in ,

Tempat Wisata di Lembang yang Cocok untuk Liburan Bareng Keluarga

Nah, Lembang menjadi tempat yang sempurna untuk dituju karena memiliki berbagai objek wisata Bandung. Di daerah berhawa dingin ini, Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam menakjubkan serta suasana khas pedesaan yang membuat rileks. Kalau masih bingung tentang tujuan apa saja yang bisa dikunjungi bersama keluarga, yuk coba simak informasinya berikut ini:

Baca juga : Taman Cinta Talagening, Destinasi Romantis Remaja Purbalingga

1. Ranca Upas

Wisata Lembang [image source]

Tempat wisata yang terletak di Jalan Raya Ciwidey, Palenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, ini merupakan salah satu tujuan terbaik untuk menikmati liburan bersama keluarga. Lokasi ini merupakan tempat penangkaran rusa yang termasuk ke dalam Balai Konservasi dan Bumi Perkemahan. Di tempat ini, Kamu bisa mengajak anak-anak untuk berinteraksi dengan rusa yang dilepaskan di lahas luas dan hijau. Kamu juga diperbolehkan memberi makan rusa dengan membeli makanannya seharga Rp 5 ribu saja.

Wisata Lembang [image source]

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa berkemah dan menikmati serunya bermalam di area Ranca Upas. Peralatan berkemah bisa disewa dengan harga yang cukup terjangkau.  Ada juga area pemandian yang bisa dijadikan tempat bermain anak-anak. Untuk masuk ke tempat wisata Lembang ini cukup membayar Rp 10 ribu pada hari biasa dan Rp 15 ribu pada akhir pekan. Biaya tersebut belum termasuk parkir Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Lokasi :  Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Patengan, Rancabali, Bandung

2. Observatorium Bosscha

Wisata Lembang [image source]

Tempat wisata lain yang sempurna untuk liburan bersama keluarga di Lembang adalah Observatorium Bosscha. Observatorium ini mulai terkenal karena menjadi lokasi syuting film layar lebar Petualangan Sherina yang dibintangi oleh Sherina Munaf dan Derby Romero. Bangunan observatorium yang unik ini didirikan pada tahun 1923 dan merupakan yang pertama di Indonesia. Tak hanya itu saja, observatorium ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara sehingga banyak menjadi tujuan para peneliti untuk mengamati objek di angkasa.

Wisata Lembang [image source]

Di dalam observatorium ini, ada teleskop raksasa yang bisa digunakan untuk mengamati Galaksi Bima Sakti. Tempat wisata di Lembang ini buka pada pukul 9 pagi hingga 1 siang serta pada pukul 5 sore hingga 8 malam. Di hari-hari tertentu,  banyak dikunjungi para mahasiswa dan umum yang melakukan penelitian. Ada baiknya kamu melakukan konfirmasi terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Lokasi : Peneropong Bintang, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

3. Hutan Jaya Giri

Wisata Lembang [image source]

Satu lagi objek wisata di Lembang yang menyuguhkan keindahan alam dan cocok untuk melepaskan penat bersama keluarga tersayang. Cobalah berkunjung Wisata Alam Taman Hutan Jaya Giri Lembang yang memiliki luas lebih dari 7 hektar dan berdekatan dengan Gunung Tangkuban Perahu. Tak seperti hutan pada umumnya yang tak terlalu terawat, Hutan Jaya Giri ini sangat terawat sehingga cocok untuk lokasi foto. Hutan homogen di lokasi ini menciptakan pemandangan unik yang sulit kamu dapatkan di lokasi lain.

Wisata Lembang [image source]

Wisata alam di Lembang ini terletak tak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung, sekitar 17 km. Akses ke lokasi ini bisa dengan mudah ditempuh menggunakan kendaraan roda empat, roda dua, bisa juga ditempuh menggunakan kendaraan umum. Biaya masuk ke tempat ini cukup murah, hanya Rp. 5 ribu per orang sedangkan untuk berkemah, kamu cukup mengeluarkan biaya Rp. 8 ribu. Tiket ini juga sudah termasuk biaya asuransi.

Lokasi : Lembang, Bandung

4. The Farm House

Wisata Lembang [image source]

Kalau ingin mengajak anak-anak ke lokasi wisata yang unik dan berbeda dari biasanya, berkunjunglah ke The Farm House. Lokasi wisata ini dibuat menyerupai desa para Hobbit yang semuanya berukuran mini. Suasanya di The Farm House mirip sekali dengan pedesaan di New Zealand, lengkap dengan padang rumputnya. kamu pun bisa berfoto bersama anak-anak dengan kostum khas New Zealand. Pas sekali dijadikan kenang-kenangan bersama keluarga.

Wisata Lembang [image source]

Tempat liburan yang tergolong baru ini terletak di Jalan Raya Lembang dengan akses yang bisa ditempuh dengan mudah menggunakan kendaraan umum. Tak membutuhkan waktu lama, lokasi ini bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung jika tidak macet. Objek wisata Lembang ini bisa dituju dengan mudah karena terletak di tepi jalan raya. Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kamu membutuhkan biaya Rp. 20 ribu per orang.

Lokasi : Jalan Raya Lembang No. 108, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

5. The Ranch Lembang

The Ranch Megamendung [image source]

Anak-anak biasanya punya imajinasi tersendiri yang susah untuk diwujudkan, misalnya saja berdandan layaknya koboi sambil menunggang kuda yang gagah. Tapi tenang saja, di Lembang ada lokasi wisata bernama The Ranch Lembang yang bisa mewujudkan imajinasi putra-putri tersayang untuk menjadi seorang koboi. Wahana wisata terpadu ini terdiri di tanah yang cukup luas dengan padang rumput hijau dan kuda-kuda gagah yang bisa ditunggangi.

De Ranch
The Ranch Megamendung [via deranchlembang.com]

Tempat wisata di Lembang yang terletak di Jalan Maribaya Nomor 17 ini juga menyuguhkan wisata floating market alias pasar terapung. Cocok sekali untuk wisata seluruh anggota keluarga karena letaknya juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bandung.

Lokasi : Jl. Raya Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat

Nah, objek wisata mana yang akan kamu jadikan pilihan di musim liburan nanti? Next

ramadan

Written by andi

andi

Tak Hanya Jadi Sejarah, ‘Bahtera Nuh’ Muncul Lagi di Amerika

Ternyata Objek Wisata yang Dikira Berasal dari Sejarah Ini Ternyata Hanya Fiksi Belaka