in , , , ,

Jelajah Kemegahan Tian Tan China, Temple Of Heaven Beijing China

Qinian Dian menjadi bangunan utama kawasan Tian Tan China
Qinian Dian menjadi bangunan utama kawasan Tian Tan China

China adalah negara besar dengan luas hampir lima kali lipat luas negara Indonesia. Banyak destinasi wisata yang tergolong ekstrem namun tetap menjadi jujukan banyak traveler. Tak hanya wisata alamnya saja yang dilirik banyak traveler, namun peninggalan sejarah China juga menjadi destinasi paling populer para wisatawan mancanegara. Tak berasa liburan ke China jika tidak mengunjungi Tian Tan China, salah satu wisata sejarah yang tak pernah sepi pungunjung.

Baca juga : Nanjing City Wall, Tembok Besar Lain di Tiongkok yang Ditempel Pakai Ketan

Qinian Dian menjadi bangunan utama kawasan Tian Tan China
Qinian Dian menjadi bangunan utama kawasan Tian Tan China. Foto via kufat.fi

Destinasi ini biasa disebut dengan Temple Of Heaven sebagai tempat para Kaisar Disnati Ming dan Qing. Bangunan megah ini dibangun sejak tahun 1406 dan selesai ditahun 1420. Akses menuju kuil indah ini cukup menggunakan kereta bawah tanah yang biasa ditempuh dari Tiananmen Beijing. Kamu cukup menyiapkan harga tiket sebesar Rp. 2000 saja. Jam operasional Kuil hanya sampai pukul 18.00 waktu setempat. Nah, apa saja sih keunikan bangunan yang terdapat di kawasan Tian Tan China ini?

Qi Nian Dian

Qi Nian Dian adalah salah satu bangunan utama yang berbentuk bulat. Bentuk indah ini menyimbolkan langit, dengan bangunan yang tersusun tiga tingkatan. Uniknya bangunan ini terbuat dari asli batu pualam putih menjulang setinggi 6 meter. Ke tiga tingkatan ini membentuk bangunan setinggi 32 meter dengan diameter hingga 30 meter. Warna bangunan yang identik dengan warna biru ini melambangkan suasana surga.

Interior bangunan Qi Nian Dian dengan empat pilar berukiran naga
Interior bangunan Qi Nian Dian dengan empat pilar berukiran naga. Foto via pinterest.com

Interior dari Qi Nian Dian ini memiliki 4 tiang besar dengan ukiran naga yang indah. Biasa menjadi spot para pengunjung ketika berada di dalam Qinian Dian. Ditengah-tengah bangunan ini tersusun papan nama bertulisan Huangtian Shangdi. Bila kamu keluar dipintu selanjutnya, kamu akan melihat lapangan luas dan jalur menuju bangunan Qi Nian Dian. Jalur ini dinamakan Shendo, sejarahnya jalur ini tidak diperuntukkan untuk jalur Kaisar beserta keluarganya. Jalur lainnya menuju Utara dan Selatan termasuk jalur terbesar selebar 30 meter dinamakan Jembatan Dandi.

Jembatan ini hanyalah jalanan namun dibawahnya terdapat beberapa lubang yang dipakai untuk membawa hewan persembahan agar tidak mengotori jalan utama.

Qiongyu Dian

Bangunan utama lainnya di Tian Tan China adalah Qiongyu Dian. Merupakan tempat untuk menaruh papan nama Huang Tian Shang Di dan nama nama dewa lainnya. Bangunan ini berbentuk sama seperti Qi Nian Dian berbentuk bulat namun lebih kecil. Uniknya bangunan ini membuat pengaruh resonansi suara. Kamu akan merasakan sensasi menarik ketika berbicara pelan disalah satu ujung dinding akan terdengar didinding lainnya, sekalipun suara kamu tergolong kecil.

Qiongyu Dian merupakan bagian bangunan besar lainnya di Tian Tan China
Qiongyu Dian merupakan bagian bangunan besar lainnya di Tian Tan China. Foto via dreamstime.com

Dinding unik ini dinamakan Hui Yin Bi. Warna bangunan ini identik dengan warna merah kecoklatan dengan atap kerucut yang berwarna biru. Bangunan ini terletak di lahan berbentuk bulat dimana kanan kiri jalanan menuju bangunan utama terdapat dua bangunan untuk tempat pemujaan dan tempat istirahat untuk pengujung.

Huanqiu Dian

Bangunan utama untuk Kaisar mengadakan upacara kesyukuran di akhir waktu panen. Banunan ini berbentuk bulat dengan 3 tingkatan dengan tambahan tangga menuju tingkatan teratas pada keempat sisi sesuai arha mata angin. Tingkatan teratas dinamakan Tianxin Shi sebagai tempat tertinggi untuk sang Kaisar ketika berdoa. Uniknya setiap tingkatan dibubuhi dengan 9 anak tangga yang menyimbolkan angka tertinggi dari unsur Yang dan merupakan bagian dari arti langit yang memiliki kedudukan tertinggi.

Ketika Kaisar memanjatkan doa ditengah tingkatan tertinggi Huanqiu Dian, Kaisar wajib menjalankan 3 jenis puasa dimana Kaisar berpuasa dari makan daging, puasa dari kegiatan urusan kamar tidur dan puasa dari minuman alkhohol. Dan Kaisar harus melakukan bertapa disalah satu ruangan untuk membersihkan diri sebelum menghadap kepada sang penguasa.

Paviliun Circle Longevity salah satu tempat istirahat pengunjung dengan suasana asri
Paviliun Circle Longevity salah satu tempat istirahat pengunjung dengan suasana asri. Foto via grail.cs.washington.edu

Selain ini, Temple of Heaven juga dilengkapi berbagai macam taman dengan tatanan bunga warna-warni yang sangat cantik. Salah satunya di Paviliun Circle Longevity salah satu bangunan untuk bersantai menikmati taman dan pepohonan yang asri dengan suasana sangat damai. Next

ramadan
Candi Tara sebutan laindari Candi Kalasan Yogyakarta

Candi Tara, Bukti Kecanggihan Arsitek Jaman Nenek Moyang

Membuat timelapse ketika traveling dengan kamera hp tanpa berantakan

Ingin Tahu Rahasia Konten Timelapse Roadtrip Tanpa Berantakan? Simak Ulasan Berikut!