in , ,

Tempe Kemul Wonosobo, Ternyata Ini Rahasia Kelezatannya

Mengintip Rahasia Nikmatnya Kuliner Tempe Kemul Wonosobo

Tempe Kemul Wonosobo
Tempe Kemul Wonosobo via Instagram bebekmbelingjbr

Jawa Tengah sudah lama dikenal sebagai salah satu daerah yang punya banyak varian kuliner menggoda. Mulai dari mangut, soto tauto, hingga garang asem. Namun satu yang tak kalah lezat dan juga pantang dilewatkan adalah tempe kemul Wonosobo.

Baca juga : Kawah Wurung, Wisata Bondowoso untuk Merenung dan Menenangkan Diri

Kelezatannya sudah lama memanjakan lidah para wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah. Penasaran? Simak penuturan lengkap soal rahasia kenikmatan tempe kemul Wonosobo, sebagaimana disampaikan kontributor Travelingyuk bernama Venicka Arlia Putriana berikut ini.

Kuliner khas Wonosobo

Tampilan menggoda tempe kemul
Tampilan menggoda tempe kemul via Instagram ayunifitrina

Wonosobo merupakan kota kecil yang berada di lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Berada di ketinggian 250 hingga 500 meter di atas permukaan laut, wilayah ini menawarkan nuansa alam yang asri dan nyaman.

Daya tarik lain kota berhawa dingin ini adalah kuliner khasnya, yaitu tempe kemul. Makanan ini termasuk jenis gorengan dengan cita rasa yang khas. Tak seperti tempe lainnya, tempe kemul memiliki rahasia di balik rasa enaknya.

Asal mula Tempe Kemul

Tempe kemul nikmat disantap saat panas
Tempe kemul nikmat disantap saat panas via Instagram 3g9ie

Penamaan tempe kemul berasal dari tampilan tempe yang seperti berselimut, atau kemulan dalam bahasa Jawa. Wonosobo memiliki udara yang cukup dingin, hingga tempe pun harus muncul dengan selimut, kira-kira begitu.

Dari bentuknya, kuliner khas Wonosobo ini sebenarnya hampir sama dengan tempe mendoan. Akan tetap yang membedakan adalah tempe kemul memiliki lebar tepung yang luas. Saking luasnya, jadi mirip seperti selimut.

Rahasia kelezatan Tempe Kemul

Tempe kemul dihiasi potongan daun cay
Tempe kemul dihiasi potongan daun cay via Instagram panduz33

Untuk bisa menghasilkan tempe kemul Wonosobo bercita rasa nikmat, tempe yang digunakan harus benar-benar berkualitas dan masih fresh. Selanjutnya, perhatikan cara memotong tempe. Pastikan sama rata agar menghasilkan kerenyahan yang pas. Ketiga, pilih tepung berkualitas.

Selain menggunakan tepung terigu, tempe kemul juga dicampuri tepung tapioka atau pati teles dalam istilah setempat. Tepung ini cukup sulit ditemukan di luar Wonosobo. Sebagai pengganti, biasanya digunakantepung tapioka kering. Selain itu juga ada taburan daun cay, yang juga jarang ada di tempat lain.

Pembuatan Tempe Kemul

Gerobak penjual Tempe kemul
Gerobak penjual Tempe kemul via Instagram wonosobohitz

Pertama-tama tempe harus dipotong tipis dan sama rata. Setelah itu buat adonan tepung dan campurkan dengan bumbu bawang putih, ketumbar, garam, dan kunyit yang sudah dihaluskan. Tambahkan juga pati teles dan air, lalu aduk hingga merata.

Masukkan potongan daun cay dan aduk kembali. Balurkan tempe dengan adonan yang sudah jadi, sebelum digoreng di minyak panas. Begitu Tempe Kemul Wonosobo dirasa sudah matang, tiriskan.

Jadi bagaimana, memilih mencoba membuat tempe kemul sendiri atau menyantapnya di Wonosobo dengan suguhan pemandangan tiada duanya? Next

ramadan

Penulis adalah kontributor lepas di travelingyuk.com

Yata Frozen Yogurt, Surganya Dessert di Jogja dengan Rasa Istimewa

Hotel di Tegal

Hotel di Tegal, Menginap Nyaman Saat Eksplor Kota Ngapak