in , , ,

Tips Aman Traveling dengan Mobil Pribadi

Tips traveling menggunakan mobil pribadi
Tips traveling menggunakan mobil pribadi

Traveling menggunakan mobil memang menjadi hal seru yang menyenangkan apalagi dilakukan bersama keluarga ataupun sahabat. Namun kiranya perlu diperhatikan ketika kamu ingin melakukannya dengan kendaraan pribadi yaitu mobil. Banyak manfaat yang kamu dapat ketika memperhatikan tips ketika berkendara jauh, selain aman, travelingmu menjadi semakin ceria. Simak berikut ulasannya.

Baca juga : Mudik ke Cirebon Sambil Wisata? Simak Ragam Destinasinya

Rencanakan Perjalananmu Secara Detail

Tips traveling menggunakan mobil pribadi
Tips traveling menggunakan mobil pribadi. Foto via cakrawalatour.com

Itinerari memang penting dalam suatu perjalanan agar lebih nyaman dan pastinya menyenangkan sesuai target yang telah direncanakan. Tujuan jelas akan menghindari wasting time selama perjalanan sehingga tidak akan tersesat ataupun salah alamat. Pilihlah pemberangkatan ketika pagi hari sehingga kondisi fisik yang segar memberikan perjalanan semakin semangat.

Cek Keadaan Mobil Sebelum Traveling Jauh

Mobil memang menjadi salah satu fasilitas utama dalam perjalanan jauh. Sebelum memulai perjalanan cobalah mengecek semua kondisi mobil maksimal selesai sehari sebelum berangkat. Apabila keadaan mobil termasuk mesin, bahan bakar hingga kualitas ban tidak dicek, risiko mogok sangat besar terjadi.

Jangan lupa service mobil ketika terjadi sesuatu yang dapat menghambat laju perjalanan. Sehingga perjalanan nantinya akan terasa aman.

Packing Barang Keperluan se Rapi mungkin

Bagi yang suka rempong, mungkin kamu harus menyiapkan segala barang keperluan yang pastinya sering digunakan saja. Jangan membawa barang yang ragu akan kegunaannya karena dapat mempersempit tempat penyimpanan.

Kemas barang bawaan serapih mungkin dalam mobil
Kemas barang bawaan serapih mungkin dalam mobil

Kemas barang-barang tersebut serapih mungkin, dan beberapa barang yang tiap saat digunakan letakkan ditempat yang mudah dijangkau sehingga kamu tidak kesusahan mencarinya.

Bekal Makan dan Minum

Jalan jalan memang tidaklah lupa dengan makanan dan minuman. Ketika lapar, sudah tidak kebingungan untuk mencarinya lagi. Paling utama adalah makanan ringan yang sangat dibutuhkan ketika lapar mendadak, dan mampu mengganjal rasa lapar dalam jangkauan lama.

Bekal makanan dan minuman menjadi paling penting
Bekal makanan dan minuman menjadi paling penting. Foto via

Tidak hanya itu kamu perlu menyiapkan minuman yang mudah dijangkau serta aman dari guncangan dalam mobil. Pastinya kamu siapkan air minum dalam jumlah banyak, biasanya pengemudi mobil bisa merasa dehidrasi saat berkendara.

Maksimalkan Istirahat Sebelum Perjalanan

Fisik memang terpenting dalam melakukan perjalanan, hal ini menjadi faktor terbanyak terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat pengemudi mengantuk. Jadi usahakan istirahat semaksimal mungkin sebelum melakukan perjalanan jauh. Hindari minuman beralkhohol, jika diharuskan minum obat yang menyebabkan kantuk setidaknya undur beberapa jam kedepan hingga kondisi tubuh benar-benar segar kembali.

Berkendara dengan jarak aman

Jaga jarak ketika berkendara memang salah satu hal terpenting di jalan raya. Jarak pandang tengah terjadi hujan misalnya, jalur yang licin dan buram pemicu awal kecelakaan terjadi. Pastikan juga kecepatan mobil untuk tidak melebihi batas kecepatan yang disarankan.

Paling penting selalu nyalakan lampu depan meski kondisi disiang hari sehingga pandangans emakin jelas dan kendaraan dari arus sebaliknya lebih mudah fokus.

Lakukan Istirahat Setiap dua Jam Berkendara

Berhenti berkendara setiap dua jam berfungsi sebagai istirahat sejenak untuk pengemudi dan penumpang. Biasanya digunakan untuk sholat, toilet ataupun makan siang. Cukup 10 sampai 15 menit saja sehingga perjalanan berikutnya akan terasa nyaman dan segar kembali.

Pakailah Pakaian yang Nyaman

Ketika jarak tempuh tergolong lama dan cukup jauh, buatlah pakaian mu lebih nyaman yang tidak begitu ketat atau bikin sesak. Jika perlu gunakan bantal tambahan untuk mengurangi rasa sakit dibagian punggung atau bagian tertentu agar berkendara lebih terasa nyaman.

gunakan Outfit senyaman mungkin ketika berkendara
gunakan Outfit senyaman mungkin ketika berkendara. Foto via grid.id

Gunakan sendal atau sepatu yang menurutmu nyaman saat digunakan dalam perjalanan jauh, sehingga kaki tidak mengalami kram.

Mainkan Musik Sebagai Hiburan diKala Suntuk

Musik memang menjadi hiburan utama dalam sebuah perjalanan. Terkadang, perjalanan jauh terasa bosan karena terus didalam mobil, sehingga peran musik bisa menghidupkan kembali suasana liburan.

Apalagi dengan bernyanyi bersama perjalanan jauh tidak akan terasa lama dan membosankan. Gunakan momen ini menjadi kebersamaan yang tak ternilai harganya. Next

ramadan
Granola lebih sehat dicampur dengan susu

7 Kudapan Sehat Pinggir Jalan, Mulai 7 ribuan

Double doors Puri Indah cocok untuk para ladies

Tongkrongan Ibukota Cocok Untuk Ladies Night