in , ,

Favorit Banget! Nikmati Kelezatan Tengkleng Legendaris Bu Edi Solo

Tengklengnya Bikin Ketagihan! Coba deh

Surakarta merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang biasa disebut Kota Solo. Kota ini memiliki beberapa daya tarik wisata tersendiri seperti sejarah dan budayanya. Terdapat museum dan keraton untuk Teman Traveler yang ingin menjelajahi sejarah Kota Solo sedangkan untuk pencinta batik, Pasar Klewer menjadi tujuan yang tepat untuk dikunjungi.

Baca juga : Seruni Point, Spot Sunrise Favorit Bromo dengan Ratusan Anak Tangga

Kuliner juga kerap menjadi salah satu alasan menjelajahi Kota Budaya. Salah satu kuliner Solo yang cukup digemari dan termasuk legendaris yaitu Tengkleng, begitu pula Warung Tengkleng Bu Edi ini. Penasaran seperti apa? Simak ulasan berikut ya.

Lokasi Warung Tengkleng Bu Edi

Warung Tengkleng Bu Edi via Instagram @oppiejoesoef

Warung Tengkleng yang satu ini terletak di Pasar Klewer, tepatnya di Jalan Radjiman, Kauman, Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Tengkleng ini dulunya berjualan dibawah Gapura Pasar Klewer sebelum adanya peraturan untuk tidak berjualan dibawah gapura itu lagi. Kini, warung ini pindah di Pendopo Taman Parkir Pasar Klewer. Memiliki warung yang sederhana, Teman Traveler dapat menjumpai Warung Tengkleng Bu Edi dengan banner merah besar yang dipajang.

Cara Penyajian yang Khas

Tengkleng Bu Edi Disajikan Menggunakan Daun Pisang via Instagram @prophetia.aeon

Cara penyajian warung ini cukup unik dan masih menjadi ciri khas yaitu menggunakan ‘pincukan’ atau menggunakan daun pisang. Penyajiannya menggunakan kuah karena tengkleng sendiri merupakan makanan khas Solo yang memiliki bahan utama kambing kemudian dimasak seperti gulai tapi memiliki kuah yang lebih encer dari gulai biasanya. Teman Traveler akan menikmati tengkleng dengan kuahnya langsung dari daun pisang di sini.

Berbagai Menu yang Tersedia

Tengkleng Bu Edi via Instagram @arifbarokah

Rasa yang ditawarkan oleh warung ini memiliki ciri khas dan lezat. Di sini, sajian Tengkleng ini dimasak dengan sangat baik lho, karena rasa yang dihasilkan sangat lezat dan bumbu rempah-rempahnya meresap ke dalam isian tengkleng ini. Rasa kuahnya pun cukup gurih dan pedas karena dimasak menggunakan cabai yang disajikan dalam kuah tengklengnya.

Menu yang disediakan yaitu isian tulang kambing mulai dari lidah, telinga, mata, otak, sumsum, kaki, iga, sate daging, sate jeroan, sate usus, sate lidah hingga sate babat. Menu khas di Tengkleng Bu Edi ini merupakan lidah dan sumsum loh! Satu porsi nasi tengkleng disajikan dengan harga mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000 bergantung dengan isian yang Teman Traveler pilih.

Selalu Ramai Pengunjung

Tengkleng Bu Edi via Instagram @mpok.kuliner

Warung Tengkleng Bu Edi ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Solo karena sudah ada sejak tahun 1971. Cita rasa lezatnya ini membuat warung selalu ramai pengunjung. Buka mulai pukul 12:30 hingga 16:00, pastikan Teman Traveler datang lebih awal karena biasanya Tengkleng sudah habis dengan waktu 2 hingga 3 jam saja, tergantung ramainya pengunjung. Jadi, jika ingin mencoba Tengkleng Bu Edi ini, Teman Traveler harus rela mengantre. Pastikan tidak sedang terburu-buru jika ingin makan di sini.      

Nah itu tadi beberapa informasi mengenai Kuliner Legendaris Tengkleng Bu Edi. Jika Teman Traveler berada di Solo atau akan pergi ke Solo pastikan mampir ke Warung Tengkleng Bu Edi ya. Eits, tapi jangan buru-buru pergi sekarang ya, pastikan Teman Traveler pergi berlibur ketika virus corona sudah menghilang. Semoga bumi cepat pulih, agar Teman Traveler dapat langsung mengunjungi Tengkleng Bu Edi ini. Stay safe Teman Traveler! Next

ramadan

Berlin Gastro Kitchen and Pool Bar, Tempat Nongkrong Asik di Kuta Bali

7 Rumah Tersembunyi Ini Bahkah Tidak Terdeteksi Keberadaannya!