in , ,

Beberapa Tempat Paling Kotor di Bandara Yang Wajib Kamu Waspadai

Baki jinjing keamanan ketika masuk di peron bandara
Baki jinjing keamanan ketika masuk di peron bandara

Bandara menjadi tempat berkumpulnya banyak orang untuk berpindah tempat dengan moda transportasi pesawat. Banyaknya penumpang yang silih berganti dan luasnya apron bandara membuat beberapa sudut jarang dibersihkan secara detail. Meski terlihat bersih namun debu dan kotoran kecil lainnya tetaplah menempel.

Baca juga : Wisata Gunung di Jawa Tengah yang Juga Oke Untuk Camping

Nah, teman traveler untuk tetap mewaspadai area kotor bukan hanya dikabin pesawat melainkan juga disisi bandara.

Area bermain anak-anak

Dimanapun berada fasilitas bermain anak-anak akan buka hingga mendekati 24 jam. Seringnya terisi oleh anak-anak ketika para orang tua menunggu keberangkatan pesawat menjadikan tempat ini sangat minim dibersihkan. Banyak sumber yang mengatakan lebih dari 70 persen bagian dalam bandara ternyata tempat bermain anak prosentase paling kotor.

Area bermain anak-anak didalam bandara
Area bermain anak-anak didalam bandara. Foto via detik.com

Banyak permainan di sini seperti seluncuran, jungkat jungkit atau gym untuk anak. Biasanya tempat ini akan digunakan oleh orang tua yang membawa anak mereka sembari menunggu keberangkatan pesawat. Namun, ternyata 67 persen bagian dari permainan anak terdapat bakteri setelah para peneliti menyeka dan dilakukan penelitian.

Baki jinjing keamanan

Pastinya kamu tahu dong tenatng baki jinjing keamanan yang ada di pintu masuk peron bandara. Biasanya akan kamu ketahui ketika mulai diharuskan untuk meletakkan sabuk pinggang, handphone, dan sejenisnya agar tidak masuk ke dalam sinar X. Maka petugas akan menyiapkan baki untuk barang-barang jenis elektronik.

Baki jinjing keamanan ketika masuk di peron bandara
Baki jinjing keamanan ketika masuk di peron bandara. Foto via airport.id

Baki ini tidak luput dari ribuan tangan manusia yang bergantian, tidak menutup kemungkinan mudahnya para bakteri berpindah dari baki ke tangan atau tubuhmu.

Kursi ruang tunggu

Runag tunggu bandara tersedia ratusan kursi diapron bandara
Runag tunggu bandara tersedia ratusan kursi diapron bandara. Foto via jogja.suara.com

Memang kursi ruang tunggu adalah tempat paling banyak dikerumuni penumpang. Siapa juga yang mau berdiri berjam jam menunggu kedatangan pesawat. Kursi penumpang menjadi tempat paling kotor di bandara karena kursi-kursi ini sangat jarang dibersihkan oleh pihak kebersihan bandara. Tetaplah menggunakan handsanitizer ketika meninggalkan aktivitas dari kursi penumpang di bandara.

Mesin ATM

Bandara setidaknya menyuguhkan mesin ATM dari berbagai banker. Tentunya menjadi tujuan banyak penumpang untuk melakukan transaksi. Mesin ATM dimanapun berada tidak mungkin dalam satu hari dibersihkan oleh petugas dari banker. Tidak menutup kemungkinan bakteri hingga debu disudut mesin ATM bisa dikatakan banyak.

Air Minum Mancur Gratis (water fountain)

Fasilitas bandara memang tergolong komplit, bahkan pihak angkasa pura juga menyediakan air minum gratis untuk penumpang diberbagai sudut area. Air minum gratis ini biasanya berupa water fountain atau air minum mancur. Karena gratis untuk penumpang, wajar saja jika banyak penumpang yang memanfaatkannya.

Air siap minum water fountain didalam bandara
Air siap minum water fountain didalam bandara. Foto via twitter.com

Namun tingkat kebersihan water fountain juga perlu kamu perhatikan. Banyak sekali tangan penumpang yang memencet tombol panel menjadi posisi paling banyak terkontaminasi bakteri. Dan bahayanya lagi bakteri ini akan berpindah ke air yang mengalir masuk kedalam tubuhmu.

Mesin Checkin

Mesin checkin di bandara yang semuanya berlayar sentuh ini menjadi tempat kontaminasi banyak bakteri. Bahkan mesin ini jarang sekali dibersihkan petugas karena banyaknya penumpang yang silih berganti menggunakan mesin ini. Jadi, untuk mengurangi penyebaran bakteri dan menghindari antrian masuk peron, cobalah untuk mencetaknya ketika kamu masih berada didalam rumah. Next

ramadan
Pagoda 500 tahun roboh

Diterjang Hujan Lebat, Pagoda Berumur 500 Tahun Miring Sampai Roboh!

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi, Budidaya Tanaman Langka Sekaligus Suguhkan Kegiatan Super Seru