saja yang memilih tempat ini. Menu yang tersedia di Mekar Jaya Seafood dibanderol dengan kisaran harga mulai dari 15 ribu hingga ratusan ribu per porsi.

2. Rumah Makan Khase Pacitan

Berada di sebelah selatan Mekar Jaya Seafood terdapat rumah makan Khase Pacitan yang biasanya menawarkan paket buka bersama di bulan Ramadan seperti sekarang. Rumah makan ini mengusung konsep tradisional, dapat dilihat dari keseluruhan bangunannya yang terbuat dari kayu dan berbentuk bangunan Jawa yang khas.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/6L8cOoji2v/?tagged=khasepacitan hidecaption=true width=640]

Rumah makan Khase Pacitan dibangun berbentuk panggung yang berada di tengah sawah. Jika musim tanam, tamu yang makan di rumah makan ini akan disuguhi pemandangan hamparan padi yang hijau. Menu makanan di sini umumnya adalah ayam goreng dan panggang. Pilihan lain yang juga terjangkau untuk bukber anak muda terdapat di samping rumah makan Khase Pacitan. Ada warung makan lesehan yang menyuguhkan menu utama berupa rica-rica.

3. Rumah Makan Mbarak Asri

Beralih ke kawasan Jalan Dewi Sartika, kelurahan Sidoharjo, kecamatan Pacitan terdapat sebuah rumah makan yang juga menjadi langganan anak muda untuk buka bersama. Namanya rumah makan Mbarak Asri. Rumah makan ini terletak di sebelah timur Dinas Pendidikan kabupaten Pacitan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/5MeqrYx-oO/ hidecaption=true width=640]

Rumah makan Mbarak Asri menyediakan banyak pilihan menu makanan yang bisa digunakan untuk berbuka puasa. Areanya cukup luas dan mampu menampung ratusan tamu. Ruang makannya juga cukup nyaman dengan pemandangan sawah. Rumah makan ini satu-satunya yang menawarkan makan gratis pada ibu hamil di akhir pekan. Untuk menikmatinya traveler musti tanya dulu apakah promonya masih berlaku atau tidak.

4. Rumah Makan Mbok Resack

Menu Mbok Resack ini sebenarnya sudah ada sejak dahulu dan dikenal sebagai juaranya ayam bakar dan ayam panggang di Pacitan. Kini Rumah Makan Mbok Resack hadir di lokasi baru yang beralamat di lingkungan Tuban, kelurahan Sidoharjo atau di pinggir jalan menuju ke Alijah.

Rumah Makan Mbok Resack [image source]
Rumah Makan Mbok Resack [image source]
Rumah Makan Mbok Resack memang ahlinya dalam menghidangkan menu ayam bakar dan panggang yang super pedas. Tersedia pula es buah dan menu lainnya. Para pembeli tidak perlu khawatir dengan ketersediaan tempat sebab rumah makan ini memiliki tempat yang sangat luas. Kalau butuh hiburan di saan juga tersedia fasilitas karaoke.

5. Rumah Makan Mbok Gandos

Rumah makan ini cukup terkenal di Pacitan. Lokasinya berada di pinggir jalan Pacitan-Solo dengan pemandangan pantai Teleng Ria Pacitan. Dari pusat kota rumah makan ini bisa ditempuh selama kurang dari 10 menit.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/9NOr2qDJgc/?tagged=gandospacitan hidecaption=true width=640]

Rumah makan Mbok Gandos menyediakan aneka menu olahan ikan laut yang disajikan bersamaan dengan urap dan menu lainnya. Minuman utama yang tersedia di rumah makan ini adalah es degan atau es kelapa muda yang segar.

