in , , , , ,

Ini Dia, 7 Tempat Wisata Gratis di Semarang Cocok Untuk Kamu yang Berhemat

Jalan-jalan tidak harus mahal, begitu para pelajar dan mahasiswa berpendapat. Banyak sekali tempat gratis namun super instagramabel yang bikin kamu makin asyik dan nyaman. Destinasi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di Kota Semarang. Kota ini merupakan pusat pemerintahan provinsi Jawa Tengah dan menjadi pusat sejarah masa kolonial Belanda sehingga bangunan peninggalan dapat kamu temukan diberbagai sudut kota.

Baca juga : Wisata ‘Indie’ di Jakarta Selatan, Panduan Jalan-Jalan Akhir Pekan ala Hipster Ibukota

Wisata kota Semarang bisa kamu nikmati secara cuma cuma. Foto via okezonetravel.com

Meskipun cukup membayar parkir saja, jangan kawatir, beberapa tempat ini tak kalah dengan tempat yang relatif mahal. Nah, teman traveler, simak ulasan dibawah ini tentang tempat mana sajakah di Kota Semarang yang unik namun bebas biaya.

Monumen Tugu Muda Semarang

Satu monumen pusat kota ini banyak menyimpan sejarah Semarang saat melawan Belanda. Monumen ini tepat didepan lokasi Lawang Sewu berada. Bentuk monumen yang menyerupai lilin ini dibangun sebagai penghormatan perjuangan masyarakat Wisata kota Semarang Semarang ketika melawan penjajah Belanda. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 15 hingga 19 Oktober 1945.

Tugu Muda Semarang menjadi salah satu saksi pejuang masyarakat Semarang dalam melawan Belanda. Foto via coretanpetualang.com

Untuk Teman Traveler yang ingin menikmati keindahan tugu dapat memarkirkan kendaraannya diseberang jalan tepat disebelah kiri bangunan Lawang Sewu sebelum sungai. Ketika malam hari, pesona lampu warna warni kerap menyinari tugu begitu indah.

Kawasan Kota Lama Semarang

Siapa yang tidak mengenal Kota Lama Semarang? Tiap pelancong yang berkunjung ke satu kota ini pasti menyempatkan diri ke kawasan Kota Lama. Kota Lama Semarang adalah beberapa bangunan berarsitektur Eropa yang dulunya oleh Belanda dijadikan pusat pemerintahan. dan pemukiman khusus untuk warga asli Belanda.

Kota Lama Semarang dengan sorotan lampunya yang indah. Foto via sumber78.com

Kali ini wilayah ini menjadi pusat tempat nongkrong muda mudi Semarang. Berbagai bangunan yang beralih fungsi menjadi cafe dan spot foto ini ketika malam hari sangat eksotis. Sorotan cahaya lampu kuning membuat tampilan bangunan semakin kece.

Pelabuhan Tanjung Mas

Tak jauh dari Kota Lama Semarang, kamu bisa melipir ke arah pantai dan bertemu dengan pelabuhan tanjung Mas. Pelabuhan ini pastinya menyuguhkan pesisir pantai yang inda. Ketika sore hari, bagi kalian yang sedang berburu sunset atau matahari terbenam, area pelabuhan ini cocok untuk emngabadikan momen.

Pelabuhan Tanjung Mas dengan bangunan Belanda yang super keren. Foto via joss.com

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati kapal kapal yang sedang berlabuh dengan duduk manis sambil menikmati camilan. Pelabuhan ini menjadi tempat kenangan dari sebuah lagu Ninggal Jani untuk sang penyanyi legendaris Didi Kempot.

Gereja Blenduk

Berbagai bangunan peninggalan Belanda dikota Semarang kali ini menjadi sorotan banyak muda mudi untuk melatar belakangi foto. Keunikan dari Gereja Blenduk ini adalah bangunan yang simetris dipadukan dengan kubah cokelat pandan dengan eksteriornya yang bewarna putih. Gereja yang memiliki nama asli GPIB Immanuel Semarang seringkali dijadikan sebagai background berfoto bagi para wisatawan yang datang ke sekitaran gereja.

Kompleks Pecinan

Namanya Pecinan, yang terbesit ditelinga pastinya kawasan warga Cina atau Tionghoa. Yah, begitulah namanya, tempat ini sering kali dijuluki sebagai Gang Baru oleh warga lokal dan siap memnajakan mata wisatawan dengan pemandangan dan suasana khas Tionghoa ditengah kota Semarang. Dominasi bangunan memang lebih menonjolkan warna merah dan kuning.

Salah satu sudut pecinan Gang Baru Kota Semarang. Foto via jejakpiknik.com

Dan bangunan paling menyita perhatian adalah klenteng tua yang kaya akan sejarah. Disini, kamu bisa berfoto ria sambil belajar sejarah dan budaya Cina.

Simpang Lima Semarang

Destinasi wajib bagi siapapun yang mengunjungi Kota Semarang adalah Simpang Lima. Simapng Lima adalah titik pusat pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada dan Jalan Ahmad Dahlan. Di sekitarnya berdiri hotel-hotel berbintang dan pusat perbelanjaan.

Simapng Lima Semarang dengan hiasan lampu kota yang kece. Foto via hotelpantesgroup.com

Sisi lain Simpang Lima adalah tempat kuliner khas Semarang dan berbagai makanan dari penjuru nusantara dapat kamu temukan di foodcourt Pleburan Simpang Lima. Buat kamu yang bosan, cobalah sewa becak hias dan sepeda tandem ketika malam hari. Cahaya warna warnai membuatmu semakin melebur dengan kegembiraan.

Vihara Buddhagaya Watugong

Berbagai wisata Religi kerap memberikan sudut banckground foto yang indah. Sekali lagi coba datangilah Vihara Buddhagaya Watugong. Selain menjadi tempat wisata yang ada di Semarang, Vihara Buddhagaya Watugong ini masih digunakan sebagai tempat beribadah bagi umat Buddha di Semarang. Dengan bangunan yang paling favorit disini adalah Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala.

Wihara Buddha Gaya Watugong yang selalu dibanjiri pengunjung. Foto via murianews.com

Nah, itulah beberapa destinasi wisata gratis diberbagai sudut kota Semarang. Bisa kamu datangi satu persatu, agar selama di Kota Semarang tak sia-sia menikmati keindahan sejarah penginggalan kota ini. Next

ramadan

7 Rekomendasi Tempat Oleh-Oleh Khas Bali Paling Mudah Kamu Dapatkan

Menyaksikan Ritual Perang Pandan di Bali, Sakral dan Menegangkan