in , , ,

Tips Hemat Wisata di Penang, Jalan-Jalan ke Luar Negeri Nggak Perlu Khawatir Kantong Jebol

Spot instagenic yang gratis di Pulau Penang via travelatearth seraphina_amelia

Pulau Pinang, atau yang biasa di sebut dengan Pulau Penang, sangat terkenal sebagai salah satu tujuan di Malaysia untuk berwisata atau pun berobat. Selain wisata atau medis, Pulau Pinang ini dikenal dengan surga wisata kuliner. 

Baca juga : Terbuai Nikmatnya Kuliner Vietnam dengan View Sawah di Xich Lo Bali

img_20190727_021145_Z22.jpg
Salah satu wisata di Pulau Penang (c) Arfani/Travelingyuk

Jika mendengar akan berwisata ke luar negeri, mungkin banyak orang beranggapan bahwa biaya pengeluaran akan sangat tinggi dan mahal. Namun, sebenarnya hal tersebut belum tentu benar. Jalan-jalan ke luar negeri pun sebenarnya bisa hemat pengeluaran. Nah, kali ini saya akan membagikan tips hemat berwisata di Penang menurut pengalaman pribadi.

img_20190727_021040_21a.jpg
Pintar pilih transportasi dan promo (c) Arfani/Travelingyuk

Pertama, tentukan transportasi untuk menuju ke Pulau Penang dan jelilah dalam memilih promo. Pertama kali saya berpikir akan memilih naik bus dari bandara di Kuala Lumpur. Rupanya, biaya tiket bus saya nilai cukup mahal saat itu. Ketika mengecek harga tiket pesawat, bisa lebih murah karena ada promo menarik.

img_20190727_021056_74w.jpg
Tiket bus Rapid Penang (c) Arfani/Travelingyuk

Begitu sampai di Pulau Penang, manfaatkan transportasi umum yang ada di sana. Dari bandara, kita bisa naik bus Rapid Penang dengan biaya yang terjangkaumenuju tempat tujuan. Jika ingin naik bus ini, pastikan kalian membawa uang receh karena tidak akan ada kembalian saat membayar langsung ke mesin. Banyak wisatawan juga yang menaiki bus ini.

Spot instagenic yang gratis di Pulau Penang via Instagram @travelatearth @seraphina_amelia

Pastikan meletakkan koper atau barang bawaan dengan benar, agar tidak mengganggu penumpang lain. Bus Rapid Penang ini bisa kalian andalkan untuk berkeliling kota ataupun tempat wisata yang ada di sini. Untuk biayanya, mulai dari RM1,4 sampai RM4 tergantung jarak yang ditempuh.

img_20190727_021159_ZUn.jpg
Cari penginapan murah tapi aman dan nyaman (c) Arfani/Travelingyuk

Carilah penginapan yang murah tapi aman dan nyaman. Pulau Penang menyediakan banyak penginapan dengan harga murah meriah, mulai dari Rp100.000-an saja per hari nya. Jangan lupa untuk membaca dulu ulasan-ulasan yang ada sebelum memesan dan pastikan memilih penginapan yang nyaman dan aman. Pilihlah yang dekat dengan pusat wisata agar bisa ditempuh dengan jalan kaki saja.

img_20190727_021232_DR2.jpg
Manfaatkan wisata gratis (c) Arfani/Travelingyuk

Manfaatkan destinasi wisata gratis yang ada di sini. Banyak sekali destinasi wisata yang tidak dipungut biaya apa pun alias gratis di Pulau Penang. Misalnya Street Art, Chew Jetty, Kek Lok Si Temple, Hawker Center, dan masih banyak tujuan wisata gratis lainnya. Rajin-rajinlah mencari tahu tentang tempat wisata gratis yang ada di daerah tujuan jalan-jalan.

img_20190727_021209_S4E.jpg
Salah satu spot Street Art di Penang (c) Arfani/Travelingyuk

Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran kita selama berwisata. Tidak perlu bingung dengan biaya tiket masuk sana-sini. Hal-hal sederhana ini jika diterapkan dalam liburan akan sangat membantu kita mengurangi beban biaya pengeluaran. 

img_20190727_021131_iQa.jpg
Kek Lok Si Temple (c) Arfani/Travelingyuk

Nah, tidak semua liburan ke luar negeri jadi mahal bukan? Yang penting kita harus pintar mengatur diri sendiri agar tidak membeli hal-hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Semoga tips ini bisa berguna ya untuk kalian semua. Next

ramadan

Pulau Gusung Sanggalau Kalimantan Menawannya Bikin Enggan Pulang

Menilik Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo Kalimantan, Birunya Bak Langit Angkasa