6. Cangkir Cafe

Cangkir Cafe adalah tempat makan dan nongkrong yang terbilang bar di Pacitan. Akan tetapi keberadaannya sudah mendapatkan tempat tersendiri di hati anak muda. Pasalnya kafe ini mengusung konsep tradisional dan menyuguhkan menu-menu yang enteng di kantong pelajar dan mahasiswa.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BFWWbTfKtOe/?tagged=cangkircafe hidecaption=true width=640]

Menyambut Ramadan, Cangkir Cafe menawarkan paket berbuka yang lezat namun tetap terjangkau. Menu utamanya adalah ayam kremes tulang lunak. Buat yang mau mencoba bukber dengan teman-teman di Cangkir Cafe bisa langsung datang ke kawasan dekat kampus STKIP PGRI Pacitan, kelurahan Ploso.

7. Kampoeng Pacitan

Traveler yang mau bukber di tempat yang kece dan nyentrik pilihannya adalah dengan datang ke Kampoeng Pacitan. Kampoeng Pacitan adalah sebuah penginapan yang memiliki konsep unik berupa perpaduan bangunan joglo dan bangunan khas daerah Lombok.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BCEo-7Mqjxt/?tagged=kampungpacitan hidecaption=true width=640]

Kampoeng Pacitan juga dilengkapi dengan restoran yang asyik untuk menggelar acara buka bersama. Apalagi pembeli bisa memilih tempat sesuai keinginan mau di restoran panggung yang menghadap ke sawah atau restoran joglo dengan pemandangan kolam di belakangnya. Alamat Kampoeng Pacitan berada di Jalan WR Supratman, arah menuju ke Pantai Teleng Ria.

8. Lesehan Bukit Indah

Lesehan Bukit Indah atau lebih dikenal dengan sebutan LBI ini adalah warung makan tradisional yang menempati sebuah lahan di perbukitan barat kota dengan pemandangan kota Pacitan lengkap dengan Teluk Pacitan. Warung makan ini cukup populer dan menjadi jujugan banyak traveler yang berlibur ke kota ini.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/_8rNnDCapk/?tagged=lesehanbukitindah hidecaption=true width=640]

Selain lokasinya yang nyaman dengan pemandangan yang indah, LBI disukai lantaran menu yang tersedia sangat khas yaitu nasi thiwul dengan sambal dan urap serta lauk ikan laut goreng. Selain itu harga makanan di sana juga terbilang sangat terjangkau.

9. Kampoeng Nelayan

Kampung Nelayan hadir untuk memberikan pengalaman bersantai yang eksklusif di kota Pacitan. Restorannya berada tepat di pinggir pantai Teleng Ria sehingga tamu yang datang bisa makan sambil menyaksikan keindahan pantai di pusat kota.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/BENWjOTNug3/?tagged=kampoengnelayan hidecaption=true width=640]

Karena statusnya sebagai restoran mewah yang berada di sebuah objek wisata populer tentu saja harganya kurang bersahabat untuk kantong mahasiswa atau bahkan pelajar. Pun demikian untuk orang yang berduit restoran ini layak untuk digunakan menggelar bukber dengan kolega.

10. Tamperan View

Hampir sama dengan Kampung Nelayan, Tamperan View juga restoran yang menawarkan pengalaman makan yang eksklusif di pinggir pantai. Lokasinya berada di ujung barat pantai Teleng Ria. Untuk mengakses ke sana calon pembeli harus melewati jalan yang mengarah ke dermaga Tamperan Pacitan.

[instagram url=https://www.instagram.com/p/5bmjimlhSN/?tagged=tamperanview hidecaption=true width=640]

Menu makanannya beraneka ragam tidak hanya sebatas menu-menu seafood. Tersedia pula fasilitas karaoke di tempat ini sebagai hiburan. Yang pasti hal yang paling menonjol dari tempat ini adalah viewnya yang keren.

Itulah tempat-tempat keren untuk buka bersama di Pacitan. Sudah memutuskan mau berbuka bersama di rumah makan yang mana? Next

ramadan

Written by Alfri

Aku orangnya suka traveling terutama menjelajahi tempat-tempat yang belum banyak dijamah para turis.

Inikah Tempat Pembuangan Akhir dengan View Paling Keren?

6 Makanan Khas Asli Lombok, Dijamin Nikmat