in , , ,

Waspada! 10 Tips Hindari Virus Corona Sewaktu Keluar Rumah

Simak tipsnya dan tetaplah waspada!

Tetap di dalam rumah mungkin akan sangat membosankan ya Teman Traveler, tapi cara ini dirasa aman dari segala kemungkinan yang akan terjadi diluar sana. Pemerintah bahkan telah menghimbau agar mengurangi aktivitas diluar rumah, namun pasti ada saja kegiatan luar yang tidak bisa ditunda kan? Nah, agar tetap merasa aman, simak 10 tips menghindari virus corona saat diluar rumah berikut ini.

Baca juga : Nyatakan Cintamu Kepadanya di Cafe Andalan Kuliner Bandung ini

1. Biasakan Mencuci Tangan

Wash Your Hands via Shutterstock
Wash Your Hands via Shutterstock

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mencegah penularan virus salah satunya dengan cara mencuci tangan yang baik dan benar. Pastikan tangan Teman Traveler tetap higienis sebelum makan atau memehang benda apa pun.

2. Menyiapkan Tisu dan Masker

Tissue via Shutterstock
Tissue via Shutterstock

Ketika berada diluar rumah, dua benda ini wajib di bawa. Tisu bisa membantu Teman Traveler saat bersin atau batuk dan masker bisa melindungi wajah dari potensi besar terkena virus yang menular melalui cairan tubuh ini.

3. Selalu Bawa Hand Sanitizer

Hand Sanitizer via Shutterstock
Hand Sanitizer via Shutterstock

Selain tisu dan masker, ada baiknya jika Teman Traveler juga membawa hand sanitizer. Banyak yang berpendapat bahwa benda ini dapat membuat virus yang ada di tangan menghilang. Sehingga hand sanitizer kerap diburu banyak orang untuk proteksi diri dari ancaman virus ini.

4. Bawa Toilet Sanitizer Jika Diperlukan

Toilet via Shutterstock
Toilet via Shutterstock

Aktivitas dliluar rumah bisa saja menuntut Teman Traveler untuk bepergian jauh. Apalagi jika menggunakan transportasi umum yang memiliki toilet. Pastikan untuk membawa toiler sanitizer untuk membersihkan toilet umum sebelum Teman Traveler gunakan.

5. Memastikan Area Sekitar Tetap Bersih

Cleaning via Shutterstock
Cleaning via Shutterstock

Berbagai fasilitas umum diluar rumah tentu berpeluang tinggi menyebarkan virus ini. Oleh karena itu, sebelum memencet tombol lift atau duduk di area tempat makan, pastikan tombol, meja atau kursi yang akan Teman Traveler gunakan tetap higienis.

6. Hindari Memegang Benda dengan Tangan Telanjang

Holding a Faucet via Shutterstock
Holding a Faucet via Shutterstock

Tangan tentu menjadi perantara mematikan penyebaran virus corona. Hindarilah memegang benda di tempat umum dengan tangan telanjang. Contohnya saja, Teman Traveler bisa menginisiasikan menutup keran dengan menggunakan tisu kering.

7. Hindari Sentuhan Langsung

Shaking Hands via Shutterstock
Shaking Hands via Shutterstock

Bersalaman dengan orang sudah menjadi kebiasaan orang di seluruh Dunia, namun sikap ini juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi penyalam maupun orang yang disalami. Sebaiknya hindari sentuhan langsung dengan orang lain selama wabah virus corona masih ada.

8. Jaga Jarak Satu sama Lain

People in Train via Shutterstock
People in Train via Shutterstock

Cara lain yang lebih efektif adalah dengan menjaga jarak satu dengan yang lain, apalagi jika menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pertemuan sidang di dalam ruangan. Jagalah jarak minimal 1 meter. Cara ini dirasa efektif untuk mencegah penularan virus corona.

9. Meningkatkan Kesadaran Sesama

Self Awareness via Shutterstock
Self Awareness via Shutterstock

Jika di luar rumah atau dalam transportasi umum, jika masih menemukan orang yang bersin tanpa menutup mulut, Teman Traveler bisa menegur dan memperingati orang tersebut dengan cara yang sopan. Lebih baik lagi jiha Teman Traveler memberikan tisu atau masker kepada orang yang bersin tersebut.

10. Tidak Mendiskriminasikan Orang Lain

Discriminate People via Shutterstock
Discriminate People via Shutterstock

Diluar rumah pasti Teman Traveler akan bertemu dengan orang lain bukan? Alangkah baiknya untuk tidak mendiskriminasikan orang lain. Waspada tentu boleh, namun mendiskriminasikan orang adalah cara yang salah. Setuju?

Nah, itulah 10 tips yang bisa Teman Traveler aplikasikan untuk tetap menjaga diri dan waspada saat berada diluar rumah sekalipun. Namun, jika dirasa tidak terlalu mendesak, pertemuan atau aktivitas tersebut bisa di reschedule atau cancel untuk sementara. We are all corona virus fighter and we can handle this together! Next

ramadan

Cegah Virus Corona! 5 Wisata Malang Ini Ditutup, Bahkan Ada yang Sebulan Loh!

Antisipasi COVID-19, Wisata Taman Nasional Bromo Ditutup!