in

Tempat Wisata di Jogja yang Belum Banyak Terekspos Media

Tak dipungkiri lagi, ada begitu banyak tempat wisata di Jogja yang selalu menarik perhatian wisatawan. Mulai dari Pasar Malioboro yang menawarkan keseruan berbelanja dengan harga murah meriah hingga Pantai Parangtritis yang cantiknya luar biasa, objek-objek wisata Jogja tersebut pasti menjadi tempat yang sempurna  untuk menghabiskan liburan.

Baca juga : Menyepi di Bukit Batu Lawang, Spot Tersembunyi Banten yang Menawan

Sayangnya, makin hari lokasi-lokasi tersebut makin ramai pengunjung sehingga terkadang susah untuk sekedar berjalan santai dan menikmati suasana Jogja yang asri. Kalau kali ini Anda ingin bertandang ke Jogja dan mengunjungi tempat yang masih sepi dari wisatawan, 5 lokasi tersembunyi ini layak dijadikan pilihan:

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Sering bermimpi bisa merasakan berselancar di atas gunung salju? Hmm, kalau cita-cita itu masih terlalu jauh, tak ada salahnya mencoba dulu wisata selancar pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo. Lokasi ini merupakan sebuah gurun pasir yang terletak di sekitar hilir Sungai Opak, Parangtritis. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun juga bersepeda motor. Tak terlalu jauh kok, dari pusat kota. Dengan waktu perjalanan 40 menit, Anda sudah bisa tiba di salah satu tempat wisata terbaik Jogjakarta ini.

Gumuk Pasir Parangkusumo
Gumuk Pasir Parangkusumo [via metravel.website]
Asal Anda tahu, lokasi selancar pasir ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia. Bahkan kabarnya, di dunia hanya ada 2 gurun pasir yang bisa digunakan untuk berselancar, yang satu terletak di Meksiko dan satu lagi berada di Jogjakarta. Tarif untuk masuk ke tempat wisata ini cukup murah, hanya Rp 3.000 per orang. Sedangkan jika ingin merasakan serunya sandboarding, Anda bisa menyewa peralatan seharga Rp 200 ribu untuk digunakan selama 2 jam.

2. Kebun Buah Mangunan

Kalau ingin menyepi sejenak dari suasana Jogja yang ramai terutama pada musim liburan, Anda bisa mencoba berkunjung ke Kebun Buah Mangunan. Hanya berjarak 35 kilometer dari pusat kota Jogjakarta, lokasi Kebun Buah Mangunan bisa ditempuh dalam 50 menit menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata Yogyakarta ini adalah pemandangan alamnya yang memukau, dengan pesona bukit, sungai, dan juga laut yang terlihat dari kejauhan.

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan [via evazahra.com]
Setelah mengunjungi Kebun Buah Mangunan, Anda bisa langsung meneruskan perjalanan ke lokasi Hutan Pinus Dlingo yang memiliki hawa super sejuk dengan suasana tak kalah tenangnya. Jarak dari Kebun Buah Mangunan ke kawasan hutan pinus cukup dekat dan bisa ditempuh melalui jalur off road maupun jalanan beraspal bagi yang menggunakan mobil dan motor. Hebatnya lagi, Anda hanya butuh Rp 5.000 saja untuk masuk ke Kebun Buah Mangunan dan bisa lanjut ke Hutan Pinus Dlingo secara cuma-cuma.

3. Waduk Sermo Kalibiru, Kulon Progo

Ingin menikmati liburan dengan trekking di area hijau? Berlibur ke kawasan desa wisata Kalibiru merupakan pilihan terbaik. Tempat wisata di Jogjakarta yang terletak di daerah Pegunungan Menoreh, Kecamatan Kokap, Kulon Progo ini merupakan spot terbaik untuk trekking sambil menikmati keindahan hutan yang asri. Tak cuma itu saja, jika terus naik melewati hutan pinus, Anda akan bisa menikmati pemandangan Waduk Sermo yang indah.

Waduk Sermo Kalibiru
Waduk Sermo Kalibiru [via wordpress]
Lokasi trekking di daerah ini cukup nyaman karena ada tangga bambu yang mempermudah perjalanan Anda. Sepanjang jalur trekking, ada banyak lokasi untuk beristirahat dan berfoto, sehingga dijamin Anda tak akan merasa bosan. Untuk menikmati keindahan desa wisata Kalibiru dan Waduk Sermo, Anda cukup membayar Rp 3.000 saja.

4. Candi Sambisari

Jogja mungkin identik dengan Candi Prambanan. Tapi tak banyak yang tahu kalau ada juga candi lain yang menyimpanan keindahan tersendiri dengan sejarah menakjubkan, yaitu Candi Sambisari. Candi yang terletak di Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman ini merupakan candi Hindu yang ditemukan pada tahun 1966. Lokasi candi ini dulunya merupakan area persawahan, sehingga dibutuhkan waktu selama lebih dari 20 tahun untuk menggali dan menyatukan batu-batu Candi Sambisari.

Candi Sambisari
Candi Sambisari [via wikimedia.org]
Di area candi yang terletak 6,5 meter lebih rendah dari permukaan tanah ini Anda bisa melihat patung Dewi Durga yang merupakan istri dari Dewa Siwa. Keindahan candi juga semakin terlihat dengan adanya 3 candi pendamping di sekitar bangunan utama. Dan lagi-lagi, Anda tak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menikmati objek wisata Jogja ini.

5. Gua Jomblang

Untuk para pecinta petualangan, Jogja juga punya lokasi wisata yang wajib ditaklukkan. Di perbukitan karst Gunung Kidul, tersembunyi sebuah gua vertikal dengan keindahan magis yang akan memukau siapapun. Ya, Gua Jomblang merupakan kawasan alami dengan hutan yang menyimpan berbagai vegetasi langka.

Gua Jomblang
Gua Jomblang [via komunitaswisata.com]
Keindahan akan semakin terasa jika Anda menuruni kedalaman Gua Jomblang yang sayangnya membutuhkan biaya cukup mahal. Untuk alasan keamanan dan kebutuhan peralatan pendukung, biaya mencapai dasar Gua Jomblang mencapai Rp 225 ribu per orang. Selain bisa menyewa peralatan, Anda juga akan didampingi oleh guide yang sudah berpengalaman. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Jomblang adalah pada siang hari di mana cahaya matahari akan terlihat sangat indah dari dasar gua.

Bagaimana, merasa tertantang dengan kelima tempat wisata di Jogja yang belum terekspos media tersebut? Buktikan sendiri keindahannya dalam liburan Anda berikutnya! Next

ramadan

Written by andi

andi

Wisata Gunung Bromo adalah Bukti Matahari Terbit Itu Cantiknya Luar Biasa

Destinasi Jalan-Jalan di Kota Cibubur dan Sekitarnya